TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapa Pemilik Skintific? Ini Asal Usul Perusahaannya

Brand skincare terkenal di Indonesia

Produk Skintific (instagram.com/skintificid)

Skintific menjadi salah satu merek skincare dan kosmetik di Indonesia yang terkenal beberapa tahun ini. Produk-produk Skintific diklaim berkualitas dan sering promosi besar-besaran di media sosial. Skintific juga menggandeng sejumlah pesohor seperti Nicholas Saputra, Raline Shah, hingga Rachel Vennya sebagai endorser.

Lalu, banyak masyarakat yang bertanya-tanya dari mana asal brand Skintific? Informasi tentang pemilik dan negara asal Skintific juga simpang siur. Ada yang mengatakan dari Indonesia, China, Kanada, hingga Norwegia.

Lantas, sebenarnya siapa pemilik Skintific? Berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Siapa pemilik Skintific?

Guangdong Essence Daily Chemical, perusahaan yang memproduksi Skintific di China (esene.net)

Melansir BPOM, brand Skintific diproduksi oleh Guangdong Essence Daily Chemical Co., Ltd., perusahaan manufaktur ODM (Original Design Manufacturer) yang memproduksi makeup, skincare, hingga perfume untuk berbagai merek dunia. Perusahaan ini melayani perusahaan-perusahaan kosmetik dari China maupun asing, termasuk Skintific.

Guangdong Essence Daily Chemical sudah berdiri sejak April 1998. Perusahaan ini berlokasi di Guoya Road, Shenshan Administrative Area, Baiyun District, Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, China. 

Mengutip Annual Report perusahaan pada 2022, pemilik saham terbesar Guangdong Essence Daily Chemical adalah Zhu Fuyuan yang memiliki modal 4,5 juta yuan atau sekitar Rp9,8 miliar. Disusul oleh tiga orang lainnya, yaitu Ni Jun (Rp5,4 miliar), Zhu Jianzhang (Rp4,3 miliar), dan Qiu Huachang (Rp2,1 miliar).

Lantas, siapa pemilik Skintific? Sayangnya, tidak ditemukan informasi lengkap tentang pendiri Skintific itu sendiri. 

2. Pemegang izin Skintific di Indonesia

Ilustrasi Skintific (instagram.com/skintificid)

PT May Sun Yvan adalah perusahaan distributor dan pemegang izin resmi Skintific di Indonesia. Perusahaan ini berlokasi di Mega Kuningan, Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Perusahaan ini dipimpin oleh Dedi Irawan Sinuhaji yang menjabat sebagai direktur.

Pertama kali masuk pada 2021, Skintific berhasil berkembang dengan pesat di Indonesia. Pada 2022, sejumlah produk Skintific menjadi Top 1 Beauty Category di Shopee dan Tokopedia.

Pada 2024, Skintific juga bekerja sama dengan PT Meiyume Manufacturing di Indonesia untuk khusus memproduksi pelembap. Tak tanggung-tanggung, May Sun Yvan berinvestasi Rp100 miliar pada pabrik tersebut.

Pada Juli 2024, PT May Sun Yvan juga menerima penghargaan dari Kanwil DJP Jakarta Barat karena taat pajak. Mereka dinilai selalu membayar pajak tepat waktu dan tepat jumlah, tidak menunggak, dan menaati regulasi.

Baca Juga: Siapa Pemilik Mie Gacoan? Ini Profil dan Awal Berdirinya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya