TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bertemu Hewan Liar saat Mendaki? Hindari Melakukan 5 Hal Ini

Kesalahan saat bertemu hewan liar bisa menyebabkan bahaya

ilustrasi mendaki (unsplash.com/Carlos)

Mendaki gunung mungkin menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang merupakan pencinta alam. Memang biasanya aktivitas pendakian ini harus melalui berbagai macam medan dengan kondisi yang berbeda-beda, bahkan termasuk alam liar sekali pun.

Bukan tidak mungkin jika proses pendakian membuat orang-orang jadi bertemu dengan hewan liar, seperti misalnya ular, babi hutan, beruang, bahkan harimau sekali pun. Jika kamu sampai tidak sengaja bertemu dengan hewan liar ketika mendaki, maka hindarilah melakukan beberapa hal berikut ini demi keselamatanmu.

1. Berusaha menyentuh anak dari hewan liar

ilustrasi bayi singa (unsplash.com/Kurt Cotoaga)

Satu hal yang mungkin perlu kamu ingat pada saat mendaki adalah tidak boleh menyentuh hewan sembarangan. Mungkin pada saat proses pendakian kamu menemukan adanya telur-telur hewan atau pun anak dari hewan liar yang sedang sendirian, sehingga ada baiknya dihindari saja.

Mungkin tidak sedikit orang yang justru memiliki rasa penasaran dan berusaha ingin menyentuh anak dari hewan liar tersebut. Padahal jika kamu sembarangan dalam menyentuh anak dari hewan liar, maka induknya biasanya akan jauh lebih agresif dan menganggapmu sebagai ancaman baginya.

2. Menunjukkan rasa panik secara berlebih

ilustrasi mendaki gunung (pexels.com/Eric Sanman)

Tidak dapat dimungkiri bahwa semua orang pasti merasa panik, apabila tidak sengaja bertemu dengan hewan liar. Sangat penting rasanya untuk mampu menutupi rasa panik yang dimiliki agar nantinya tidak sampai menyebabkan bahaya.

Kamu mungkin perlu benar-benar mengontrol diri agar tidak sampai melakukan hal-hal yang justru dapat membahayakan keselamatanmu. Sebaiknya hindarilah hewan liar tersebut secara perlahan hingga kamu benar-benar bisa menjaga jarak dari mereka.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tak Mendaki Gunung Sendirian, Demi Keselamatan!

3. Langsung berlari

ilustrasi mendaki gunung (pexels.com/Nina Uhlikova)

Kesalahan lain yang sering sekali dilakukan oleh banyak orang ketika tidak sengaja bertemu hewan liar adalah langsung berlari. Kamu perlu tahu bahwa pilihan untuk langsung berlari justru bisa menjadi tindakan keliru yang bisa mengancam keselamatan jiwamu.

Ada hewan-hewan seperti beruang atau pun harimau yang tidak boleh sampai kamu punggung bumi posisinya, sebab mereka akan menganggapmu sebagai mangsanya. Posisi berlari tentu akan membuatmu secara otomatis membendungi mereka, sehingga memudahkan mereka untuk menyerang bagian lehermu dan hal ini jelas berbahaya.

4. Melakukan tindakan provokatif

ilustrasi mendaki gunung (pexels.com/Robert Forever Ago)

Bertemu dengan hewan liar ketika mendaki merupakan satu hal yang sangat berbahaya, meski mungkin kamu sudah pernah mengalami hal ini sebelumnya. Kamu tentunya perlu paham bahwa menghadapi hewan liar tidak bisa dilakukan sembarangan.

Hindarilah melakukan hal-hal bodoh seperti tindakan provokatif yang mungkin dapat memicu amarah dari hewan liar tersebut. Jangan sampai justru kamu menjadi target mangsanya karena tindakan provokatif yang dilakukan terhadap hewan itu.

Verified Writer

Finley Shin

Tetap semangat dalam menebar kebaikan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya