TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Solo Traveling ke Prancis, Keamanan Nomor Satu!

Banyak copet, jaga barang bawaanmu

ilustrasi solo traveling di Prancis (pexels.com/Rosivan Morais)

Walau Prancis dikenal dengan suasananya yang romantis, sehingga kerap menjadi destinasi honeymoon pasangan baru, tapi negara ini juga gak kalah seru jika dieksplorasi seorang diri. Dari keindahan arsitektur di setiap sudut kota hingga pemandangan alam yang memukau di pedesaan, Prancis menawarkan banyak hal untuk dijelajahi.

Dengan solo traveling, kamu bebas bertualang ke tempat-tempat yang sudah lama bertengger di wishlist-mu, sehingga liburan terasa lebih menyenangkan. Gak cuma itu, bepergian sendiri juga memberikanmu kesempatan untuk berkontemplasi, yang membantu kamu mengenal siapa dirimu sebenarnya.

Namun, meski terdengar menyenangkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau kamu berencana solo traveling ke negara pusat mode ini. Supaya bisa menikmati setiap momennya, coba catat dan ikuti tips solo traveling ke Prancis berikut ini, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Solo Traveling Lebih Memuaskan

1. Rencanakan itinerary yang jelas

ilustrasi menyusun itinerary (pexels.com/Francesco Paggiaro)

Meski kamu tipe orang yang biasanya spontan saat traveling, tapi kalau perginya sendirian, kamu sebaiknya membuat rencana perjalanan yang jelas. Apalagi kalau ini pengalaman pertamamu dalam solo traveling dan jalan-jalan ke Prancis. Mau gak mau, kamu mesti melakukan riset mendalam, menentukan list tempat yang ingin dikunjungi, dan menyusun jadwal yang runut.

Kenapa harus ribet-ribet membuat itinerary? Bukan tanpa alasan, ini akan jadi panduan utama agar kamu gak bingung saat sampai di sana. Waktu kamu juga jadi lebih efisien karena setiap detiknya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Gak harus benar-benar detail, kok. Setidaknya kamu punya gambaran tempat yang mau dituju saat berwisata. Jadi, kamu tahu harus menginap di mana, harus naik transportasi apa, berapa bujet yang harus disiapkan, dan bisa book akomodasi lebih awal supaya gak kehabisan atau gak keburu mahal.

2. Pelajari sedikit bahasa Prancis

ilustrasi mengobrol dengan orang di Prancis (unsplash.com/Eddie Junior)

Walau banyak orang di Prancis bisa berbicara bahasa Inggris, mempelajari beberapa frasa dasar dalam bahasa Prancis akan sangat membantu. Selain menunjukkan rasa hormat kepada budaya lokal, kemampuan berbahasa Prancis bisa memudahkanmu dalam berinteraksi dengan penduduk setempat, mencari arah, atau memesan makanan di restoran. Beberapa frasa yang bisa kamu pelajari antara lain:

  1. Bonjour: selamat pagi/siang.
  2. Merci: terima kasih.
  3. S'il vous plaît: tolong.
  4. Excusez-moi: permisi.

3. Selalu waspada dengan barang bawaan

ilustrasi berjalan sendiri di Prancis (unsplash.com/Camille Brodard)

Saat bepergian ke mana pun, keamanan harus menjadi prioritas utama. Terlebih saat solo traveling, kamu harus lebih waspada dan gak boleh lengah saat jalan-jalan di luar. Karena itu, pastikan selalu menjaga barang-barang berharga, seperti paspor, uang, dan ponsel, di tempat yang aman. Hindari membawa terlalu banyak uang tunai

Kalau perlu, kenakanlah tas selempang yang bisa dikunci dan taruh di depan badan agar lebih aman. Selain itu, pastikan kamu selalu mengabarkan dan share live location ke keluarga atau teman. Simpan juga nomor-nomor penting, seperti kantor polisi, kantor kedutaan, dan rumah sakit untuk berjaga-jaga.

Baca Juga: 5 Hal Ini Berpotensi Bikin Kamu Gagal Traveling, Antisipasi

4. Manfaatkan transportasi umum

ilustrasi transportasi umum di Paris (unsplash.com/Rémi Bertogliati)

Sayang rasanya kalau menjelajahi Prancis tanpa menaiki transportasi umum. Sebab, sistem transportasi umum di negara ini bisa dibilang cukup baik dan saling terintegrasi. Ada sejumlah transum yang bisa kamu coba, seperti kereta, metro, bus, dan tram untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Di Paris, kamu bisa menggunakan metro yang cepat dan efisien untuk menjelajahi kota. Kalau kamu berencana untuk mengunjungi beberapa kota di Prancis, pertimbangkan untuk membeli tiket kereta antar kota seperti TGV (Train à Grande Vitesse) yang cepat dan nyaman. Selain memudahkan mobilitas, kamu juga bisa lebih hemat biaya. 

5. Menikmati kuliner lokal

ilustrasi cafe di Prancis (pexels.com/Caeli Team)

Prancis terkenal dengan kulinernya yang lezat. Cobalah berbagai makanan lokal, seperti croissant, baguette, dan berbagai jenis keju. Untuk menikmati cita rasa yang autentik, kamu bisa mampir ke patisserie atau kafe-kafe kecil hidden gem, yang gak begitu ramai wisatawan. Di sini, kamu bisa makan dan bersantai sambil mengamati suasana di sekitar.

Solo traveling di Prancis bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan kalau kamu mempersiapkannya dengan baik. Jangan lupa rencanakan perjalananmu, pelajari sedikit bahasa lokal, jaga keamanan, manfaatkan transportasi umum, dan nikmati kuliner lokal untuk pengalaman yang menyenangkan. Joyeuses fêtes!

Baca Juga: 8 Desa Terindah di Prancis yang Menyuguhkan Pemandangan Eksotis

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya