TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menikmati Libur Akhir Pekan saat Cuaca Panas

Dijamin liburan terasa lebih menyenangkan, deh!

ilustrasi liburan keluarga (pexels.com/Sergey Makashin)

Merencanakan liburan saat cuaca panas bukan lagi menjadi tantangan. Namun, bisa jadi ini adalah kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan aktivitas dari beberapa tempat yang hanya bisa dinikmati pada cuaca panas. Misalnya, menikmati sunrise dan sunset tanpa khawatir mendung bahkan turun hujan, piknik keluarga di taman kota, hingga menikmati keindahan bawah laut.

Cuaca panas telah terjadi selama beberapa bulan terakhir. Tidak bisa dimungkiri bahwa berbagai wilayah Indonesia hampir merata merasakan teriknya matahari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim kemarau akan berlangsung hingga akhir Oktober 2023. Kementerian Kesehatan sendiri meminta masyarakat untuk waspada ketika beraktivitas di luar ruangan.

Meski begitu, hal tersebut tentunya bukan suatu halangan untuk kamu pergi berlibur, ya! Namun, agar momen liburan kamu tetap nyaman, penting bagimu menyimak sederet tips menikmati liburan akhir pekan saat cuaca panas pada artikel ini, ya!

Baca Juga: 7 Tips Olahraga saat Cuaca Panas, Jangan Sampai Kena Heat Stroke

1. Pilih tujuan liburan yang sesuai

ilustrasi wisata ke pantai pada sore hari (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Setiap orang memiliki selera yang berbeda saat memutuskan tujuan destinasi wisata. Sisi baik ketika liburan kala cuaca panas salah satunya adalah tidak khawatir dengan langit mendung, jalanan becek, hingga turunnya hujan deras disertai angin. Beberapa tempat juga akan lebih asyik dikunjungi kala cuaca sedang panas dan cerah.

Menargetkan pantai sebagai tujuan wisata di cuaca panas bisa jadi ide yang bagus. Namun, saat siang hari, matahari pantai bakal menyengat sangat terik yang berpotensi membuat momen liburan terasa melelahkan. Pilihlah waktu di pagi hari atau sore untuk menikmati sunset ketika memutuskan pantai sebagai destinasi wisata. Selain pantai, opsi destinasi liburan saat cuaca panas, antara lain taman, pegunungan, hutan, atau danau tentu bakal terasa lebih nikmat.

2. Kenakan pakaian yang nyaman

ilustrasi pakaian yang nyaman di pantai (pexels.com/Velroy Fernandes)

Pakailah pakaian yang ringan, longgar, dan berbahan breathable, seperti katun, linen, atau rayon. Bahan-bahan tersebut punya daya serap yang memungkinkan udara mengalir lebih lancar untuk membantu menjaga tubuh tetap kering dan mencegah keringat menempel pada kulit. Hindari bahan sintetis seperti polyester karena cenderung mempertahankan panas dan membuat tubuh terasa cepat gerah.

Selain itu, disarankan juga untuk memilih pakaian yang lebih cepat kering. Sebab, pakaian yang terkena keringat menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri yang menyebabkan bau badan. Minimalkan penggunaan aksesori, seperti kalung, gelang, atau jam tangan yang dapat menimbulkan rasa panas pada kulit hingga menyebabkan iritasi. Jangan lupa untuk menggunakan topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari secara langsung, ya!

3. Pilih waktu yang tepat

ilustrasi menikmati pemandangan pada sore hari (pexels.com/Zakaria Boumliha)

Jika memaksa berlibur ke destinasi yang terpapar matahari, setidaknya pilihlah waktu-waktu yang lebih tepat saat berkunjung. Tiba di tempat lebih pagi atau sekalian sore hari untuk menikmati sunset. Hindari bepergian di siang hari saat suhu udara sedang tinggi-tingginya.

Pilihlah lokasi-lokasi di tempat liburan yang tidak terpapar panasnya matahari secara langsung. Manfaatkan juga fasilitas tempat berteduh yang disediakan pihak pengelola destinasi wisata. Selain itu, pilihlah titik-titik lokasi yang dekat dengan ragam fasilitas pendukung, seperti toilet umum atau tempat ibadah.

4. Jaga tubuh tetap terhidrasi

ilustrasi perempuan minum untuk menjaga hidrasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dehidrasi dapat terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Hal ini terjadi karena berbagai faktor, termasuk aktivitas fisik yang intens, lingkungan yang panas dan kering, atau kurang minum air putih. Jaga tubuh tetap fit dan terhidrasi dengan minum cukup air. Hindari minuman berkafein dan beralkohol karena menyebabkan tubuh cepat dehidrasi.

Selalu bawa botol air minum ketika liburan untuk memastikan asupan air tubuh selalu cukup. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan-makanan pedas, asam, atau berminyak yang bisa menyebabkan dehidrasi. Pilih makanan ringan dan segar, seperti buah-buahan yang mengandung banyak air atau jus buah.

Baca Juga: 7 Waterpark di Jakarta yang Cocok Dikunjungi saat Cuaca Panas

Writer

Yovi Aprilia

Haii, ini Yovi. Ingin selalu berbagi melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya