Survei Pilkada Jakarta: Ridwan Kamil-Suswono 56%, Pramono-Rano 24%

Rido unggul dari Pramono-Rano dan Dharma-Kun

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil - Suswono unggul dengan elektabilitas 56,5%, diikuti Pramono Anung - Rano Karno 24,5%, dan Dharma Pongrekun - Kun Wardana Abyoto 3,1%.
  • Ridwan Kamil paling popular (85,9%), diikuti Rano Karno (85,4%) dan Pramono Anung (61,5%).

Jakarta, IDN Times - Lembaga Proximity Indonesia merilis hasil survei Pilkada Jakarta terbaru terkait popularitas dan elektabilitas kandidat di Pilkada DKI Jakarta.

Hasilnya, elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil - Suswono unggul dengan presentase tertinggi sebesar 56,5 persen, disusul Pramono Anung - Rano Karno 24,5 persen, dan Dharma Pongrekun - Kun Wardana Abyoto 3,1 persen. 

"Sementara itu 15,9 persen belum menentukan pilihan," kata pendiri sekaligus peneliti dari Proximity, Whima Edy Nugroho dalam keterangannya, Senin (9/9/2024).

Baca Juga: [WANSUS] Kata Ahli soal Ridwan Kamil Ngide Hunian untuk Anak Muda

1. Popularitas Ridwan Kamil tertinggi disusul Rano Karno

Survei Pilkada Jakarta: Ridwan Kamil-Suswono 56%, Pramono-Rano 24%Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan calon wakil gubernur, Suswono di RSUD Tarakan, Jakarta Barat. (IDN Times/Santi Dewi)

Dalam pertanyaan tertutup terkait popularitas, Ridwan Kamil menjadi tokoh paling popular atau dikenal luas oleh masyarakat dengan presentase 85,9 persen. Disusul Rano Karno 85,4 persen, Pramono Anung 61,5 persen, dan Suswono 61 persen. Sementara nama lain, mendapatkan presentase di bawah 60 persen. 

Kemudian, pada pertanyaan terbuka (top of mind) tokoh yang disebut pertama kali oleh responden sebagai calon gubernur Jakarta, nama Ridwan Kamil menempati posisi teratas dengan presentase 51,7 persen dan Pramono Anung 15,4 persen. Sementara nama lainnya mendapatkan presentase di bawah 10 persen.

Baca Juga: Usung Pramono yang Tak Pernah Masuk Radar Survei, PDIP Sengaja Kalah?

2. Elektabilitas Cagub Jakarta, Dharma paling rendah

Survei Pilkada Jakarta: Ridwan Kamil-Suswono 56%, Pramono-Rano 24%Bakal calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Dharma Pongrekun - Kun Wardana bersama jajaran KPU dan Bawaslu di Kantor KPU Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara, dalam elektabilitas tertutup terhadap tiga tokoh yang dipilih sebagai gubernur Jakarta, nama Ridwan Kamil mendapatkan presentase terbanyak dengan 56 persen, disusul oleh Pramono Anung 24,4 persen, dan Dharma Pongrekun 3,3 persen. 

"Sedangkan untuk elektabilitas wakil gubernur, Suswono unggul dengan 46,40 persen, disusul Rano Karno 37,50 persen, dan Kun Wardana Abyoto 3,10 persen," ujar Whima Edy.

Baca Juga: Survei PSG: Pilkada DKI Jakarta Kemungkinan 2 Putaran

3. Survei Pilkada Jakarta digelar 30 Agustus sampai 6 September 2024

Survei Pilkada Jakarta: Ridwan Kamil-Suswono 56%, Pramono-Rano 24%Ilustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Survei Pilkada Jakarta dilakukan pada periode 30 Agustus sampai 6 September 2024 di seluruh wilayah kota di Jakarta yang terdistribusi secara proposional.

Populasi survei ini adalah seluruh warga Jakarta, yang punya hak pilih dalam pilihan gubernur, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah saat survei dilakukan. 

"Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) terhadap 800 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan tingkat kesalahan/Margin of Error (MoE) 3,46 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen," tuturnya.

Topik:

  • Jujuk Ernawati
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya