TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Etika dan Aturan Berenang di Hotel, Jangan Asal Nyemplung!

Mulai dari pakaian hingga penggunaan handuk

Ilustrasi kolam renang di hotel (unsplash.com/ahungryblonde_)

Salah satu fasilitas gratis yang bisa dinikmati tamu hotel adalah kolam renang. Di sela-sela liburan atau kegiatan lain, tamu bisa menyegarkan pikiran dengan berenang di kolam tersebut. Kalau membawa keluarga dan anak-anak, kolam renang hotel bisa menjadi tempat istimewa untuk quality time.

Mengingat kolam renang hotel adalah tempat umum, ada beberapa aturan serta etika yang perlu dipahami dan ditaati tamu yang akan berenang. Tujuannya demi kenyamanan diri sendiri maupun tamu lainnya. Berikut beberapa etika berenang di hotel yang perlu kita pahami.

1. Mengenakan pakaian renang yang tepat

Ilustrasi pakaian renang (unsplash.com/chrisjoelcampbell)

Etika berenang di kolam renang hotel yang pertama adalah mengenakan pakaian renang yang tepat dan sesuai. Jangan asal nyemplung dengan mengenakan kaos dan celana sehari-hari, atau bahkan pakaian tidur. Bahan-bahan dari pakaian tersebut akan menjadi berat di dalam air, sehingga kamu tidak bisa bergerak dengan nyaman saat berenang.

Sementara itu, pakaian renang terbuat dari bahan khusus dan dirancang dengan teliti. Tujuannya agar nyaman di badan, ringan saat digunakan di dalam air, dan tidak mencemari air di kolam. Kamu bebas mengenakan pakaian renang model apa pun, seperti bikini (one piece atau two pieces) hingga burkini (pakaian renang khusus muslimah). 

2. Membasuh tubuh sebelum masuk ke kolam renang

Ilustrasi memabsuh tubuh sebelum berenang (unsplash.com/johnfo)

Hal penting yang sering dilupakan para tamu adalah membasuh tubuh sebelum menceburkan diri ke kolam renang. Kegiatan ini terlihat sepele, tapi sebenarnya dampaknya besar, lho.

Kalau langsung masuk dalam keadaan tubuh kotor dan berkeringat, hal tersebut dapat mengontaminasi air di kolam renang. Kamu bisa menggunakan shower bilas yang biasanya disediakan tak jauh dari kolam renang.

Pastikan semua anggota tubuhmu sudah tersiram air dengan baik, tidak ada kotoran yang menempel, tidak dalam keadaan berkeringat, serta menghapus semua produk kosmetik di wajah maupun badan. Baju renang juga bisa langsung dipakai saat membasuh tubuh ini, supaya sekalian bersih.

3. Jangan mengklaim kursi santai

Ilustrasi kolam renang dengan kursi santai (unsplash.com/thesustainabletraveller)

Di tepi kolam renang hotel, biasanya tersedia kursi panjang yang bisa digunakan siapa pun untuk duduk dan bersantai. Biasanya, para tamu yang berenang meletakkan barang-barang, seperti handuk dan pakaian ganti, di kursi tersebut sebagai bentuk "klaim kepemilikan," agar tidak ditempati orang lain.

Sebaiknya, hal tersebut jangan diulangi lagi, ya! Ada banyak orang yang ingin duduk dan bersantai di kursi tersebut.

Selain itu, barang-barangmu bisa hilang atau diambil orang tak bertanggung jawab kalau meletakannya di kursi panjang tanpa pengawasanmu. Kamu bisa menitipkan handuk, pakaian ganti, dan barang-barang lainnya di loker yang tersedia. 

4. Hindari membawa makanan dan minuman ke kolam renang

Ilustrasi makanan dan minuman di tepi kolam renang (unsplash.com/enginakyurt)

Sebagai tamu, kamu harus ikut menjaga kebersihan di sekitar kolam renang. Salah satunya dengan cara tidak membawa makanan dan minuman ke kolam renang, atau bahkan menikmatinya di dalam air.

Remah-remah makanan dan tumpahan minuman bisa mencemari air kolam, atau membuat serangga tertarik untuk mendekatinya.

Kalau ingin makan dan minum, sebaiknya selesaikan aktivitas renang terlebih dahulu dan makan di tempat yang telah disediakan. Misalnya seperti restoran, kafe, atau memesan layanan makan di dalam kamar. 

Baca Juga: 5 Etika Makan Cake saat Jamuan Formal, Simpel dan Tetap Elegan

5. Jangan berteriak dan berlarian di kolam renang

Ilustrasi berteriak saat berenang (unsplash.com/jakobowens1)

Umumnya, para tamu yang berenang di hotel ini merasakan kenyamanan dan ketenangan di sela-sela aktivitas atau liburannya. Kamu pastinya juga sama, kan?

Agar sama-sama nyaman, hindari berbicara dengan suara keras, atau bahkan berteriak saat berenang atau berada di sekitar kolam renang hotel, kecuali saat kolam tersebut memang digunakan untuk pesta.

Selain itu, sebaiknya juga jangan berlarian di tepi kolam renang, karena kondisinya licin. Kamu bisa membahayakan dirimu sendiri dan tamu lain yang ada di sana. Misalnya terpeleset dan jatuh ke lantai yang keras.

6. Jangan menggunakan kolam renang sebagai toilet

Ilustrasi berenang di kolam renang hotel (unsplash.com/pzopro)

Jika sudah ingin buang air kecil atau buang air besar, sebaiknya kamu langsung keluar dari kolam renang dan menuju toilet. Biasanya, di sekitar kolam renang ada toilet, sekaligus tempat bilas yang bisa digunakan. Jangan buang air di kolam renang, ya!

Hal ini sering dianggap sepele oleh sebagian besar orang. Dengan alasan tidak tahan lagi dan "tanggung," sehingga mereka langsung pipis di dalam kolam. Selain tidak terpuji, buang air di kolam renang bisa mencemari dan mengontaminasi air. Akibatnya pun tidak main-main, salah satunya iritasi pada kulit, mata, hingga masalah pencernaan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya