TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Memilih Open Trip Labuan Bajo, biar Terhindar dari Penipuan

Pilih jasa yang memiliki legalitas hukum

Labuan Bajo, NTT (IDN Times/Sunariyah)

Labuan Bajo yang terletak di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menjadi salah satu tujuan wisata populer di Indonesia. Wilayah ini merupakan gerbang menuju Taman Nasional Komodo, rumah bagi salah satu hewan yang dilestarikan, yakni komodo.

Labuan Bajo memiliki banyak objek wisata yang terkenal, seperti Pulau Komodo, Pulau Padar, Pantai Pink, dan Manta Point. Untuk menjelajahi "surga" tersembunyi di Indonesia bagian timur ini, banyak wisatawan memilih untuk bergabung dengan open trip.

Open trip ini memungkinkan kamu bergabung bersama orang-orang baru. Kamu pun gak perlu repot memikirkan itinerary, harganya pun lebih terjangkau.

Nah, supaya pengalaman liburan kamu lebih aman dan nyaman, penting untuk memilih jasa open trip yang tepat. Berikut beberapa tips memilih open trip Labuan Bajo, supaya nyaman dan terhindar dari penipuan.

1. Cari jasa open trip dengan reputasi baik

Ilustrasi trip bareng teman (pexels.com/Ivan Samkov)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari jasa open trip yang memiliki reputasi baik. Kamu bisa membaca ulasan dan testimoni wisatawan sebelumnya di Google, blog, atau berbagai aplikasi penyedia jasa open trip tersebut. Reputasi yang baik akan menunjukkan jasa tersebut dapat diandalkan, serta memberikan pelayanan yang memuaskan.

2. Pilih jasa yang memiliki legalitas hukum

ilustrasi legalitas (freepik.com/ pressfoto)

Pastikan jasa open trip yang kamu pilih memiliki legalitas hukum yang jelas. Hal ini penting untuk menghindari penipuan dan memastikan bahwa perjalanan kamu aman.

Mintalah informasi mengenai izin usaha dan sertifikasi lainnya, sebagai bukti legalitas mereka. Selain itu, kamu bisa melihat legalitas mereka pada situs jasa open trip. Jangan lupa minta surat izin beroperasi kapal dari Departemen Perhubungan yang terdaftar di Taman Nasional Komodo.

3. Alamat dan kontak yang jelas

ilustrasi menggunakan smartphone (pexels.com/SHVETS production)

Jasa open trip profesional biasanya memiliki alamat kantor dan kontak yang jelas. Kamu bisa mencoba menghubungi mereka untuk menanyakan detail perjalanan atau berkonsultasi mengenai rencana perjalanan.

Jika mereka responsif dan memberikan informasi yang jelas, tandanya mereka serius dalam menjalankan usaha. Tak hanya itu, kamu juga perlu memastikan jika semua media sosial mereka masih aktif, mulai dari Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube. 

4. Memiliki itinerary

Labuan Bajo, NTT (IDN Times/Sunariyah)

Biasanya jasa open trip sudah memiliki detail itinerary atau rencana perjalanan yang jelas. Hal ini sangat penting, agar kamu tahu apa saja yang akan dilakukan selama trip.

Jasa open trip yang baik biasanya memberikan itinerary lengkap beserta jadwal dan rincian kegiatan. Hal ini akan membantu kamu mempersiapkan diri dengan lebih baik dan memastikan semua aktivitas sesuai dengan minatmu.

Baca Juga: 10 Hal yang Harus Kamu Pahami ketika Ingin Liburan ke Labuan Bajo 

5. Pilih open trip dengan kelompok wisata kecil

Destinasi Wisata Prioritas Labuan Bajo (IDN Times/Sunariyah)

Sebaiknya pilih open trip yang menawarkan kelompok wisata kecil. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan pengalaman wisata yang intim dan personal. Kamu juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan peserta lain. 

6. Harga yang dibayar sesuai dengan fasilitas

ilustrasi orang sedang snorkeling (pexels.com/Graham Henderson)

Harga open trip sebaiknya sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang tidak masuk akal. Pastikan kamu mendapatkan informasi lengkap mengenai fasilitas yang disediakan, seperti akomodasi, makan, transportasi, dan perlengkapan snorkeling atau diving.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya