TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kenapa Orang Selalu Memilih Berlibur ke Tempat yang Sama

Gak bosan walau sudah berkali-kali

ilustrasi orang traveling (pexels.com/Tranmautritam)

Saat traveling, beberapa orang mungkin lebih tertarik menjelajahi tempat-tempat baru, di mana mereka bisa memanjakan mata dengan pesona alam yang memukau, menikmati kuliner khas di setiap daerah, dan memelajari budaya lokal. Namun, ada juga yang memilih berlibur di tempat yang sama untuk yang kesekian kalinya.

Mungkin muncul pertanyaan, apakah mereka gak merasa bosan? Ternyata, ada beberapa alasan yang membuat orang merasa nyaman walau berlibur ke destinasi yang itu-itu saja, seperti yang akan dijelaskan berikut ini. Kamu sendiri lebih suka mengeksplorasi tempat baru atau kembali ke tempat yang sama untuk liburan?

1. Punya kenangan indah yang membekas

ilustrasi orang berfoto saat liburan (unsplash.com/Mika Baumeister)

Beberapa tempat memiliki posisi spesial di hati kita. Mungkin di sana kamu bertemu si dia untuk pertama kalinya dan merangkai kisah romantis bersama di setiap sudut kota. Atau mungkin suatu tempat terasa berkesan karena kamu menghabiskan masa kecil bersama keluarga di sana. 

Kenangan-kenangan seperti ini membuat orang merasa terhubung secara emosional dengan tempat tersebut. Inilah yang mendorong mereka untuk kembali berkunjung agar bisa merasakan dan mengulang lagi kebahagiaannya.

2. Gak mau mengambil risiko

ilustrasi perempuan melakukan solo traveling (unsplash.com/Guilherme Stecanella)

Berlibur ke tempat baru pasti membutuhkan perencanaan matang. Dengan kata lain, kamu harus melakukan riset mendalam, baik lewat berbagai sumber di internet atau tanya-tanya pengalaman orang. Bagi mereka yang gak suka ribet dan lebih memilih liburan spontan, hal ini sebisa mungkin dihindari.

Terlebih jika liburannya dengan keluarga, yang tentu memerlukan lebih banyak persiapan. Makanya gak heran kalau mereka akan memilih tempat yang pasti-pasti aja. Sebab mereka sudah mengetahui seluk-beluk lokasi tersebut. Mulai dari hotel dan restoran, hingga tempat wisata yang suasananya sudah dipahami dengan baik.

Baca Juga: 9 Tips Packing untuk Liburan ke Pantai, Apa Saja yang Dibawa?

3. Punya daya tarik yang bikin candu

ilustrasi orang traveling (pexels.com/Andrei Tanase)

Tempat yang memiliki keindahan alam menakjubkan biasanya membuat banyak orang ingin kembali lagi. Misalnya, daerah pesisir yang dikelilingi pantai, lautan, dan pulau-pulau yang memesona seperti Raja Ampat, atau kawasan kaki gunung yang dipenuhi hutan dan perkebunan asri seperti Dieng.

Selain keindahannya, daya tarik yang unik dari setiap tempat juga mampu memikat orang untuk mengujunginya lagi. Sebagai contoh, kekayaan budaya dan sejarah yang kental di setiap sudut kota, wisata kuliner yang menggugah selera, hingga vibes khas yang tak bisa dirasakan di tempat lain.

4. Membantu merencanakan bujet dengan mudah

ilustrasi menghitung anggaran (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau kamu pernah berkunjung ke suatu tempat, kamu sudah memiliki gambaran berapa banyak uang yang harus disiapkan jika ingin berlibur ke sana lagi. Bahkan karena telah berpengalaman, kamu mungkin tahu trik dan strategi khusus agar liburannya lebih hemat.

Hal ini tentu akan memudahkanmu dalam merencanakan bujet dengan tepat. Kamu juga bisa mengantisipasi biaya-biaya tak terduga yang mungkin dibutuhkan selama traveling, seperti kenaikan harga akomodasi dan tempat wisata.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya