5 Spesies Lutung yang Terancam punah, Populasinya Kian Merosot

Spesies lutung yang populasinya terus merosot

Di balik keindahan hutan rimba yang tenang, tersimpan kisah pilu tentang beberapa spesies langka. Salah satunya adalah lutung, primata yang dikenal dengan kecerdasan dan keindahan bulunya.

Beberapa spesies lutung ini kini tengah berjuang untuk bertahan hidup menghadapai ancaman kepunahan yang semakin nyata. Berikut lima spesies lutung di dunia yang terancam punah

1. Lutung budeng

5 Spesies Lutung yang Terancam punah, Populasinya Kian Merosotilustrasi Trachypithecus auratus (inaturalist.org/panjigusti)

Mungkin sebagian kalian mengenal betul fauna yang satu ini, spesies primata endemik di Pulau Jawa dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Lutung ini memiliki ciri khas bulu yang berwarna hitam legam mengkilap, dengan sedikit warna cokelat pada kaki dan perut.

Kalian akan familiar jika mendengar sebutan spesies lutung ini sebagai lutung jawa atau lutung budeng, spesies ini memiliki nama ilmiah Trachypithecus auratus. Dilansir IUCN Red List, populasi Lutung Budeng saat ini tergolong Rentan (Vulnerable). Hal ini disebabkan oleh hilangnya habitat akibat deforestasi dan perburuan liar.

Baca Juga: 6 Fakta Lutung Merah, Primata yang Makanannya Bergantung pada Musim

2. Lutung kelabu

5 Spesies Lutung yang Terancam punah, Populasinya Kian Merosotilustrasi Trachypithecus cristatus (inaturalist.org/jonodashper)

Trachypithecus cristatus atau lutung kelabu merupakan spesies primata yang memiliki bulu berwarna hitam dengan ujung-ujung berwarna putih atau kelabu, sehingga memberikan kesan keperakan. Spesies ini dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari hutan pantai hingga hutan mangrove di wilayah Asia Tenggara seperti Semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan pulau-pulau sekitarnya.

Meskipun memiliki distribusi yang luas, populasi Lutung Kelabu saat ini dikategorikan sebagai hampir terancam. Dilansir IUCN Red List, Spesies ini masuk dalam kategori rentan (Vulnerable). Ancaman utama bagi kelangsungan hidup mereka adalah hilangnya habitat akibat deforestasi dan perburuan liar. Upaya konservasi sangat penting untuk menjaga stabilitas populasi spesies ini di alam liar

3. Lutung jawa barat

5 Spesies Lutung yang Terancam punah, Populasinya Kian Merosotilustrasi Trachypithecus mauritius (inaturalist.org/tiluchi)

Lutung jawa barat (Trachypithecus mauritius) adalah spesies primata endemik Pulau Jawa, terutama di bagian barat pulau. Lutung ini memiliki bulu yang berwarna hitam legam mengkilap, mirip dengan kerabat dekatnya, lutung budeng.

Namun, terdapat perbedaan genetik yang signifikan antara keduanya. Dilansir IUCN Red List, populasi lutung jawa barat saat ini tergolong Rentan (Vulnerable). Ancaman utama yang mereka hadapi adalah hilangnya habitat akibat deforestasi dan perburuan liar.

4. Lutung delacour

5 Spesies Lutung yang Terancam punah, Populasinya Kian Merosotilustrasi Trachypithecus delacouri (inaturalist.org/ddiller)

Lutung delacour adalah spesies primata yang sangat langka dan hanya ditemukan di wilayah utara Vietnam. Lutung ini memiliki ciri khas bulu berwarna hitam dan putih yang kontras, terutama pada bagian bokong dan paha luar yang berwarna putih.

Populasi Lutung delacour saat ini sangat terancam punah (Critically Endangered) akibat hilangnya habitat akibat deforestasi dan perburuan liar. Upaya konservasi sangat mendesak untuk menyelamatkan spesies unik ini dari kepunahan.

5. Lutung emas gee

5 Spesies Lutung yang Terancam punah, Populasinya Kian Merosotilustrasi Trachypithecus geei (inaturalist.org/fabio_olmos)

Lutung emas gee merupakan spesies primata yang sangat unik dan mencolok karena bulunya yang berwarna emas cerah. Spesies ini hanya ditemukan di wilayah yang sangat terbatas di negara bagian Assam, India, dan perbukitan Bhutan.

Dilansir IUCN Red List, populasi yang sangat kecil dan terus menurun, Lutung Emas Gee dikategorikan sebagai spesies yang sangat terancam punah (Endangered). Ancaman utama yang mereka hadapi adalah hilangnya habitat akibat deforestasi dan perburuan liar. Upaya konservasi sangat mendesak untuk menyelamatkan spesies langka ini dari kepunahan.

Nasib lima spesies lutung ini ada di tangan kita. Dengan meningkatkan kesadaran, mendukung upaya konservasi, dan mengubah gaya hidup kita, kita bisa memberikan harapan bagi kelangsungan hidup mereka. Setiap tindakan kecil kita, sekecil apapun, akan berdampak besar bagi masa depan planet kita.