Profil Jens Raven, Striker Naturalisasi Keturunan Jogja

Striker muda kelahiran 2005

PSSI telah merilis daftar skuad resmi Timnas Indonesia U-19 yang akan bertanding pada AFF U-19 Youth Championship, mulai 17-29 Juli 2024. Jens Raven menjadi salah satu nama yang tercatut dalam daftar tersebut. Pemain muda kelahiran 2005 itu memiliki darah Belanda-Indonesia.

Sebelumnya, ia juga pernah turun di Touloun Cup 2024 yang digelar di Prancis pada bulan Juni lalu. Lantas, seperti apa profil Jens Raven dan sepak terjang kariernya? Ketahui selengkapnya di bawah ini.

1. Striker berdarah Yogyakarta

Profil Jens Raven, Striker Naturalisasi Keturunan JogjaJens Raven, calon pemain naturalisasi asal Belanda yang memiliki darah Yogyakarta dari neneknya (instagram.com/jensraven9)

Jens Raven merupakan pemain sepak bola kelahiran Belanda pada 12 Oktober 2005 yang memiliki keturunan Indonesia. Jens Raven memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Yogyakarta.

Saat ini, Raven memperkuat tim muda Belanda, Dordrecht U-21. Pemain setinggi 189 cm ini berposisi sebagai striker depan tengah dengan dominan kaki kanan.

Menariknya, Jens Raven memiliki karakter bermain defensive forward, penyerang yang mempunyai kemampuan menyerang dan bertahan dengan baik. Selain itu, Raven juga memiliki gaya bermain defensive modern dengan kemampuan dribbling bola dan body balance-nya. Tipikal pemain ini mungkin mengingatkan publik sepak bola dengan Cristian Gonzalez.

Pada Kamis (27/6/2024), Jens Raven akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakoni proses pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

2. Perkuat tim muda Belanda, Dordrecht U-21

Profil Jens Raven, Striker Naturalisasi Keturunan JogjaJens Raven, calon pemain naturalisasi asal Belanda yang memiliki darah Yogyakarta dari neneknya (instagram.com/jensraven9)

Karier sepak bola Jens Raven bermula dari klub muda Belanda, Nootdorp Jeugd dan SV Nootdorp pada musim 2022/23. Sayangnya, tak ada catatan statistik performa Raven selama bermain di Nootdorp.

Pada musim 2023/24, Jens Raven pindah ke klub muda Dvisi 2 Belanda, Dordrecht U-21. Melansir Transfermarkt, Raven telah mengemas 18 pertandingan dan mencetak 6 gol.

Baca Juga: Profil Calvin Verdonk, Calon Naturalisasi Berdarah Aceh

3. Ditargetkan masuk semifinal Piala AFF

Profil Jens Raven, Striker Naturalisasi Keturunan JogjaJens Raven, Shin Tae-yong, dan Rafael Struick (instagram.com/shintaeyong7777)

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 sebelumnya pernah diturunkan untuk bertanding di Touloun Cup 2024 pada bulan Juni lalu. Selain itu, mereka juga pernah menjajal laga uji coba melawan tim PON Sumatra Utara. Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 harus kalah dengan skor 1-2.

Skuad asuhan Indra Sjafri ini ditargetkan setidaknya masuk semifinal Piala AFF U-19. Hal ini diungkapkan oleh manajer Timnas Indonesia U-19, Ahmad Zaki Iskandar. Meski begitu, Garuda Muda diharapkan tetap mengincar gelar juara.

Demikianlah profil Jens Raven, pemain naturalisasi asal Belanda yang memiliki keturunan Jogja dari neneknya. Patut kita nantikan penampilannya di Piala AFF U-19!

Baca Juga: Profil Ole Romeny, Pemain Utrecht Berdarah Medan Target PSSI

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya