TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

K-Festival 2024 Resmi Dimulai, Festival Hallyu Terbesar di Indonesia

Digelar selama satu bulan dengan berbagai rangkaian acara

Konferensi pers 'K-Festival 2024' pada Senin (23/9/2024) di KOREA 360, Lotte Mall, Jakarta. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Intinya Sih...

  • K-Festival 2024 adalah festival Hallyu terbesar di Indonesia, berlangsung selama satu bulan dari 23 September hingga 24 November 2024.
  • Acara ini melibatkan berbagai instansi publik dan perusahaan Korea, dengan rangkaian kegiatan seperti pameran, festival makanan, konser musik, dan kompetisi bahasa Korea.
  • Pengunjung bisa mendapatkan K-Passport dengan mengumpulkan stempel dari acara-acara festival untuk kesempatan memenangkan tiket gratis ke Korea dan diskon penerbangan serta merchandise KPop.

Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia menggelar festival Hallyu terbesar di Indonesia. Acara bertajuk "K-Festival 2024" ini berlangsung selama 23 September-24 November 2024.

Bekerja sama dengan berbagai instansi publik dan perusahaan Korea, K-Festival digelar di Jakarta, Bandung, Palembang, Medan, dan Balikpapan. Kita bisa menikmati rangkaian kegiatan dalam berbagai bidang selama acara. 

Dubes Korea untuk Indonesia, Park Soo Deok, berharap festival ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat Indonesia dan Korea untuk saling memahami budaya satu sama lain melalui pertukaran budaya dua arah,” tuturnya saat konferensi pers di KOREA 360, Senin (23/9/2024). 

Penasaran ada acara apa saja selama K-Festival 2024? Selengkapnya, simak di bawah ini, ya!

1. Festival budaya terbesar di Indonesia

Konferensi pers 'K-Festival 2024' pada Senin (23/9/2024) di KOREA 360, Lotte Mall, Jakarta. (IDN Times/Besse Fadhilah)

K-Festival 2024 diikuti beberapa instansi, antara lain Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), Korea Tourism Organization (KTO), Korea Creative Content Agency (KOCCA), KOREA 360, Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT) Jakarta, Korean Air, Asiana Airlines, CGV Indonesia, dan CJ Foodville (Tous Les Jours).

2. Banyak penawaran menarik di K-Festival 2024

Konferensi pers 'K-Festival 2024' pada Senin (23/9/2024) di KOREA 360, Lotte Mall, Jakarta. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan selama mengikuti kegiatan di festival yang digelar setiap musim gugur ini. Salah satunya K-Passport. Caranya dengan mengumpulkan 13 stempel dari masing-masing event di K-Festival 2024. Jika kamu mengumpulkan minimal punya 9 stempel, kamu bisa mengikuti undian tiket gratis ke Korea, lho! Kajja!

Asiana Air dan Korean Air juga memberikan diskon hingga 10 persen selama event berlangsung. Nantinya idol KPop juga akan hadir di KOREA 360 untuk meramaikan acara ini. 

Baca Juga: Do's and Don'ts Liburan Musim Gugur di Korea Selatan

3. Daftar lengkap kegiatan K-Festival 2024

Starbe tampil saat konferensi pers 'K-Festival 2024' pada Senin (23/9/2024) di KOREA 360, Lotte Mall, Jakarta. (IDN Times/Besse Fadhilah)
  1. K-Comics World Tour in Indonesia digelar selama 5 September-4 Oktober di KCCI.
    Pameran webtoon "All of Us Are Dead" dengan memberikan pengalaman adegan dari drama yang telah ditayangkan melalui platform OTT.
  2. Korean Traditional Genre Paintings Exhibition digelar pada 21 September-9 Oktober di KOREA 360. Acara ini menampilkan 30 karya dari pelukis terkenal dalam genre lukisan rakyat tradisional, Kim Hong-do, Jeong Seon, Seonghyeop, dan Kim Jung-geun.
  3. Asian-African Literacy Festival 2024 berlangsung pada 27-29 September di Asian-African Museum Bandung. Pameran buku ini memperkenalkan sastra dan aksara Korea (Hangeul), dan berbagai booth promosi budaya dan seni Korea.
  4. Korea-ASEAN Digital Heritage Exhibition berlangsung selama Oktober-November di Medan dan Balikpapan. Acara ini berupa pameran situs warisan budaya dunia UNESCO di Korea dan negara-negara anggota ASEAN. Tujuan utama acara ini untuk mempromosikan pariwisata ke Korea dan memberikan ruang pengalaman budaya.
  5. K-book, Exploring Metaverse digelar pada 11-13 Oktober di KOREA 360. Ada pula talkshow bersama novelis dan film maker asal Korea Selatan, Sohn Won Pyung, sekaligus lomba membuat mini buku.
  6. K-Seafood Fiesta 2024 berlangsung pada September-November di KOREA 360. Pengunjung bisa merasakan makanan laut Korea sambil menonton pertunjukan KPop dan cooking show. Ada pula kelas memasak di studio memasak di Kemang, Jakarta Selatan.
  7. Franchise and License Expo Indonesia dilaksanakan pada 25-27 Oktober di JCC.
    Dalam event ini, Korea Argo-Fisheries and Food Trade Corporation membuka kesempatan untuk franchise Korea yang ingin memasuki pasar kuliner di Indonesia.
  8. SIAL Interfood Jakarta 2024 digelar pada 13-16 November di JIExpo. Korea Argo-Fisheries and Food Trade Corporation menggelar pameran pangan terbesar di Indonesia. Sebanyak 24 perusahaan akan menampilkan berbagai bahan pangan Korea, seperti kimchi, saus, teh, makanan laut, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  9. Korea Indonesia Film Festival diselenggarakan pada 31 Oktober-3 November di CGV Cinema Jakarta, Bandung, dan Palembang. Pada acara KIFF ini, sebanyak 13 film Korea, 1 film indie, dan 5 film Indonesia akan ditayangkan. Pada hari pertama, KIFF akan memutar film My Annoying Brother (2024), film Indonesia hasil adaptasi dari Korea Selatan.
  10. Lucid Fall's Music Story digelar pada 18 Oktober di Soehanna Hall, Energy Building.
    Lucid Fall, penulis lagu asal Korea akan membawakan 13 lagu saat konser nanti.
  11. ROK Navy Classical Orchestra digelar pada 22 November di Ciputra Artpreneur Jakarta. Konser orkestra Angkatan Laut Korea ini diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata bersama KCCI. 
  12. Visit Korea Promotion 2024 berlangsung pada 23-29 September di KOREA 360.
    Dalam acara ini, akan banyak promosi wisata Korea dan diskon untuk penerbangan ke Korea. Event ini digelar oleh KCCI, KTO, Korean Air, dan Asiana Airlines.
  13. Korea Health and Wellness Festival in Indonesia berlangsung selama 31 Oktober-3 November di Central Park Mall Jakarta. Promosi wisata medis dan budaya Korea yang menarik bagi wisatawan Indonesia kamu jumpai di sini. Yuk, dapatkan rekomendasi medis terbaik di Korea di acara ini!
  14. Will You Sing with Pagaehun? akan dilaksanakan pada 18-20 Oktober di Jakarta dan Bandung). KOCCA menggelar acara "K-Busking" bersama Pagaehun, yang akan diselenggarakan pada 18 Oktober 2024 di KOREA 360 dan PIK 2 Aloha Jakarta, dan akan tampil juga di PVJ, Bandung.
  15. K-Living and Lifestyle Sale digelar pada 5-24 November. Acara ini akan diikuti berbagai brand ternama asal Korea. Akan banyak brand yang menjual produk dapur, kebutuhan rumah tangga, makanan ringan, dan merchandise KPop.
  16. Korean Language Debate Competition dilaksanakan pada 25 Oktober di Atma Jaya Jakarta dan Korean Language Speaking Contest pada 15 November di Yogyakarta.
    KCCI juga mengadakan kompetisi debat untuk mahasiswa di Jakarta dan kompetisi berbicara Bahasa Korea untuk siswa SMA/sederajat di Yogyakarta dan Jawa Tengah.
  17. The 2nd Anniversary of KOREA 360 diadakan pada 6-7 Desember di KOREA 360. Siapa yang akan datang? Masih dirahasiakan!

Informasi lengkapnya dapat diakses di situs resmi atau media sosial dari seluruh instansi publik dan perusahaan Korea yang ikut meramaikan acara ini. Acara-acara yang ada di atas sebagian besar gratis dan tak perlu registrasi sebelumnya. Dapatkan informasi lengkapnya di instagram @kcc.id, ya! 

Baca Juga: 10 Festival Musim Gugur di Korea Selatan 2024 yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya