TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biaya Liburan ke Thailand 2023, Segini Estimasinya

Jumlahnya tergantung pada beberapa hal

Ilustrasi Suasana Bangkok, Thailand (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Thailand punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari kuil-kuil megah, bangunan pagoda bersejarah, hingga pantai dengan pemandangan laut eksotis. Gak ketinggalan juga aneka kulinernya yang lezat dengan bumbu yang khas. Semuanya seru untuk dijelajahi selama liburan.

Nah, supaya liburanmu menyenangkan tentu perlu adanya persiapan. Termasuk menyiapkan biaya agar tidak melebihi bujet yang telah kamu tetapkan untuk liburan. Selengkapnya, kamu bisa simak estimasi biaya liburan ke Thailand 2023 berikut ini.

1. Biaya pembuatan paspor dan visa

Ilustrasi Paspor. IDN Times/Hana Adi Perdana

Paspor adalah dokumen penting yang wajib kamu bawa saat melancong ke luar negeri, termasuk Thailand. Biaya pembuatan paspor sendiri gak terlalu mahal. Kamu dapat membuat paspor dengan membayar sekitar Rp350 ribu untuk paspor biasa atau Rp650 ribu untuk paspor elektronik.

Nah, untuk pemegang paspor Indonesia yang ingin liburan ke Thailand akan mendapat pembebasan visa. Masa pembebasan visa ini berlaku untuk 30 hari jika kamu pergi dengan naik pesawat.

Sementara, jika kamu menggunakan jalur darat, pembebasan visa hanya berlaku selama 15 hari saja. Dengan kata lain, jika liburanmu tak lebih dari 30 hari di Thailand, kamu tidak perlu membuat visa.

2. Biaya tiket pesawat

ilustrasi tiket pesawat ke Thailand (unsplash.com/thapanee srisawat)

Ingin mancari tiket pesawat ke Thailand dengan harga yang murah? Kamu bisa beli tiket saat low season mulai bulan Maret-September. Rata-rata harga tiket pesawat untuk perjalanan Jakarta-Bangkok ataupun sebaliknya berkisar antara Rp1,3 juta-Rp1,7 juta untuk sekali jalan.

Namun, estimasi harga tiket ini masih dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, pastikan untuk mengeceknya secara berkala, ya.

3. Biaya akomodasi di Thailand

ilustrasi menginap di hostel (IDN Times/Indah Permatasari Lubis)

Kalau kamu mencari penginapan low budget, kamu bisa menginap di guest house atau hostel. Rata-rata tarifnya sekitar Rp250 ribuan per malam. Selain tarifnya lebih murah, hostel juga akan memberikan pengalaman menginap seru yang berbeda dari menginap di hotel, lho. 

Namun, jika kamu punya bujet lebih, bisa menginap di hotel bintang tiga. Estimasi biaya menginap per malamnya sekitar Rp350 ribu-Rp2 juta per malam.

4. Biaya transportasi selama di Thailand

ilustrasi kendaraan tuk tuk (pixabay.com/Thailand_becausewecan)

Sama halnya dengan di Indonesia, kamu juga bisa memilih naik MRT di Thailand untuk menghemat bujet perjalanan. Untuk satu kali perjalanan dengan MRT di Thailand, kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp7 ribu-Rp25 ribu.

Namun, jika kamu ingin menuju ke suatu tempat yang tidak dijangkau MRT, bisa coba naik tuk-tuk. Tampilan tuk-tuk sekilas mirip dengan bajaj di Indonesia, lho. Untuk tarif naik tuk-tuk sangat variatif, tergantung jauh dekat jarak yang ditempuh.

5. Biaya makan di Thailand

ilustrasi makanan Thailand (unsplash.com/Jerome Jome)

Tempat di mana kamu membeli makanan juga menentukan biaya makan yang harus kamu keluarkan. Jadi, jika kamu ingin membeli makanan yang affordable, kamu bisa makan makanan street food. Meski harganya murah, cita rasanya tetap gak kalah dari makan di restoran, lho. Harga rata-rata street food seperti pad thai dengan aneka topping berkisar antara 50-100 Baht atau sekitar Rp22 ribu-Rp43 ribu.

6. Biaya tiket wisata di Thailand

Wat Pho, Kuil Buddha Tidur di Thailand (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Biaya lainnya yang juga perlu kamu rencanakan adalah tiket wisata. Sebelumnya, kamu bisa menyusun daftar tempat wisata mana saja yang ingin kamu kunjungi. Setelahnya, perlu mencari informasi terkait harga tiket masuknya.

Nah, jika kamu ingin menghabiskan waktu liburanmu di Thailand, kamu bisa simak beberapa rekomendasi tempat berikut beserta harga tiketnya:

  1. Wat Arun gratis
  2. Wat Pho Rp86 ribu
  3. Wat Phra Kaew Rp215 ribu
  4. Taman Lumpini gratis
  5. The Grand Palace Rp215 ribu
  6. Rumah Jim Thompson Rp86 ribu
  7. National Museum Bangkok Rp86 ribu
  8. Pusat Seni & Budaya Bangkok gratis

Baca Juga: Syarat Masuk Thailand 2023, Berikut yang Perlu Disiapkan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya