TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Benda Esensial untuk Dibawa dalam Perjalanan Jauh

Jangan sampai perjalananmu menjadi mimpi buruk!

ilustrasi seseorang mengepak barang (pexels.com/Vlada Karpovich)

Siapa yang tidak suka bepergian? Dengan melakukan perjalanan jauh, kita bisa mengunjungi banyak tempat, mempelajari berbagai budaya asing, dan berkenalan dengan orang-orang baru. Bahkan jika kita harus melakukan perjalanan jauh karena urusan pendidikan atau pekerjaan, bepergian tetaplah menyenangkan.

Dalam melakukan perjalanan jauh, kita tidak bisa asal mengepak barang. Ada beberapa barang-barang penting yang harus diperhatikan agar tidak mengalami kesulitan dalam perjalanan. Apa saja benda itu? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Pakaian

ilustrasi seseorang mengepak barang (pexels.com/Vlada Karpovich)

Salah satu barang terpenting yang harus kamu bawa tentunya adalah pakaian. Hal pertama yang harus kamu ketahui saat mengepak pakaian adalah mengetahui tempat tujuanmu. Jangan sampai kamu membawa mantel tebal ke daerah tropis atau membawa pakaian kasual ke acara formal.

Selain itu, lebihkan sedikit pakaian yang kamu butuhkan sebanyak satu atau dua pakaian. Itu agar kamu masih memiliki cadangan ketika pakaian-pakaian utama sudah habis atau tidak bisa dipakai. Namun, jangan mengepak terlalu banyak baju, ya! Pastikan kamu masih memiliki ruang cadangan untuk barang-barang lain yang nanti akan dimasukkan.

2. Tas tambahan

beberapa tas kecil (pexels.com/ready made)

Perjalanan jauh biasanya diwarnai kejadian dan kebutuhan di luar dugaan. Bisa saja kamu sudah membawa beberapa tas, tapi ternyata tas-tas itu tidak cukup untuk membawa semua barang bawaanmu saat pulang. Karenanya, selalu sediakan tas tambahan bersamamu. Tas tambahan itu tidak perlu besar. Tas kecil yang dapat dilipat atau bahkan kantong plastik saja sudah cukup.

3. Obat-obatan

ilustrasi seseorang menggunakan obat (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Kamu harus selalu siap menghadapi semua keperluan di perjalanan. Itu termasuk ketika kamu atau orang yang bepergian bersamamu sakit. Meskipun sebelum perjalanan kamu merasa sehat, tetap tidak ada salahnya membawa obat-obatan.

Bawa semua keperluan medis yang kamu butuhkan seperti inhaler. Bawa juga obat-obat mendasar yaitu obat demam, obat maag, dan obat sakit kepala. Letakan semua barang-barang itu di tas yang mudah kamu raih ketika ada keadaan darurat. Hindari menaruh barang-barang esensial ini di koper yang sulit dibuka dan tidak selalu kamu bawa bepergian.

Baca Juga: 5 Strategi untuk Menghadapi Perjalanan Jauh dengan Nyaman

4. Perlengkapan mandi dan skincare

beberapa produk kecantikan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Memang, sekarang sebagian besar tempat penginapan sudah menyediakan perlengkapan mandi mendasar seperti sabun, sampo, dan sikat gigi. Namun, kamu harus tetap membawa perlengkapan mandimu sendiri. Ini untuk berjaga-jaga jika kamu tidak menemukan tempat penginapan yang menyediakan perlengkapan itu, perlengkapan mandi yang disediakan tidak bersih, atau bahkan jika kamu tidak menemukan tempat menginap sama sekali.

Kamu tidak perlu membawa sabun dalam jumlah banyak agar tidak memenuhi tasmu. Jika nanti kamu kehabisan, kamu masih bisa mengisi tempat sabun itu dengan membeli isinya di minimarket atau mengambil dari tempat penginapan. Kamu juga bisa membeli sikat gigi travel size. Jangan lupa untuk membawa produk skincare jika perlu dan tisu.

5. Uang dan dompet

ilustrasi orang memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tentu saja perjalanan tidak akan bisa dilakukan tanpa membawa uang ataupun dompet. Hindari menaruh semua uang tunai dalam satu tempat. Sebar ke beberapa lokasi seperti di dalam dompet, di dalam kantong ransel, hingga tersembunyi di dalam koper. Selain itu, cek apakah semua kartu berhargamu sudah masuk ke dalam dompet termasuk KTP, kartu ATM, dan SIM.

Verified Writer

Helmi Elena

Writer | Reader | Cat lover Yuk, mengobrol dengan saya di Instagram @coffeeandgraphite

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya