TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Pertama Kali saat Masuk Kamar Hotel

Cek semua sudut kamar dan area penyimpanan

Potret kamar hotel (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Intinya Sih...

  • Pastikan pintu kamar dapat dibuka dan dikunci dengan baik untuk menjaga privasi dan keamanan
  • Periksa fasilitas kamar mandi, seperti shower, keran, toilet, dan amenities agar sesuai dan berfungsi dengan baik
  • Cek kondisi kasur, bantal, lemari, brankas, mini bar, stop kontak, dan AC untuk memastikan semuanya dalam kondisi yang baik

Menginap di hotel seharusnya menjadi momen yang penuh kenyamanan dan ketenangan. Apalagi setelah kamu mengalami perjalanan panjang, memang paling enak langsung rebahan di kasur, kan?

Namun, sebaiknya kebiasaan ini diubah, ya! Ketika masuk kamar hotel, sempatkan waktu untuk memeriksa seluruh area kamar, agar kenyamanan dan keselamatan kamu terjamin selama menginap.

Berikut IDN Times rangkum beberapa hal yang sebaiknya kamu cek saat pertama kali masuk ke kamar hotel. Simak baik-baik informasinya sampai habis, ya!

1. Cek pintu kamar

Ilustrasi membuka pintu kamar hotel (pixabay.com/davidlee770924)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan pintu kamar dapat dibuka dan dikunci dengan baik. Sebab, ada beberapa kunci manual atau berbentuk kartu yang mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan.

Coba buka dan tutup pintu untuk memastikan kuncinya berfungsi dengan benar. Hal ini penting untuk menjaga privasi dan keamanan selama kamu berada di dalam hotel.

2. Cek kamar mandi

Potret kamar mandi hotel (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Setelah itu, masuklah ke kamar mandi dan periksa apakah semua fasilitas sudah sesuai. Pastikan amenities, seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi, tersedia dengan lengkap.

Cek pula apakah shower dan keran berfungsi dengan baik, kaca dalam kondisi bersih, toilet bisa dirisam dengan lancar, serta tempat sampah dalam keadaan kosong. Jangan lupa cek handuk, keset, dan handuk wajah, pastikan semua dalam keadaan bersih dan tidak bau.

3. Cek kasur dan bantal

Potret kamar hotel (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Selanjutnya, periksa area kasur kamu. Pastikan kasur dalam kondisi baik dan nyaman, tidak ada noda atau kerusakan. Coba tekan atau duduki kasur untuk memastikan kenyamanannya.

Cek juga bantal, pastikan bersih dan tidak bau. Jika ada masalah, segera hubungi pihak hotel untuk meminta penggantian.

4. Cek penyimpanan di seluruh kamar

Potre meja di kamar hotel (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Buka lemari, laci, dan brankas yang ada di kamar. Pastikan semuanya dalam kondisi bersih dan kosong, tanpa barang-barang yang tertinggal dari tamu sebelumnya. Jika kamu membawa barang berharga, cek fungsi brankas dan pastikan bisa digunakan untuk menyimpan barang-barangmu dengan aman.

Baca Juga: 7 Etika dan Aturan Berenang di Hotel, Jangan Asal Nyemplung!

5. Cek mini bar

Ilustrasi snack kemasan (pexels.com/Craig Adderley)

Jika kamar dilengkapi mini bar, periksa isinya. Pastikan semua item yang tercantum dalam daftar ada di tempatnya. Apabila ada barang yang hilang atau rusak, laporkan segera ke pihak hotel agar kamu tidak dikenai biaya tambahan.

6. Pastikan stop kontak di kamar berfungsi

ilustrasi charge (pexels.com/Markus Spiske)

Periksa semua stop kontak yang ada di kamar. Colokkan charger atau gadget lainnya untuk memastikan stop kontak berfungsi dengan baik. Stop kontak yang tidak berfungsi bisa sangat mengganggu, terutama jika kamu perlu mengisi daya perangkat penting seperti ponsel atau laptop.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya