TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghindari Pencurian di Kabin Pesawat, biar Gak Cemas

Letakkan barang di bagian ini

Ilustrasi kabin pesawat (unsplash.com/@waldemarbrandt67w)

Naik pesawat terbang yang dikenal aman bukan berarti bebas dari aksi pencurian. Kasus pencurian di kabin pesawat pernah terjadi di beberapa maskapai, teurama saat penerbangan jarak jauh atau long flight.

Pencurian atau pencopetan di atas pesawat tentu sangat berbeda dengan transportasi umum lainnya. Bahkan, beberapa pelaku terlihat cukup rapi dalam melancarkan aksinya.  Biasanya mereka mengincar barang berharga, seperti laptop, uang, perhiasan, dan ponsel.

Penting untuk selalu waspada, agar terhindar dari niat jahat dan kesialan ini. Berikut beberapa cara menghindari pencurian di kabin pesawat yang bisa kamu lakukan. 

1. Simpan barang berharga di tas kecil

Ilustrasi tas kecil \(pixabay.com/freephotocc)

Jika membawa barang berharga, seperti uang tunai, perhiasan, atau gadget, pastikan kamu menyimpan di tempat yang sulit dijangkau orang lain. Daripada meletakkannya di tas kabin atau saku kursi depan, lebih aman menyimpannya di dalam tas kecil yang selalu berada dalam jangkauanmu.

Bawalah tas jinjing atau sling bag yang selalu kamu dekap di pangkuanmu, atau letakkan di bawah kakimu. Jangan lupa selalu menutup rapat tas tersebut, agar tidak mudah dibuka.

2. Gunakan gembok koper atau tas

ilustrasi kunci gembok (pexels.com/Laura Gigch)

Menggunakan gembok kecil pada koper atau tas kabin bisa menjadi penghalang bagi pencuri yang mencoba membuka tas secara cepat. Meskipun tidak sepenuhnya menjamin keamanan, gembok akan membuat pencuri berpikir dua kali sebelum mencoba membuka tas yang terkunci.

Pilih gembok yang TSA (Transportation Security Administration) lock, agar lebih aman dan tidak mengganggu proses pemeriksaan keamanan di bandara.

3. Jangan simpan semua barang berharga di satu tempat

ilustrasi seseorang mengenakan jaket hitam (pexels.com/THE 5TH)

Untuk mengurangi risiko kerugian besar jika pencurian terjadi, sebisa mungkin jangan menyimpan semua barang berharga di satu tempat. Misalnya, bagi uang tunai di beberapa kantong atau tas berbeda.

Selain itu, letakkan barang penting di tempat yang lebih tersembunyi, seperti kantong dalam baju atau jaket. Strategi ini akan membantu meminimalisir kerugian, jika tas utama kamu menjadi sasaran pencuri.

Baca Juga: Kenapa Harga Tiket Pesawat Dadakan Lebih Mahal?

4. Pilih kursi di area yang lebih aman

Ilustrasi kabin pesawat (unsplash.com/@waldemarbrandt67w)

Memilih kursi di posisi yang lebih aman juga bisa menjadi cara pencegahan. Misalnya, kursi di dekat pintu darurat atau dekat dapur biasanya lebih ramai dan sering dilalui pramugari, sehingga potensi pencurian lebih rendah.

Selain itu, hindari menyimpan barang berharga di kompartemen bagasi kabin yang jauh dari jangkauan kamu. Hal ini akan memudahkan pencuri untuk mengambil barang tanpa kamu sadari.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya