TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Naik Trans Jogja dan Tipsnya, Catat agar Tidak Bingung ya!

Kuncinya selalu memperhatikan segala informasi yang ada

Bus Transjogja (instagram.com/ahmess)

Sekarang, bagi kamu yang ingin mengelilingi Yogyakarta, sudah bisa melakukannya dengan mudah dan nyaman menggunakan Bus Trans Jogja. Sistem transportasi bus ini telah terintegrasi di kota Jogja dan Trans Jogja menawarkan rute yang mencakup berbagai destinasi penting di Yogyakarta, mulai dari pusat kota hingga daerah pinggiran.

Dengan biaya yang terjangkau dan layanan yang teratur, tak mengherankan jika Trans Jogja menjadi pilihan favorit bagi wisatawan maupun penduduk lokal. Tertarik untuk mencobanya? Maka penting bagi kamu untuk mengetahui cara naik Trans Jogja dan beberapa tips praktis melalui informasi di bawah ini agar perjalananmu lebih lancar.

1. Mencari dan memilih rute serta halte yang akan menjadi tujuan

Bus Transjogja (instagram.com/ahmess)

Ketika menggunakan Trans Jogja, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari dan memilih rute serta halte yang akan menjadi tujuan. Bus Trans Jogja memiliki rute dan jadwal kedatangan yang cukup beragam sehingga untuk mempermudah hal ini kamu dapat mengakses informasi tersebut melalui situs website resmi, akun Instagram resmi @transjogja_official, maupun aplikasi online Trans Jogja.

Di sana, kamu akan menemukan peta dengan rute serta gambaran lengkap mengenai koridor-koridor yang dilalui oleh Bus Trans Jogja. Agar perjalananmu lebih efisien, usahakan untuk memilih halte terdekat yang akan menjadi tujuan, perhatikan juga rute yang dilewati bus, dan pastikan halte tersebut dekat dengan tempat yang ingin kamu kunjungi.

Setiap koridor Trans Jogja memiliki halte-halte strategis yang dekat dengan berbagai tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan area penting lainnya di Yogyakarta. Perlu diingat juga bahwa Trans Jogja beroperasi mulai pukul 05.30 WIB melalui halte 1B, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, 6A, 6B, 7, 8, 9, 10, 11, 13, 14, 15, dan berakhir di halte terdekat pada pukul 21.30 WIB.

2. Mempersiapkan kartu e-money untuk membayar tarif perjalanan

Ilustrasi seseorang mempersiapkan kartu e-money (pexels.com/Leeloo The First)

Bagi kamu yang memanfaatkan layanan Trans Jogja untuk berkeliling Kota Yogyakarta, sebaiknya menggunakan kartu e-money sebagai alat pembayaran agar lebih praktis. Kartu e-money yang bisa digunakan termasuk kartu dari Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, serta transaksi non-tunai menggunakan GoPay atau LinkAja.

Dengan menggunakan kartu e-money, proses pembayaran menjadi lebih cepat dan efisien, tanpa perlu mencari uang tunai atau menunggu kembalian. Selain kartu e-money, Trans Jogja juga menyediakan kartu berlangganan yang bisa dibeli di Halte Terminal Jombor, Halte Bandara Adisucipto, Halte Taman Pintar, dan Halte Ambarukmo Plaza.

Bus Trans Jogja juga masih menyediakan opsi pembayaran tunai, lho. Namun, jika memilih pembayaran tunai, kamu hanya bisa melakukannya di halte yang memiliki petugas atau di dalam bus untuk rute 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, 6A, 6B, 7, 8, 9, 10, dan 11, apabila halte tidak memiliki seorang petugas.

Baca Juga: Ide Itinerary Wisata Sehari Keliling Kota Naik Trans Jogja

3. Memastikan kembali bahwa halte pemberangkatan dan pemberhentian sudah benar

Ilustrasi orang-orang hendak naik bus (pexels.com/Lê Minh)

Setelah kamu menyelesaikan seluruh persiapan, pastikan juga sebelum naik ke dalam bus bahwa halte tempat kamu berangkat telah benar, dengan memeriksa papan informasi yang tersedia di halte. Saat naik bus, kamu hanya perlu men-tap kartu e-money di mesin pembaca yang tersedia di pintu masuk untuk mengurangi saldo sebagai tarif perjalanan.

Dilansir dari akun Instagram resmi @transjogja_official, mulai dari 01 Januari 2024, tarif Trans Jogja menjadi Rp3.600 untuk pembayaran menggunakan QRIS, Rp2.700 untuk pembayaran melalui e-wallet atau e-money, dan Rp60 melalui pembayaran khusus kartu pelajar.

Selama perjalanan, kamu hanya tinggal duduk menikmati perjalanan hingga sampai di halte tujuan yang sesuai dengan rute yang kamu pilih. Untuk memastikan tidak melewatkan halte tujuan, perhatikan terus informasi rute dan tujuan yang ditampilkan di layar bagian depan maupun samping saat berada di dalam Bus Trans Jogja.

Verified Writer

Elvina Ekaningtyas Damayanti

@elvina.ekd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya