TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Tips Liburan Musim Dingin di Australia, Pahami sebelum Berlibur!

Liburan pun jadi lebih aman dan nyaman

Sydney Opera House, Australia (pixabay.com/pattyjansen)

Musim dingin di Australia adalah waktu yang ideal untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya yang unik di negeri ini. Suhu udara yang lebih sejuk dan banyak festival musim dingin yang menarik.

Australia menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dibandingkan negara-negara lainnya saat musim dingin. Ada banyak hal yang bisa kamu nikmati selama liburan musim dingin di Australia, mulai dari pemandangan salju di pegunungan hingga beach hopping dengan cuaca bersahabat.

Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan musim dingin di Australia, sangat penting untuk mengetahui beberapa tips agar perjalanan lancar dan menyenangkan. Pada artikel berikut ini, IDN Times akan membagikan 10 tips penting liburan musim dingin ke Australia. Simak sampai selesai, ya!

1. Siapkan pakaian yang tepat

Ilustrasi jaket tebal (pixabay.com/jackmac34)

Sangat penting untuk menyiapkan pakaian yang tepat jika ingin liburan musim dingin di Australia. Agar tubuh tetap hangat, pastikan kamu membawa jaket tebal, syal, sarung tangan, dan topi. Jangan lupa pula untuk membawa pakaian dalam termal atau long john, agar kamu lebih nyaman.

2. Pilih destinasi wisata yang sesuai

Snowy Mountains (instagram.com/snowymountainsnsw)

Australia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi selama musim dingin. Namun, yang paling favorit adalah mengunjungi pegunungan bersalju, seperti Snowy Mountains atau menikmati keindahan pantai yang masih hangat di Queensland.

Apa pun destinasi wisata yang kamu pilih, sebaiknya sesuaikan dengan minat, preferensi, dan dana yang kamu miliki demi mendapatkan pengalaman berlibur lebih memuaskan.

3. Manfaatkan paket liburan musim dingin

Ilustrasi brosur liburan (pixabay.com/beintous)

Banyak agen perjalanan menawarkan paket liburan musim dingin yang lengkap dengan akomodasi, transportasi, dan aktivitasnya. Paket ini seringkali lebih ekonomis dan praktis dibandingkan merencanakan semuanya sendiri. Cari paket yang menawarkan aktivitas sesuai minatmu, seperti ski, snowboarding, atau tur kuliner.

4. Cek kondisi jalan dan cuaca

Ilustrasi aplikasi cuaca (pixabay.com/analogicus)

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah memeriksa kondisi jalan dan cuaca di destinasi tujuan kamu. Cuaca musim dingin bisa berubah dengan cepat dan berpotensi mempengaruhi perjalanan kamu. Oleh sebab itu, gunakan aplikasi cuaca atau situs resmi untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai cuaca.

5. Rencanakan aktivitas indoor dan outdoor

Ilustrasi bermain ski (pixabay.com/mystraysoul)

Musim dingin di Australia menawarkan banyak pilihan aktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan. Untuk aktivitas luar ruangan, cobalah bermain ski, snowboarding, atau berjalan-jalan di taman nasional. Jika cuaca terlalu dingin, kamu bisa mengunjungi museum, galeri seni, atau pusat perbelanjaan. 

6. Gunakan transportasi yang aman

Ilustrasi bus (pixabay.com/EPr-666)

Selama musim dingin, kondisi jalan bisa saja menjadi licin dan berbahaya. Pastikan kendaraan yang kamu tumpangi dalam kondisi baik dan dilengkapi dengan peralatan musim dingin, seperti rantai ban. Jika kamu tak nyaman mengemudi, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum atau layanan antar-jemput, ya!

Baca Juga: 6 Destinasi Cokelat Terbaik di Australia, Wisata Mood Booster!

7. Cicipi kuliner musim dingin

Ilustrasi roti (pixabay.com/Couleur)

Jangan lewatkan kesempatan menikmati kelezatan kuliner khas musim dingin di Australia. Cobalah hidangan-hidangan khasnya, seperti pai daging, sup panas, dan berbagai jenis roti. Cicipi pula anggur lokal yang terkenal dari berbagai daerah di Australia.

8. Temukan akomodasi yang nyaman

Ilustrasi kamar penginapan (pixabay.com/Pexels)

Demi kenyamananmu selama berada di Australia saat musim dingin, pilihlah akomodasi yang menawarkan fasilitas pemanas ruangan. Jangan khawatir, di Australia banyak sekali hotel dan penginapan yang dilengkapi dengan perapian dan selimut tebal! Pastikan juga akomodasi yang kamu pilih, lokasinya berdekatan dengan tempat-tempat menarik yang ingin kamu kunjungi.

9. Menikmati festival musim dingin

Festival Cahaya di Sydney (instagram.com/ekkanek929)

Musim dingin di Australia juga diramaikan dengan berbagai festival yang menarik untuk dikunjungi. Dua di antaranya yang terkenal yakni Festival Salju di Victoria dan Festival Cahaya di Sydney. Selama berada di Australia, pastikan kamu mengunjungi festival-festival tersebut untuk merasakan suasana musim dingin yang unik dan meriah!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya