TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara ke IKN dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan

Kini, aksesibilitas jalannya semakin mudah

Ilustrasi bandara di Indonesia (pexels.com/Tanathip Rattanatum)

Sebagai pusat pemerintahan masa depan Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur kini menjadi destinasi penting yang banyak dikunjungi. Banyak orang datang untuk berbagai keperluan, mulai dari urusan bisnis, kunjungan resmi, hingga sekadar berwisata, terutama menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara paling efektif untuk mencapai IKN dari berbagai kota, terutama Balikpapan. Bagi kamu yang tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, penting untuk mengetahui opsi transportasi terbaik agar bisa tiba di IKN.

Untuk membantumu merencanakan perjalanan dengan lebih baik dan memastikan pengalaman yang nyaman dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menuju IKN, berikut cara ke IKN dari Badara Sultan Aji Muhammad Sulaiman dan beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing.

1. Menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan

Ilustrasi mengendarai mobil (pexels.com/Antoni Shkraba)

Cara pertama yang juga menjadi opsi paling nyaman dan fleksibel adalah menggunakan kendaraan pribadi, mengingat durasi perjalanan yang akan ditempuh. Jarak dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menuju IKN kurang lebih 95-100 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5 hingga 3 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Dengan mengendarai kendaraan sendiri, kamu memiliki kebebasan untuk mengatur waktu keberangkatan dan rute perjalanan sesuai keinginan. Jika ingin perjalanan lebih cepat, kamu bisa melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dengan terus mengikuti petunjuk jalan, yang akan memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Bagi kamu yang tidak memiliki mobil, tak perlu khawatir karena tersedia banyak layanan penyewaan mobil di sekitar bandara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta anggaranmu. Namun, tetap pastikan bahwa kendaraan dalam kondisi prima dan memiliki cukup bahan bakar, karena beberapa area di rute tersebut mungkin masih minim fasilitas.

Baca Juga: Sejarah Baru, Bendera Merah Putih Berkibar di HUT ke-79 RI di IKN

2. Menggunakan transportasi umum

Ilustrasi bus umum (pexels.com/Hanf.photos)

Opsi perjalanan kedua yang lebih ekonomis dan cocok bagi kamu yang bepergian sendiri atau dalam kelompok kecil adalah menggunakan transportasi umum. Salah satunya, bus DAMRI dengan rute dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (shuttle bus point) melalui Terminal Batu Ampar, Jalan Tol KM 13, hingga tiba di KIPP IKN dan begitu juga rute sebaliknya.

Bus ini beroperasi dari pukul 8 pagi hingga 5 sore setiap hari dengan jadwal keberangkatan satu jam sekali, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama. Tarif bus DAMRI pun relatif terjangkau, mulai dari Rp43.000 per orang untuk setiap perjalanan dan tiket bisa langsung dibeli di setiap halte. Namun, perlu diingat bahwa perjalanan dengan bus mungkin memakan waktu lebih lama yaitu sekitar 4-5 jam, jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi atau mobil sewaan.

Selain bus, taksi juga bisa menjadi alternatif yang memungkinkan kamu langsung menuju tujuan akhir tanpa perlu berganti kendaraan. Meskipun biaya taksi sedikit lebih tinggi dibandingkan bus, kenyamanan dan kemudahannya bisa menjadi pertimbangan penting, terutama jika kamu membawa banyak barang atau bepergian dengan keluarga.

Verified Writer

Elvina Ekaningtyas Damayanti

@elvina.ekd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya