Kiernan Dewsbury-Hall, Gelandang Kreatif Rekrutan Baru Chelsea

Punya kemampuan bermain serbabisa

Intinya Sih...

  • Chelsea resmi mendatangkan Kiernan Dewsbury-Hall dari Leicester City dengan biaya 30 juta pound sterling atau Rp623 miliar.
  • Dewsbury-Hall merupakan gelandang serbabisa yang memiliki pengalaman bermain di Premier League dan sukses membantu Leicester City promosi ke English Premier League 2024/2025.
  • Performa konsisten Dewsbury-Hall membuatnya menjadi incaran Chelsea, yang berharap dapat meningkatkan kompetitivitas tim dengan kemampuan serbabisanya.

Chelsea resmi mendatangkan Kiernan Dewsbury-Hall pada bursa transfer musim panas 2024. Ia direkrut dari Leicester City dengan biaya 30 juta pound sterling atau Rp623 miliar. Kontrak berdurasi 5 tahun akan membuatnya berada di Stamford Bridge hingga 2029 mendatang. 

Bergabungnya Dewsbury-Hall ke Chelsea ini menyusul Enzo Maresca yang sudah lebih dahulu diumumkan sebagai manajer. Keduanya bekerja sama dalam membantu Leicester City menjuarai EFL Championship 2023/2024 sekaligus promosi ke English Premier League 2024/2025. 

Lantas, seperti apa karier dari Dewsbury-Hall sehingga Chelsea merekrutnya? Simak profil singkatnya berikut ini.

1. Menimba ilmu di akademi Leicester City mulai pada usia 8 tahun

Kiernan Dewsbury-Hall, Gelandang Kreatif Rekrutan Baru ChelseaKiernan Dewsbury-Hall (instagram.com/kdh_8)

Kiernan Dewsbury-Hall merupakan didikan akademi Leicester City. Ia bergabung saat berusia 8 tahun pada 2006 silam. Gelandang kelahiran 6 September 1998 ini menimba ilmu dari level muda hingga U-21 dengan mencatatatkan lebih dari 70 penampilan. Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya pada 2017 lalu saat usianya masih 19 tahun.

Penampilannya di tim muda konsisten sebagai gelandang kreatif. Pada musim panas 2019, Dewsbury-Hall menjadi kapten dalam turnamen tahunan Hongkong Soccer Sevens. Dalam turnamen tersebut, ia mencuri atensi dengan bermain gemilang sosok pemain muda. Ia juga memenangkan penghargaan sebagai Club's Development Squad Player of the Season 2019.

2. Sempat menjalani masa peminjaman di Blackpool dan Luton Town

Kiernan Dewsbury-Hall, Gelandang Kreatif Rekrutan Baru ChelseaKiernan Dewsbury-Hall (instagram.com/kdh_8)

Debut Kiernan Dewsbury-Hall terjadi pada 25 Januri 2020. Ia bermain saat Leicester City menghadapi Brentford di babak keempat Piala FA 2019/2020. Setelah menjalani laga pertamanya, ia dipinjamkan pada sisa musim ke Blackpool untuk menambah pengalaman bermainnya. Ia mampu bermain sebanyak 10 kali dengan kontribusi 4 gol dan 1 assist. 

Memasuki musim 2020/2021, Dewsbury-Hall dipinjamkan kepada Luton Town. Ia menghabiskan waktu di sini selama semusim penuh. Peminjamannya ini terbilang sukses sebab ia menunjukkan penampilan yang impresif dalam 40 laga. Ia menjadi andalan di lini tengah dengan menyumbang 3 gol dan 6 assist.

Baca Juga: 3 Striker Spanyol yang Pernah Memperkuat Chelsea sebelum Marc Guiu

3. Mulai dipercaya di tim utama berkat sosoknya sebagai gelandang serbabisa

Kiernan Dewsbury-Hall, Gelandang Kreatif Rekrutan Baru ChelseaKiernan Dewsbury-Hall (instagram.com/kdh_8)

Setelah sukses melakoni masa peminjaman di dua klub, Kiernan Dewsbury-Hall mulai dipercaya pada 2021/2022. Manajer Leicester City saat itu, Brendan Rodgers, mempercayainya dalam 44 laga di berbagai ajang. Ia mengemas 3 gol dan menghasilkan 3 assist. 

Sosoknya yang serbabisa menjadi salah satu kelebihannya. Dewsbury-Hall biasa bermain sebagai gelandang sentral. Namun, ia juga dapat mengisi peran dengan baik di sektor gelandang bertahan, gelandang sayap, dan gelandang serang. 

Secara perlahan, Dewsbury-Hall menunjukkan kualitasnya. Pada 2022/2023, ia menjadi pemain penting di lini tengah. Sayangnya, ia gagal membantu Leicester City bertahan di Premier League. Ada banyak faktor yang membuat The Foxes kesulitan bersaing dan terdegradasi. 

4. Berperan krusial membantu Leicester City juara Championship 2023/2024

Kiernan Dewsbury-Hall, Gelandang Kreatif Rekrutan Baru ChelseaKiernan Dewsbury-Hall (instagram.com/kdh_8)

Terdegradasinya Leicester City dari Premier League tak membuatnya tergoda untuk pindah. Kiernan Dewsbury-Hall tetap membersamai tim untuk berkompetisi di Championship pada 2023/2024. Di bawah kendali manajer baru Enzo Maresca, ia menjadi sosok penting dalam permainan tim. 

Dewsbury-Hall menunjukkan perannya sebagai pemain tak tergantikan di lini tengah Leicester City. Kepercayaan yang diberikan Maresca dibayar dengan penampilan yang impresif. Ia memainkan 49 laga dengan kontribusi 12 gol dan 15 assist. Berkat performa impresinya ini, The Foxes sukses menjuarai Championship dan promosi ke Premier League 2024/2025.

Performa ciamiknya ini juga membuatnya mendapatkan penghargaan Club's 2023/2024 Player and Players’ Player of the Season Leicester City. Dewsbury-Hall juga terpilih sebagai Championship Team of the Season. Tak hanya itu, ia juga dinominasikan dalam penghargaan sebagai PFA Fans' Player of the Year.

5. Jadi harapan baru Chelsea

Kiernan Dewsbury-Hall, Gelandang Kreatif Rekrutan Baru ChelseaKiernan Dewsbury-Hall (chelseafc.com)

Performa konsisten yang ditunjukkan Kiernan Dewsbury-Hall ini membuat Chelsea kepincut. Faktor adanya Manajer Enzo Maresca menjadi alasan besar mengapa manajemen merekrutnya dari Leicester City. Kerja sama keduaya sudah terbukti menghadirkan prestasi. Ini yang diharapkan bisa dibawa ke permainan The Blues sehingga bisa menjadi kompetitif.

Dewsbury-Hall juga berpengalaman di Premier League. Ini tentu akan memudahkannya sebab hanya tinggal beradaptasi dengan para pemain di Chelsea. Terlebih lagi, berada dalam skuad yang banyak pemain bintang akan meningkatkan kualitasnya. Ia bakal menjadi tumpuan lini tengah tim London Biru. 

Usianya yang masih 25 tahun membuat potensi Kiernan Dewsbury-Hall masih bisa diasah lebih baik lagi. Ia berpeluang menjadi salah satu gelandang top pada masa depan. Dengan kualitas yang dimilikinya, tugas utamanya membantu Chelsea kembali bersaing setelah beberapa musim mengalami inkonsistensi permainan. Menarik menantikan kiprahnya pada musim mendatang. 

Baca Juga: Chelsea Segera Rampungkan Transfer Kiernan Drewsbury-Hall

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya