TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Etika Menginap di Glamping yang Perlu Kamu Tahu

Biar liburanmu menyenangkan dan nyaman

Ilustrasi orang menginap di tempat glamping (unsplash.com/lucija_ros)

Glamping alias glamorous camping merupakan salah satu aktivitas luar ruangan (outdoor) yang disukai banyak orang dalam beberapa tahun terakhir. Saat menginap di glamping, kamu akan mendapatkan pengalaman unik yang tak terlupakan, yakni camping atau berkemah di alam terbuka, tetapi kenyamanannya sama seperti menginap di hotel proper.

Lokasi glamping biasanya berada di tengah alam. Beberapa fasilitasnya digunakan berbarengan atau sharing dengan tamu lain, seperti dapur dan toilet. Tentunya ada tamu lain yang menginap, bukan kita saja, sehingga kita perlu memahami etika dan aturan saat menginap di glamping. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Mematuhi aturan yang berlaku

Ilustrasi tempat glamping di tengah hutan (unsplash.com/kylejglenn)

Setiap lokasi glamping biasanya memiliki aturan tersendiri. Sebelum memesannya, sebaiknya kamu dan rombongan yang akan ikut menginap sudah membaca dan memahami aturan-aturan yang telah ditetapkan pengelolaBegitu pula saat sudah sampai di lokasi, kamu harus menaatinya dengan baik.

Aturan tersebut biasanya mencakup perihal waktu checkin dan checkout, penggunaan barang-barang di dalam tenda, jam malam, area mana saja yang boleh diakses, hal-hal yang harus dihindari, penggunaan api unggun, dan sebagainya. 

2. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Ilustrasi tempat glamping (unsplash.com/jonasduecker)

Lokasi glamping biasanya ada di tempat-tempat yang alami, jauh dari hiruk-pikuk kota, udaranya masih sangat segar, dengan pemandangan yang sangat indah. Karena hal itu, kamu harus turut menjaga keindahan dan kebersihan di lingkungan sekitarnya.

Caranya pun cukup mudah. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya, mandi dan buang air di tempat yang disediakan, tidak merokok atau melakukan aktivitas yang bisa merusak kualitas udara, tidak menyalakan kembang api atau menerbangkan lampion yang berpotensi mengganggu satwa lain, serta tidak merusak tanaman di sekitar tempat menginap.

3. Menjaga ketertiban bersama

Ilustrasi glamping bersama teman (unsplash.com/blakewisz)

Biasanya, dalam satu kompleks tempat glamping, ada beberapa tenda atau tempat menginap. Artinya, kamu tidak sendirian di sana. Demi kenyamanan bersama, sebaiknya kamu turut serta menjaga ketertiban.

Hindari berbicara terlalu kencang atau bahkan berteriak, menyalakan musik yang terlalu kencang, menimbulkan suara-suara bising, hingga melemparkan atau membuang sesuatu ke tenda orang lain. Jika orang lain terganggu, bisa-bisa dia marah dan liburanmu pun jadi tidak nyaman.

4. Menghormati privasi orang lain

Ilustrasi tenda glamping (unsplash.com/jimmy_conover)

Poin ini masih berkaitan dengan poin nomor tiga. Selain menjaga ketertiban demi kenyamanan bersama, kamu pun wajib menghormati privasi orang lain atau tamu yang menginap di sana. Kamu boleh bersosialisasi dengan mereka, tetapi seperlunya saja dan jangan sok akrab, apalagi kepo dengan urusannya.

Setiap tenda glamping pun memiliki areanya masing-masing. Sebaiknya, kamu tidak memasuki area tenda orang lain tanpa izin, terutama pada malam hari. Kalau sekiranya mau minta bantuan atau dalam keadaan darurat, kamu bisa minta tolong dengan menggunakan kalimat dan sikap yang sopan.

Baca Juga: [QUIZ] Pilih Glamping atau Camping, Ini Wisata di Bandung yang Wajib Kamu Datangi

5. Menggunakan sumber daya dengan bijak

Ilustrasi glamping di alam terbuka (unsplash.com/chrisholder)

Apabila lokasi glamping berada di tempat terpencil, biasanya sumber dayanya agak terbatas. Kamu harus menggunakannya dengan bijak. Misalnya menggunakan air, serta menyalakan lampu dan peralatan elektronik lain seperlunya saja. 

Dalam hal makanan, kamu juga harus menyiapkannya sendiri, terutama makan malam. Meski ada tempat glamping yang menyediakan makan malam, tak jarang kamu akan merasa lapar lagi. Siapkan camilan ringan dan sehat untuk disantap saat perut tiba-tiba keroncongan.  

6. Menjaga fasilitas di tempat glamping

Ilustrasi fasilitas di tempat glamping (unsplash.com/@nerissa_j_photography)

Semua fasilitas yang ada atau disediakan di tempat glamping merupakan milik pengelola. Sebagai tamu atau penyewa, kamu memiliki tanggung jawab penuh untuk menjaga fasilitas tersebut, agar tetap dalam kondisi baik dan sama saat kamu datang hingga pulang nanti.

Jika ada kerusakan atau kendala saat hendak digunakan, sebaiknya kamu langsung menghubungi pengelolanya. Tak jarang pengelola juga menyediakan kompor dan peralatan masak. Jika selesai digunakan, sebaiknya langsung dicuci dan dikembalikan ke tempat penyimpanannya. Jangan dibiarkan berantakan, ya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya