TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengubah Traveling Biasa Menjadi Petualangan yang Bermakna

Jadikan liburanmu lebih berkesan dan tak terlupakan

ilustrasi memotret alam (pexels.com/Chris G)

Traveling adalah salah satu solusi untuk menghilangkan penat dan menenangkan pikiran. Tidak ada salahnya lari sejenak dari rutinitas harian menuju tempat-tempat impian. Namun, jangan hanya melakukan perjalanan biasa, ubah traveling menjadi lebih bermakna.

Artikel ini akan membagikan beberapa tips supaya traveling-mu menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Mari jelajahi dunia yang penuh dengan keajaiban, mengukir cerita, serta merasakan pengalaman baru dalam tiap perjalanan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Rencanakan traveling dengan bijak

ilustrasi menulis di kertas (pexels.com/cottonbro studio)

Kamu mungkin membayangkan traveling yang begitu menyenangkan. Akan tetapi, ekspektasi kadang tidak sesuai dengan realita dan malah berujung penyesalan. Untuk menghindari hal tersebut, perencanaan matang perlu dilakukan.

Rencanakan traveling-mu dengan bijak. Lakukan riset tentang tempat tujuan, pilih akomodasi, trasnportasi, pengaturan jadwal, hingga menghitung biaya yang dibutuhkan. Perencanaan ini dapat memastikan perjalanan lancar, aman, dan sesuai dengan keinginan.

2. Kunjungi tempat bersejarah dan berbudaya

Potret keindahan Pulau Bali (unsplash.com/Available for hire)

Rasakan sensasi yang berbeda dengan mengunjungi tempat bersejarah dan berbudaya. Misalnya, datangi situs bersejarah seperti museum, tempat ibadah tua, candi, piramida, atau tempat lainnya. Di sana biasanya terdapat bangunan kuno yang unik dan klasik.

Tempat-tempat penuh sejarah dan budaya menawarkan nostalgia masa lalu. Kamu bisa menggali pengetahuan dan perspektif baru tentang sejarah, budaya, dan tradisi. Perjalanan pun tidak sekadar untuk melepas lelah, tetapi sekaligus belajar menghargai keragaman budaya.

Baca Juga: 5 Cara Dekat dengan Penduduk Lokal saat Traveling, Bangun Interaksi!

3. Berinteraksi dan terlibat dalam aktivitas kebudayaan

ilustrasi pertunjukan tarian tradisional (pexels.com/wahda nurisna)

Saat sedang berjalan-jalan dan bertemu dengan warga setempat, berinteraksilah dengan mereka. Tunjukkan sikap ramah dan salurkan energi positif kepada setiap orang yang ditemui. Kalau ada aktivitas yang dilakukan warga, coba ambil bagian, seperti membantu atau bermain dengan anak-anak.

Lebih dari itu, luangkan waktu sebentar untuk ikut dalam aktivitas kebudayaan setempat. Hadiri pertunjukan seni atau upacara tradisional. Saksikan di kursi penonton atau ikut berpartisipasi bila perlu. Terlibat dalam aktivitas tersebut dapat memberikan pengalaman yang berarti dan sulit dilupakan.

4. Pelajari setiap sudut yang dijelajahi

ilustrasi menatap piramida (pexels.com/Omar Zetina)

Jangan cuma jalan-jalan, coba perhatikan setiap sudut tempat yang kamu jelajahi. Pelajari sejarah dan budaya di baliknya. Setiap tempat pasti punya ceritanya masing-masing. Jangan sampai kamu tidak tahu apa-apa tentang tempat yang telah dikunjungi.

Jadikan traveling sebagai salah satu sarana untuk menambah wawasan. Tanyakan ke penduduk lokal atau ke pemandu wisata untuk mendapatkan informasi yang terpercaya. Ingat dan catat semua pengetahuan baru yang kamu dapatkan. Setelah pulang, catatan tersebut dapat dipelajari lebih lanjut.

5. Jangan lupa, dokumentasikan perjalanan

ilustrasi memotret alam (pexels.com/Chris G)

Ini yang tidak boleh dilewatkan para traveler, yakni mendokumentasikan perjalanan. Dokumentasi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya, membuat vlog perjalanan, mengambil banyak foto, atau mencatatnya dalam sebuah jurnal.

Namun, jangan terlalu eksis dalam mengambil foto atau video. Nikmati perjalanan semaksimal mungkin dan dokumentasikan hal-hal penting saja. Fokus pada momen berharga dan niatkan dokumentasi hanya untuk mengabadikan perjalanan dan sebagai kenangan.

Hargai setiap kesempatan traveling yang kamu punya. Dengan sedikit perencanaan dan keterbukaan diri pada hal-hal baru, pengalaman traveling yang singkat akan jauh lebih bermakna dan tidak terlupakan.

Baca Juga: 5 Hal Menyenangkan saat Traveling ke Negara Maju, Sudah Pernah?

Verified Writer

Akromah Zonic

Dont be yourself, but be better :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya