6 Pengguna Nomor Punggung 16 Real Madrid sebelum Endrick

Pernah dipakai Mateo Kovacic dan James Rodriguez

Intinya Sih...

  • Endrick resmi bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2024 dan mengenakan nomor punggung 16.
  • Pemain sebelumnya yang menggunakan nomor punggung 16 di Real Madrid, seperti Lucas Silva, Mateo Kovacic, James Rodriguez, Borja Mayoral, Luka Jovic, dan Alvaro Odriozola tidak memiliki performa yang begitu bagus.
  • Harapan besar disematkan kepada Endrick sebagai bintang baru Real Madrid, namun belum ada jaminan kesuksesannya mengingat banyaknya pemain muda potensial yang meredup bersama klub ini.

Penyerang muda asal Brasil, Endrick, resmi bergabung dan diperkenalkan Real Madrid pada musim panas 2024. Ia langsung mengenakan nomor punggung 16. Nomor tersebut merupakan salah satu nomor yang pernah ia gunakan kala masih berseragam Palmeiras.

Nomor punggung 16 di Real Madrid sebetulnya memiliki rekam jejak yang tak terlalu baik. Sebab, beberapa pemain terakhir yang mengenakan nomor punggung ini mengalami kegagalan. Sebagai gambaran, berikut inilah performa enam pengguna nomor punggung 16 Real Madrid sebelum Endrick.

1. Nama Lucas Silva tak terdengar bersama Real Madrid

6 Pengguna Nomor Punggung 16 Real Madrid sebelum EndrickLucas Silva (twitter.com/16LucasSilva)

Nama Lucas Silva tak terlalu familier di telinga penggemar Real Madrid. Sebab, gelandang asal Brasil ini hanya efektif bermain untuk Real Madrid selama setengah musim, tepatnya pada paruh kedua musim 2014/2015. Dengan nomor punggung 16, ia tak begitu mentereng di Real Madrid. Ia hanya mencatat sembilan laga dan lebih sering dipinjamkan kepada klub lain.

2. Mateo Kovacic mengenakan nomor punggung 16 pada 2 musim pertamanya

6 Pengguna Nomor Punggung 16 Real Madrid sebelum EndrickMateo Kovacic (twitter.com/EuropaLeague)

Mateo Kovacic pernah membela Real Madrid selama 3 musim (2015—2018). Gelandang asal Kroasia ini menggunakan nomor punggung 16 pada 2 musim pertamanya. Sedangkan, pada musim ketiganya, ia beralih menggunakan nomor punggung 23. Selama berseragam Los Blancos, ia lebih sering menjadi pemain pelapis. Meski begitu, performanya di Real Madrid bisa dikatakan cukup apik dengan catatan 3 gol dan 8 assist dari 108 laga.

3. James Rodriguez memakai nomor punggung 16 pada 2019/2020

6 Pengguna Nomor Punggung 16 Real Madrid sebelum EndrickJames Rodriguez (twitter.com/championsleague)

James Rodriguez lebih akrab dengan nomor punggung 10 ketika membela Real Madrid karena mengenakannya selama 3 tahun (2014--2017). Saat berseragam Real Madrid, ia pernah dipinjamkan ke Bayern Munich selama 2 musim (2017--2019). Hal tersebut membuatnya memakai nomor punggung 16  pada 2019/2020 karena nomor 10 telah digunakan Luka Modric. Terlepas dari nomor punggung yang pernah ia gunakan, penampilan Rodriguez di Real Madrid tergolong bagus. Ia berhasil mencetak 37 gol dan 42 assist dari 125 laga untuk Los Blancos.

Baca Juga: 3 Eks Real Madrid yang Pindah ke Saudi Pro League

4. Borja Mayoral gagal di tim utama Real Madrid

6 Pengguna Nomor Punggung 16 Real Madrid sebelum EndrickBorja Mayoral (uefa.com)

Borja Mayoral merupakan salah satu penyerang jebolan akademi Real Madrid. Ketika bermain di tim utama, ia pernah menggunakan beberapa nomor punggung. Salah satunya ialah nomor punggung 16 yang ia gunakan pada paruh pertama musim 2020/2021. Terlepas dari cerita nomor punggungnya, ia tak memiliki kiprah yang cukup baik di Real Madrid. Dengan posisi sebagai pemain pelapis, ia hanya bisa mencetak 7 gol dan 4 assist dari 33 laga.

5. Luka Jovic mengenakan nomor punggung 16 pada musim terakhirnya di Real Madrid

6 Pengguna Nomor Punggung 16 Real Madrid sebelum EndrickLuka Jovic (realmadrid.com)

Luka Jovic memiliki nasib yang tak jauh berbeda dengan Borja Mayoral. Ia merupakan seorang penyerang berbakat, tetapi gagal bersinar ketika berseragam Real Madrid. Ia hanya mampu mencatat 3 gol dan 5 assist dari 51 laga. Jovic sendiri pernah mengenakan nomor punggung 18 dan 16 di Real Madrid. Nomor punggung 16 baru ia gunakan pada musim terakhirnya pada 2021/2022.

6. Alvaro Odriozola gagal bersama Real Madrid

6 Pengguna Nomor Punggung 16 Real Madrid sebelum EndrickAlvaro Odriozola (twitter.com/ChampionsLeague)

Alvaro Odriozola merupakan pemain terakhir yang mengenakan nomor punggung 16 Real Madrid sebelum Endrick. Ia didatangkan sebagai salah satu bek muda potensial. Namun, ia tak bisa mengembangkan potensinya tersebut ketika berseragam Real Madrid. Sebab, ia selalu kalah saing dari Dani Carvajal maupun Nacho Fernandez dalam perebutan posisi bek kanan. Alhasil, Odriozola hanya mampu 49 laga dengan torehan 3 gol dan 10 assist dari 6 tahun kebersamaannya bersama Los Blancos.

Harapan terbaik tentu disematkan kepada Endrick yang digadang-gadang akan menjadi bintang baru Real Madrid. Namun, belum ada jaminan baginya untuk bisa bersinar di Real Madrid. Hal ini mengingat banyaknya pemain muda potensial yang justru meredup bersama Real Madrid.

Baca Juga: 4 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Timnas Brasil, Ada Endrick!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya