TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Menciptakan Liburan yang Terkonsep dengan Matang

Agar liburan lebih tenang dan menyenangkan

ilustrasi solo traveling (pexels.com/ArtHouse Studio)

Liburan menjadi cara yang efektif untuk memulihkan energi. Apalagi saat kita mengalami kelelahan setelah menyelesaikan padatnya kesibukan. Setiap orang tentu menginginkan liburan yang berkesan dan bermakna. Segala sesuatunya sudah terkonsep dengan matang sejak awal.

Tapi bisakah kita menciptakan liburan yang terkonsep dengan matang? Jawabannya sangat bisa. Semua kembali lagi dari cara kita dalam mengatur liburan. Baik dari segi perencanaan tujuan, tema liburan, termasuk juga anggaran. Dengan adanya deretan tips ini, saatnya menciptakan liburan yang sesuai dengan ekspektasi.

1. Menentukan tema liburan

ilustrasi traveling (pexels.com/Brady Knoll)

Liburan yang terkonsep dengan matang tentu menghadirkan keseruan. Bahkan kita ingin mengulangi liburan sedemikian rupa. Ternyata ini bergantung dari jenis tema liburan yang ditentukan. Sejak awal, kita harus mengetahui tema tersebut dengan jelas.

Memilih tema akan membantu kamu menentukan aktivitas, destinasi, dan jenis akomodasi. Untuk liburan yang bertema petualangan, kamu bisa memilih destinasi yang berkaitan dengan alam. Sedangkan untuk liburan yang bertema budaya, kamu bisa menjelajahi wisata sejarah maupun festival-festival yang sedang digelar.

2. Riset dan membuat itinerary

ilustrasi melihat maps (pexels.com/Pixabay)

Waktu luang kerap dimanfaatkan untuk berlibur guna menyegarkan pikiran. Kita mana bisa jelek dari padatnya kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Tentunya dengan harapan dapat memperoleh liburan yang bermakna. Tapi semua kembali lagi dari cara kita dalam mengkonsep liburan yang dipilih.

Bagaimana cara menciptakan liburan yang terkonsep dengan matang? Hal ini berkaitan dengan riset dan membuat itinerary. Rencanakan jadwal liburan yang detail, namun tetap fleksibel. Buat daftar kegiatan harian, tapi jangan padatkan terlalu banyak agar tetap bisa menikmati waktu santai.

3. Merencanakan anggaran yang diperlukan

ilustrasi uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Segala sesuatu yang kita lakukan tidak bisa dipisahkan dari uang. Hal ini juga berlaku saat kita ingin menikmati waktu luang dengan liburan. Usahakan untuk menciptakan liburan yang terkonsep dengan matang agar memperoleh pengalaman berkesan.

Dalam hal ini, penting bagi kita untuk merencanakan anggaran yang diperlukan. Sesuaikan rencana liburan dengan budget yang tersedia. Pisahkan dana untuk transportasi, akomodasi, biaya makan dan minum, sekaligus dana darurat untuk persiapan tidak terduga.

Baca Juga: 5 Tips Menentukan Durasi Liburan, Pertimbangkan Banyak Hal!

4. Lakukan pemesanan sejak awal

ilustrasi tiket (pexels.com/Torsten Dettlaff)

Liburan yang terkonsep dengan matang memang menjadi impian banyak orang. Setiap dari kita ternyata berhak menciptakan liburan yang bermakna. Tentunya ini dilakukan dengan mengikuti beberapa tips yang tepat.

Terutama dalam melakukan pemesanan sejak awal. Baik mengenai transportasi, akomodasi, dan tiket masuk dari jauh-jauh hari. Karena saat musim liburan tiba, bisa jadi harga akan melonjak tinggi. Atau mungkin kita akan kehabisan tiket karena banyaknya orang memesan dalam satu waktu yang sama.

5. Menentukan jenis transportasi yang sesuai

ilustrasi mengendarai sepeda motor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Transportasi menjadi bagian penting saat kita ingin berpindah ke suatu tempat. Tidak terkecuali saat kita sedang traveling. Dalam hal ini, penting menentukan jenis transportasi yang sesuai. Karena terdapat beberapa tempat yang tidak bisa diakses dengan jenis kendaraan tertentu.

Menentukan jenis transportasi menjadi salah satu tips menciptakan liburan yang terkonsep dengan matang. Jika tempat liburan masih dalam lingkup perkotaan, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan kendaraan umum seperti bus atau kereta. Tapi jika terletak di tempat yang terpencil, mungkin kamu membutuhkan transportasi roda dua.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya