TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Hindari Kelelahan saat Naik Pesawat Malam Hari, Cegah Jet Lag

Risiko jet lag akan semakin besar, jika mengalami kelelahan

ilustrasi pesawat (pexels.com/Skitterphoto)

Kelelahan pada saat naik pesawat di malam hari mungkin menjadi satu hal yang sering dialami oleh banyak orang. Alasannya tentu saja karena memang waktu malam biasanya digunakan untuk beristirahat. Namun, proses istirahat yang dilakukan di pesawat kadang kala tidak bisa dilakukan dengan benar-benar nyaman.

Perlu dipahami bahwa Kelelahan yang terjadi pada saat naik pesawat bisa memicu risiko jet lag yang mungkin terjadi, khususnya saat berpergian ke luar negeri. Oleh karena itu, cobalah menghindari risiko kelelahan pada saat naik pesawat di malam hari dengan beberapa tips berikut ini agar lebih aman.

1. Mengenakan pakaian yang nyaman

ilustrasi bandara (pexels.com/Victor Freitas)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengenakan pakaian yang nyaman pada saat akan naik pesawat. Ternyata mengenakan pakaian yang nyaman akan sangat mempengaruhi caramu dalam beristirahat, sebab pakaian tersebut tidak akan mengganggumu ketika waktu tidur di dalam pesawat nanti.

Sebaiknya kamu dapat menghindari pakaian yang terlalu ketat atau pun celana jeans yang mungkin akan menyulitkanmu ketika bergerak. Cukup kenakan pakaian yang menurutmu nyaman untuk dipakai tidur agar kamu tidak merasa waktu istirahatmu terganggu.

2. Manfaatkan penerbangan untuk tidur

ilustrasi pesawat (pexels.com/Gratisography)

Jika memang kamu harus mendapatkan pesawat malam, maka hal penting yang bisa kamu lakukan adalah tidur. Bagaimana pun juga aktivitas tidur ini penting agar nantinya kamu tidak sampai mengalami kelelahan yang parah dan justru berdampak pada kondisi tubuh yang mudah ngedrop, khususnya risiko terkena jet lag.

Kamu tetap harus berusaha untuk tidur ketika berada dalam pesawat, sehingga nantinya kamu bisa bangun dengan kondisi tubuh yang lebih segar dan tidak mudah mengalami kelelahan. Oleh sebab itu, jangan sampai justru penerbangan malammu diisi dengan aktivitas-aktivitas lain yang membuatmu jadi kurang tidur.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui saat Pertama Kali Naik Pesawat Kelas Bisnis

3. Mengonsumsi makanan yang cukup dan tepat

ilustrasi makanan di pesawat (pixabay.com/mariohagen)

Satu hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika menaiki pesawat malam adalah tidak mengonsumsi makanan yang sembarangan. Jika memang pesawatmu menyediakan makanan selama penerbangan, maka pilihlah makanan yang sekiranya aman dan tidak mengandung santan atau pun alkohol.

Jika kamu menaiki pesawat low budget yang tidak memberikan makanan selama penerbangan, maka usahakan untuk makan terlebih dahulu sebelum naik pesawat. Jangan sampai membiarkan perutmu kosong, karena bisa meningkatkan risiko mabuk udara dan pada akhirnya sulit tidur.

4. Kenakan headphone untuk kenyamanan

ilustrasi headphone (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pada saat naik pesawat mungkin kamu akan mendengar banyak suara-suara dengung dari mesin pesawat yang dihasilkan. Hal ini sering kali membuatmu jadi sulit untuk tidur dengan nyaman, sehingga waktu tidur pun jadi terasa terganggu karena suara berisik tersebut.

Kamu setidaknya bisa mencoba mengenakan headphone yang nyaman di telinga agar bisa menjauhkan suara-suara yang mengganggumu. Cara ini cukup efektif agar kamu bisa tidur dengan lebih nyaman, sehingga tidak merasa terganggu dengan suara mesin pesawat yang terdengar.

Verified Writer

Finley Shin

Tetap semangat dalam menebar kebaikan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya