TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Powerbank Harus Dibawa ke Kabin? Begini Alasannya!

Mengurangi risiko korsteling dan terbakar

ilustrasi powerbank dan handphone (freepik.com/xb100)

Powerbank termasuk barang penting yang perlu dibawa saat traveling bagi sejumlah pelancong. Terutama ketika harus menempuh perjalanan jauh dengan naik pesawat terbang. Keberadaannya berguna untuk menjaga perangkat tetap terisi daya.

Sayangnya, membawa powerbank ke dalam pesawat terbang tidak bisa sembarangan. Terdapat peraturan khusus yang harus dipatuhi para penumpang. Salah satu aturannya, yakni menyimpan powerbank di bagian kabin pesawat.

Kenapa powerbank harus dibawa ke kabin? Berikut beberapa alasannya yang perlu kamu pahami! 

1. Risiko korsleting dan kebakaran

ilustrasi powerbank rusak (vecteezy.com/galusdesign)

JPowerbank hanya boleh disimpan di dalam tas jinjing yang dapat diletakkan di kabin pesawat, bukan koper yang lebih besar. Pasalnya, powerbank menggunakan baterai lithium-ion yang dapat terbakar, jika tidak digunakan dengan benar atau mengalami kerusakan.

Kebakaran dalam pesawat terbang dapat menimbulkan masalah serius, karena lebih sulit dipadamkan dan menyebar dengan cepat. Tak hanya itu, powerbank juga dapat mengalami arus pendek dan korsleting selama penerbangan.

Powerbank yang terlalu panas dapat memicu kebakaran, apalagi kalau kabin pesawat cukup sempit. Jadi, penyimpanan powerbank yang tepat dapat mengurangi risiko kebakaran di dalam pesawat.

2. Lebih mudah dipantau

ilustrasi lorong pesawat (pexels.com/kelly)

Alasan lainnya, karena powerbank harus diletakkan di dalam kabin yang artinya menjadi satu dengan area penumpang dan membuatnya mudah dipantau. Jika terjadi korsleting dan kebakaran, maka lebih cepat terdeteksi.

Pramugari dan staf layanan pun bisa segera bertindak untuk menangani masalah tersebut. Penyimpanan powerbank di kabin pun membuat penumpang tetap memiliki akses langsung untuk menggunakan perangkatnya.

Hal ini juga memungkinkan mereka memantau secara pribadi kondisi powerbank, serta menghindari potensi munculnya masalah selama penerbangan. Termasuk juga sebagai langkah preventif untuk menjaga keselamatan penerbangan saat membawa perangkat elektronik yang menggunakan baterai.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Bikin Powerbank Gampang Rusak, Jangan Diulangi!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya