TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Keuntungan Membawa Koper Kabin saat Liburan, Lebih Praktis!

Koper gak perlu dititipkan ke bagasi

ilustrasi membawa koper kabin (pexels.com/Mikhail Nilov)

Untuk kamu yang senang berlibur, pemilihan koper sering menjadi pertimbangan. Tidak hanya mengenai ukuran atau desain, koper yang dibawa juga akan mempengaruhi kelancaran dan kenyamanan saat berlibur.

Salah satu jenis koper yang menjadi favorit pelancong saat ini adalah koper kabin. Bukan tanpa sebab, koper kabin banyak dipilih karena dinilai lebih kecil dan praktis dibawa.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lain jika membawa koper kabin saat liburan, di antaranya berikut ini, nih!

Baca Juga: 10 Tips Memilih Koper untuk di Kabin Pesawat, Perhatikan Ukuran

1. Memudahkan mobilitas di bandara

ilustrasi membawa koper kabin (pexels.com/Gustavo Fring)

Jika kamu berlibur menggunakan pesawat, membawa koper kabin dapat memberikan kemudahan dalam proses pemeriksaan atau check-in. Sering kali, proses pemeriksaan dan pengambilan koper dari bagasi pesawat memakan waktu lama dan antrean panjang.

Namun, dengan membawa koper kabin, kamu tidak perlu mendaftar untuk menyimpan koper di bagasi, sehingga mempercepat proses check-in, terutama di bandara yang sibuk. Setelah turun dari pesawat, kamu juga tidak perlu menunggu lama di conveyor bagasi.

Selain itu, koper kabin memudahkan mobilitasmu di bandara, seperti saat menaiki tangga atau akan menggunakan transportasi umum, karena kamu tidak perlu mengangkat koper yang besar dan berat.

2. Menghemat biaya saat perjalanan

ilustrasi hemat biaya (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Karena tidak membawa koper besar dan terdaftar dalam bagasi pesawat, kamu tidak akan dikenakan biaya untuk penyimpanan koper. Koper kabin yang kamu bawa akan ditempatkan di kompartemen atas pesawat, sehingga tidak ada biaya tambahan, selama beratnya juga masih sesuai dengan ketentuan bandara.

Tidak hanya saat naik pesawat, terkadang ada beberapa moda transportasi lain yang juga mengenakan biaya untuk koper dengan ukuran besar dan berat. Dengan membawa koper kabin, kamu jadi bisa menghemat uang untuk liburan deh.

3. Barang yang dibawa lebih aman

ilustrasi koper kabin (pexels.com/Timur Weber)

Selain pakaian, kamu dapat menyimpan barang berharga, seperti barang elektronik atau perhiasan di dalam koper kabin. Namun, tak perlu khawatir barang atau kopernya hilang, karena kamu dapat mengawasi koper kabin yang berada di kompartemen atas pesawat.

Tidak hanya itu, di dalam koper kabin, kamu juga dapat menyimpan dokumen, obat-obatan, atau barang penting lainnya. Saat kamu perlu barang tersebut, kamu akan mudah menemukannya.

Karena selalu berada di dekatmu, tentunya kamu juga dapat menjaga koper tersebut dari kerusakan atau resiko tertukar dengan milik orang lain. Fatal banget kalau sampai tertukar atau tertinggal saat akan dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

Baca Juga: 5 Barang yang Tidak Boleh Masuk Dalam Bagasi Pesawat, Bisa Berbahaya!

4. Praktis dibawa saat liburan

ilustrasi koper kabin (pexels.com/RDNE Stock project)

Ketika liburan, kamu mungkin akan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan tentu saja berpindah penginapan. Saat membawa koper kabin yang ukurannya tidak besar dan berat, akan lebih ringan untuk dibawa naik kendaraan atau berjalan kaki tanpa harus kerepotan.

Jika kamu berada di penginapan dengan ruangan terbatas, koper kabin juga mudah disimpan di sudut ruangan atau bahkan kolong meja. Ini tentu tidak akan membatasi ruang gerakmu, karena koper kabin tidak menghabiskan banyak tempat.

Verified Writer

silvia nur kholifah

Bismillah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya