TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips biar Gak Tertahan di Imigrasi Bandara saat Traveling

Liburanmu bisa berantakan karena masalah imigrasi

ilustrasi imigrasi (unsplash.com/Tomek Baginski)

Perjalanan internasional dapat menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan bagi banyak orang, apalagi jika melakukannya untuk traveling. Namun, perjalanan internasional tetap harus melewati proses imigrasi yang menjadi momen paling menegangkan bagi beberapa orang, karena tertahan apabila ada sesuatu yang dianggap kurang tepat.

Banyak faktor yang mungkin bisa menyebabkan seseorang tertahan di imigrasi, dari masalah dokumen, hingga hal-hal kecil seperti perilaku. Untuk memastikan perjalananmu berjalan lancar dan gak tertahan di imigrasi, beberapa tips ini bisa dilakukan.

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Penipuan Online Mengatasnamakan Imigrasi

1. Dokumen perjalanan harus lengkap

ilustrasi paspor (unsplash.com/Levi Ventura)

Salah satu alasan seseorang bisa tahan imigrasi bisa diakibatkan karena dokumen perjalanan tidak lengkap atau tidak valid. Tidak mengherankan apabila kamu harus mengecek semua dokumen tersebut, termasuk memastikan bahwa paspor yang kamu gunakan masih berlaku setidaknya enam bulan setelah tanggal kembali.

Kamu perlu pula memastikan sisa apabila memang diperlukan untuk mengunjungi negara tertentu, sehingga jangan sampai ada yang kurang memastikan berbagai dokumen tambahan, seperti tiket pulang pergi, bukti pemesanan akomodasi, hingga asuransi perjalanan. Mungkin saja akan diminta oleh petugas imigrasi, sehingga kamu harus mengumpulkannya di suatu tempat agar mudah saat diminta untuk menunjukkan.

2. Periksa syarat masuk ke negara tujuan

ilustrasi paspor (pexels.com/Jon Tyson)

Kamu harus lebih cermat dalam memperhatikan syarat masuk ke negara tujuan karena biasanya akan berbeda-beda, sehingga jangan sampai ada tertinggal. Beberapa negara mungkin ada yang memiliki persyaratan khusus, seperti bukti vaksinasi, formulir imigrasi yang harus diisi sebelumnya, hingga sertifikat kesehatan yang perlu kamu lampirkan.

Jika memang kamu sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta untuk masuk ke negara tujuan, maka risiko tertahan di imigrasi pun bisa dihindari. Jangan lupa untuk mengunjungi situs web resmi atau pun menghubungi kedutaan negara tujuan agar bisa mendapatkan informasi terbaru.

3. Jaga sikap dan perilaku dengan baik

ilustrasi bandara (pexels.com/Anna Shvets)

Banyak orang yang ditahan petugas imigrasi karena tidak bisa menjaga sikap dan perilakunya. Memang sikap dan perilaku ini bisa menjadi salah satu hal yang akan sangat berpengaruh pada saat bertemu dengan petugas imigrasi, sehingga kamu harus berusaha tetap sopan, tenang, dan koperatif selama berbicara dengan mereka.

Hindarilah bercanda tentang hal-hal yang sensitif, seperti keamanan atau hukum setempat. Jangan menggunakan ponsel, selalu berusaha mengikuti instruksi yang ada, karena petugas imigrasi dilatih mendeteksi tanda-tanda perilaku mencurigakan.

Baca Juga: 5 Tips jika Tertahan di Imigrasi Bandara, Jangan Panik!

4. Bawa bukti tujuan perjalanan dengan lengkap

ilustrasi bandara (pexels.com/Victor Freitas)

Bukti perjalanan yang perlu kamu bawa ternyata bukan hanya berkaitan dengan paspor, visa, atau bukti akomodasi yang telah dipesan sebelumnya. Ada beberapa kasus di mana kamu juga harus melampirkan bukti tujuan perjalanan yang jelas, seperti untuk bekerja, belajar, hingga mengunjungi keluarga, agar nantinya tidak dicurigai pihak imigrasi.

Kamu bisa membawa surat undangan dari perusahaan atau institusi pendidikan apabila memang ke negara tersebut untuk keperluan bisnis hingga belajar. Selain itu, coba pahami bukti apa saja yang memang diperlukan apabila kamu akan ke negara tersebut untuk tujuan liburan agar nantinya tidak sampai tertahan di bagian imigrasi yang ada di sana.

Verified Writer

Finley Shin

Tetap semangat dalam menebar kebaikan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya