TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengambil Foto saat Traveling, Ketahui Aturannya!

Kamu tidak bisa sembarangan mengambil foto saat liburan

ilustrasi memotret gambar (unsplash.com/Marco Xu)

Mengambil foto pada saat traveling memang menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bagaimana pun juga kamu harus mengabadikan setiap momen yang dikunjungi agar nantinya bisa menjadi kenang-kenangan yang dapat kamu lihat kembali apabila merindukan masa-masa tersebut.

Ternyata eurofia untuk mengambil foto tidak bisa dilakukan sembarangan karena ada berbagai hal yang juga perlu kamu perhatikan, sehingga tidak sampai berdampak buruk untuk dirimu sendiri atau pun orang lain. Oleh sebab itu, ada beberapa tips dan aturan berikut ini yang mungkin perlu kamu perhatikan ketika mengambil gambar pada saat traveling.

1. Hormati privasi orang lain

ilustrasi turis (pexels.com/Clem Onojeghuo)

Pada saat mengunjungi tempat-tempat tertentu mungkin kamu sangat ingin mengabadikan momen yang ada, namun hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Setiap tempat pasti memiliki norma dan kebiasaan yang berbeda, termasuk mengenai privasi yang perlu kamu hormati dan hargai.

Sebelum mengambil foto lain, khususnya di tempat yang memiliki budaya berbeda, maka pastikan kamu meminta izin terlebih dahulu. Di beberapa negara ternyata orang mungkin merasa tidak nyaman atau bahkan tersinggung jika di foto tanpa izin, sehingga sangat penting untuk menghormati privasi mereka sebagai cara dalam menghargai budaya setempat.

2. Tidak mengganggu lingkungan atau objek foto yang ada

ilustrasi memotret gambar (unsplash.com/Annie Spratt)

Banyak orang yang mungkin ingin memperoleh hasil foto yang sempurna, namun sering kali mengabaikan hal-hal yang ada di sekitar. Biasanya ini sering terjadi pada saat seseorang mengunjungi destinasi alam sehingga justru menimbulkan kerusakan yang sudah pasti akan merugikan bagi banyak orang.

Hindari mengambil gambar sampai merusak alam atau pun merusak situs bersejarah, seperti misalnya memetik bunga liar atau pun mendaki di area yang terlarang. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan bahaya tersendiri dan kamu juga bisa memperoleh konsekuensi terhadap tindakan yang dilakukan, sehingga harus dihindari dengan seksama.

Baca Juga: 5 Kendala Ini Biasa Terjadi saat Traveling, Harus Antisipasi! 

3. Mengikuti aturan setempat mengenai etika fotografi

ilustrasi mengambil foto (unsplash.com/Jakob Owens)

Satu hal penting yang mungkin perlu kamu perhatikan pada saat mengambil foto ketika liburan adalah dengan mengikuti aturan setempat. Memang biasanya beberapa tempat memiliki aturan yang cukup ketat mengenai izin untuk mengambil foto, khususnya ketika berada di museum, area militer, hingga situs keagamaan.

Mungkin sebelum kamu mengeluarkan kamera, maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tanda atau pun aturan yang mungkin melarang pengambilan foto di area tersebut. Jika kamu sampai mengabaikan aturan yang ada maka bisa dianggap tidak sopan atau ilegal, sehingga bisa mendapatkan hukuman atau pun denda.

4. Manfaatkan pencahayaan alami secara maksimal

ilustrasi solo traveler (unsplash.com/Arthur Yeti)

Pada saat mengambil gambar mungkin kamu harus memperhatikan soal pencahayaan yang diperlukan. Tentunya pencahayaan memainkan peran untuk menghasilkan foto yang bagus, sehingga kamu juga perlu memperhatikan aspek satu ini, termasuk pada saat berada di dalam atau di luar ruangan.

Hindari mengambil foto di bawah sinar Matahari yang terlalu terang dan kamu juga perlu meminimalisir penggunaan flash, apalagi ketika berada di tempat umum. Coba memanfaatkan cahaya alami pada saat Matahari sedang rendah atau golden hour dan gunakan teknik-teknik khusus untuk menciptakan komposisi yang seimbang, sehingga menghasilkan foto yang lebih menarik.

Verified Writer

Finley Shin

Tetap semangat dalam menebar kebaikan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya