TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kronologi Dugaan Gratifikasi Mertua Jelita Jeje, ICW Minta Diusut KPK

Jelita Jeje ungkap soal fasilitas mewah yang diterima

Tangkapan layar pernyataan Jelita Jee yang membela Erina Gudono malah buat KPK didesak selidiki dugaan gratifikasi (dok. IDN Times/Istimewa)

Intinya Sih...

  • ICW mendesak KPK menyelidiki dugaan gratifikasi fasilitas perjalanan ke luar negeri bagi pejabat, termasuk tiket dan akomodasi yang diduga diterima oleh Asri Agung Putra, mertuanya.
  • Jelita Jeje adalah istri dari Kepala BP Bintan Kepulauan Riau. Suaminya adalah anak dari Staf Ahli Jaksa Agung, Asri Agung Putra. ICW menyoroti laporan harta kekayaan Asri karena tercatat total harta yang dilaporkan ke KPK pada tahun 2020 dan 2021 tetap sama.
  •  

Jakarta, IDN Times - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak KPK menyelidiki informasi yang diberikan Jelita Jeje viral soal dugaan penerimaan gratifikasi berupa fasilitas perjalanan ke luar negeri bagi pejabat. Termasuk tiket dan akomodasi yang diduga diterima oleh Asri Agung Putra, mertua Jelita Jeje, dari sejumlah pengusaha. 

Hal tersebut bermula dari unggahan Jelita Jeje yang membela membela istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono soal unggahan foto jendela pesawat yang diketahui merupakan jet pribadi.

"Bila pemberian itu benar dan diketahui tidak pernah dilaporkan kepada KPK, maka peristiwa tersebut dapat dikategorikan sebagai tindak pidana gratifikasi. Merujuk pada Pasal 12B UU Tipikor, setiap penyelenggara negara dilarang menerima pemberian apa pun dari pihak-pihak yang menimbulkan potensi konflik kepentingan, kecuali dalam jangka waktu paling lambat 30 hari telah dilaporkan ke KPK,” kata Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, dikutip Senin (26/8/2024).

Baca Juga: Viral Jelita Jeje Bela Erina Gudono, Suami dan Mertua Jadi Sorotan

1. Suami dan mertua Jelita Jeje jadi viral

Tangkapan layar LHKPN Staf Ahli Jaksa Agung, Asri Agung Putra, mertua Jelita Jee yang bela Erina Gudono namun malah spill dugaan gratifikasi (dok. Tangkapan Layar dari ICW)

Jelita Jeje adalah istri dari Kepala Badan Pengusahaan (BP) Bintan Kepulauan Riau (Kepri) Farid Irfan Siddik. Suaminya itu dilantik menjadi Kepala BP Bintan pada 2022. 

Suaminya adalah anak dari Staf Ahli Jaksa Agung, Asri Agung Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri pada 2018-2022.

ICW menyoroti laporan harta kekayaan Asri karena tercatat total harta yang dilaporkan ke KPK pada tahun 2020 dan 2021 tetap sama, yakni sebesar Rp 3.495.200.407.

ICW mempertanyakan kejanggalan ini, karena secara logika sederhana, nilai aset biasanya mengalami fluktuasi setiap tahun.

Baca Juga: Profil Asri Agung Putra, Staf Ahli Jaksa Agung dan Mertua Jelita Jeje

2. Bela Erina usai polemik dugaan penggunaan jet pribadi viral

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Pyara Photo via instagram.com/erinagudono)

Nama Jelita Jeje viral usai memberikan pernyataan tentang para pejabat justru diduga mendapat berbagai tawaran fasilitas dari pengusaha.

Pernyataan ini menuai berbagai kontroversi hingga mengarah pada dugaan penerimaan grarifikasi usai di-spill oleh Jelita.

"Eh bentar, jet pribadi kan udah dibuktikan bukan milik negara, lagian sekelas Presiden kalau pergi jalan-jalan juga bukan kantong pribadi apalagi duit negara (ini pikiran orang awam aja yang gak tahu) jadi mentang-mentang pejabat negara selalu dikaitkan dengan pasti pake duit negara, gak gitu," tulis Jeje dalam tangkapan layar Instagram, dilihat Senin (26/8/2024).

Baca Juga: Menguak Jet Pribadi yang Diduga Dipakai Kaesang-Erina ke AS

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya