TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips agar Tidak Kelelahan saat Berwisata Seharian, Tahu Batas!

Lakukan tindakan pencegahan juga, ya

ilustrasi seorang sedang baca buku saat liburan (pexels.com/Huy Phan)

Liburan adalah momen yang dinanti-nanti. Namun, jika tidak diatur dengan baik, rasa lelah bisa mengganggu pengalaman wisata, lho.

Berjalan-jalan seharian, menikmati tempat baru, dan mencoba berbagai aktivitas memang menyenangkan, tapi menjaga stamina juga tak kalah penting. Mulai dari menjaga pola tidur hingga memastikan tubuh tetap terhidrasi, ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan agar traveling terasa lebih nyaman.

Dengan menerapkan beberapa tips ini, berwisata seharian tak lagi jadi alasan untuk merasa kelelahan. Kamu bisa memiliki pengalaman yang penuh kesenangan tanpa rasa lelah berlebihan, deh!

Baca Juga: 5 Pertimbangan Memilih Tempat Menginap yang Tepat ketika Traveling

1. Tidur cukup sebelum liburan

ilustrasi tidur sebelum liburan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidur adalah kunci penting untuk menjaga stamina tubuh selama beraktivitas seharian. Mulailah memperbaiki pola tidur beberapa hari sebelum liburan agar tubuh punya waktu cukup untuk beristirahat. Tidur yang cukup akan membantu tubuh bangun dengan perasaan lebih segar, sehingga siap menjalani hari penuh petualangan.

Mungkin terdengar sepele, tapi kurang tidur bisa membuat tubuh terasa lemas dan sulit berkonsentrasi, apalagi jika harus berkeliling destinasi wisata seharian. Pastikan tidur minimal 7—8 jam per malam sebelum keberangkatan untuk menjaga kualitas perjalanan.

2. Minum air putih secara teratur

ilustrasi minum air mineral saat liburan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sering kali karena terlalu sibuk berwisata, minum air jadi terlupakan. Padahal, dehidrasi bisa membuat tubuh cepat lelah, terutama jika bepergian ke tempat yang panas atau melakukan banyak aktivitas fisik. Membawa botol minum dan mengisinya secara rutin adalah trik sederhana untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selain menjaga energi, air putih juga penting untuk menjaga fungsi tubuh lainnya, seperti pencernaan dan konsentrasi. Minum air putih dalam jumlah cukup dapat membantu merasa lebih bugar dan siap melanjutkan perjalanan tanpa rasa lemas.

3. Lakukan tindakan pencegahan

ilustrasi memakai hand sanitizer (pexels.com/cottonbro studio)

Selama liburan, terutama di tempat umum, tubuh rentan terpapar bakteri atau virus. Untuk mencegah tubuh jatuh sakit di tengah liburan, lakukan tindakan pencegahan, seperti sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Hal ini akan membantu mengurangi risiko tertular penyakit yang bisa merusak suasana liburan.

Menjaga kebersihan tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang di sekitar. Selain mencuci tangan, pastikan juga menghindari menyentuh wajah sebelum tangan benar-benar bersih. Dengan tubuh yang sehat, wisata seharian akan terasa lebih menyenangkan dan bebas dari gangguan kesehatan.

Baca Juga: 5 Tips Wisata Keluarga ke Pantai, Dampingi Anak-anak Bermain

4. Selingi aktivitas fisik dengan hiburan

ilustrasi seorang sedang liburan (pexels.com/Lina Kivaka)

Mengelilingi tempat wisata seharian bisa melelahkan, terutama jika tidak ada jeda yang cukup. Oleh karena itu, penting untuk menyelingi aktivitas fisik dengan hiburan ringan, seperti mendengarkan musik, bermain game, atau menonton video. Aktivitas ini bisa memberikan jeda bagi tubuh dan pikiran agar tidak terlalu lelah.

Istirahat sejenak dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan bisa membantu menghilangkan kebosanan dan membuat tubuh merasa lebih rileks. Selain itu, menyelingi kegiatan berat dengan hiburan juga membuat waktu terasa lebih cepat berlalu dan lebih menyenangkan.

Verified Writer

Zaffy Febryan

Bingung mau nulis bio apaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya