TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Liburan Aman Anticopet di Eropa, Jangan Mudah Iba!

Pahami modus para pencopet di sana

Ilustrasi pencopet (unsplash.com/@alessia_cocconi)

Liburan di Eropa merupakan impian banyak orang. Kota-kota yang indah, bangunan bersejarah, dan kebudayaan yang unik menjadi daya tarik utama benua ini. Namun, di balik pesonanya, selalu ada risiko yang perlu kamu waspadai, salah satunya pencopetan.

Beberapa negara di Eropa memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara menghindari copet dan memahami modus mereka. Pasalnya, copet di Eropa biasanya bekerja dalam kelompok.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips liburan aman anticopet di Eropa yang bisa kamu terapkan. 

1. Membawa tas kecil

ilustrasi sling bag pria (Freepik.com/ErikGlez)

Ketika liburan ke Eropa, jangan lupa membawa tas kecil, seperti sling bag, dan letakkan di depan badan. Gunakan untuk menyimpan dompet, ponsel, dan paspor. Jika perlu, gunakan kunci gembok kecil di ritsletingnya, supaya gak mudah dicuri orang. Kabarnya mencuri sudah menjadi seni bagi para pencopet di Eropa.

2. Tetap membawa tas saat berfoto

ilustrasi seseorang dengan tas kecil (pexels.com/Anh Nguyen)

Apabila kamu ingin berfoto-foto, jangan pernah meletakkan tas di bawah! Apalagi ketika sedang berada di tempat wisata populer yang banyak pengunjungnya. Bisa saja tas kamu akan diambil ketika lengah. Jadi, tetaplah berfoto sambil membawa tas, ya!

3. Hindari kerumunan

Ilustrasi kerumunan (pixabay.com/lenzatic)

Jika kamu berada kerumunan, pastikan tas atau barang berharga selalu berada di depan badan. Selain itu, waspada dengan gerak-gerik orang lain, karena para pencopet pun akan sadar bahwa orang yang mereka incar lebih siaga.

Bahkan, beberapa spot foto di destinasi populer atau kendaraan umum biasanya banyak pencopet. Seringkali mereka juga menawarkan suvenir atau meminta sumbangan atas nama kemanusiaan. 

4. Perhatikan tas saat makan di restoran

Ilustrasi tas di atas meja restoran (unsplash.com/@kxrabo)

Saat makan di restoran, selalu letakkan tas yang terlihat oleh mata kamu dan dalam jangkauanmu. Di Eropa, ada istilah bahwa tas di depan mata adalah milik kita, sedangkan tas di belakang adalah milik pencopet. Jadi, jangan sekali-kali meninggalkan tas meski hanya ke toilet.

Baca Juga: 6 Kota yang Dikenal sebagai Sarang Pencopet di Dunia

5. Menginap di hotel belum tentu aman

Ilustrasi hotel (pixabay.com/peterwedeiman)

Menginap di hotel juga belum tentu aman, lho. Ada salah satu kejadian yang dialami seseorang ketika dia sedang mandi di hotel. Namun, ada orang asing yang menyelundup masuk ke kamar untuk mengambil kamera dan barang berharga lainnya.

Ternyata, pencopet yang mengincar wisatawan itu rela mengeluarkan bujet untuk menginap di hotel yang sama. Jadi, mereka bisa memantau dan mencuri barang berharga tamu hotel jadi lebih mudah. 

Jika kamu membawa laptop dan tidak ingin dibawa berpergian, lebih baik simpan di dalam koper dan gunakan gembok. Sebab, kemungkinan staf hotel juga bisa melakukan hal yang sama.

6. Waspada saat menyimpan barang di kabin pesawat

Ilustrasi kabin pesawat (unsplash.com/@waldemarbrandt67w)

Pesawat juga belum tentu menjadi tempat yang aman, baik menyimpan barang di bagasi maupun di kabin. Jika ingin menyimpan di bagasi, sebaiknya membeli penutup kain untuk tas.

Dengan demikian, oknum yang ingin mencuri pun berpikir panjang untuk membuka penutup kain tas. Tak hanya itu, jangan lupa kunci koper dengan gembok.

Sedangkan, untuk barang yang bisa dibawa dalam kabin, sebaiknya letakkan tas di bawah kaki saja. Beberapa wisatawan pernah kehilangan barang berharga di dalam kabin, karena mereka akan mencuri ketika lampu pesawat mati atau saat jam tidur penumpang. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya