5 Pemain Muda yang Direkrut Leeds United dari Luar Liga Top Eropa

Bentuk investasi menjanjikan

Leeds United bukanlah klub penantang juara di English Premier League (EPL). Klub berjuluk The Whites ini baru promosi pada 2020/2021. Itu menandai 16 tahun penantian mereka setelah lama berkompetisi di kasta yang lebih rendah.

Meski begitu, Leeds United punya daya tarik yang besar. Mereka sering menjadi tempat yang pas bagi para pemain muda untuk mengembangkan kariernya.

Dari keseluruhan pemain itu, kelima pemain muda ini dibeli Leeds United dari luar liga top Eropa. Siapa saja?

1. Kristoffer Klaesson

5 Pemain Muda yang Direkrut Leeds United dari Luar Liga Top EropaKristoffer Klaesson (instagram.com/kristoffer13klaesson)

Leeds United punya dua kiper berusia muda. Selain Illan Meslier yang bertugas sebagai kiper utama, ada juga Kristoffer Klaesson yang menjadi kiper pelapis. Klaesson baru berseragam The Whites sejak musim panas 2021 lalu.

Ia datang dari klub Norwegia, Valerenga. Meski minim pengalaman, Klaesson masih punya banyak waktu untuk berkembang. Apalagi, dirinya merupakan kiper utama di Timnas U-21 Norwegia yang sudah mengoleksi 17 caps sejauh ini.

2. Luis Sinisterra

5 Pemain Muda yang Direkrut Leeds United dari Luar Liga Top EropaLuis Sinisterra (twitter.com/LUFC)

Leeds United kepincut dengan penampilan Luis Sinisterra saat membela Feyenoord. Alhasil, biaya yang cukup mahal digelontorkan demi bisa membawa Sinisterra ke Inggris. The Whites menebusnya seharga 25 juta euro atau sekitar Rp405 miliar.

Pemain berpaspor Kolombia itu memberikan warna baru di lini depan Leeds United. Namun, Sinisterra belum tampil maksimal karena masih beradaptasi. Tercatat, ia baru mengemas 4 gol dan 1 assist dari 15 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: 12 Potret Weston McKennie, Pemain Pinjaman Leeds United dari Juventus

3. Maximilian Wober

5 Pemain Muda yang Direkrut Leeds United dari Luar Liga Top EropaMaximilian Wober (instagram.com/leedsunited)

Maximilian Wober merupakan rekrutan anyar Leeds United pada musim dingin 2023. Ia dibeli dari RB Salzburg seharga 12 juta euro atau sekitar Rp194 miliar. Kedatangannya diproyeksikan untuk memperkuat lini belakang The Whites yang cukup rapuh.

Usia Wober sejatinya baru 25 tahun. Namun, pengalamannya sudah matang sebab pernah membela beberapa klub besar, seperti Ajax Amsterdam dan Sevilla. Itu dinilai bisa ditularkan kepada Leeds United yang tengah berjuang di papan bawah Premier League.

4. Brenden Aaronson

5 Pemain Muda yang Direkrut Leeds United dari Luar Liga Top EropaBrenden Aaronson (instagram.com/leedsunited)

Sepak bola Amerika Serikat punya masa depan yang cerah. Banyak pemainnya bertualang di liga top Eropa, termasuk Brenden Aaronson. Ia tengah berkarier di Premier League dengan membela Leeds United sejak musim panas 2022.

Leeds United berhasil mendapatkan jasanya dari RB Salzburg. Demi membawa Aaronson ke Elland Road, The Whites bahkan memecahkan rekor transfer klub. Aaronson ditebus dengan biaya mencapai 33 juta euro atau sekitar Rp534 miliar.

5. Wilfred Gnonto

5 Pemain Muda yang Direkrut Leeds United dari Luar Liga Top EropaWilfried Gnonto (instagram.com/willy.gnonto)

Wilfred Gnonto tampil menjanjikan di lini serang Leeds United. Ia sebenarnya berstatus sebagai pemain anyar The Whites. Gnonto direkrut dari klub Swiss, FC Zurich, pada musim panas 2022 lalu seharga 4,5 juta euro atau sekitar Rp73 miliar.

Perekrutannya ini merupakan keputusan yang tepat. Selain masih berusia muda, Gnonto juga tampil menjanjikan di sisi sayap penyerangan. Gnonto sudah membukukan 4 gol dan 1 assist dalam 14 penampilan bersama Leeds United di semua kompetisi.

Kelima pemain muda di atas masih aktif berseragam Leeds United. Mereka dihadapkan dengan tantangan berat untuk menyelamatkan timnya itu yang berjuang agar terhindar dari jurang degradasi.

Baca Juga: 4 Pemain Rekrutan Leeds United dari Klub Afiliasi Red Bull

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya