TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Wisata Kuliner Hemat Saat Traveling, Cari Referensi di Internet

Pilih makanan lokal tradisional yang enak dan murah

ilustrasi makan (pexels.com/George Pak)

Ketika bepergian jauh atau traveling rasanya kurang kalau tidak sekaligus memanfaatkannya untuk wisata kuliner. Akan tetapi penting untuk bijak saat wisata kuliner agar budget tidak membengkak dan berakhir boncos. Maka dari itu kali ini kita akan membahas tentang beberapa tipsnya bagi kamu yang ingin wisata kuliner hemat saat traveling

Mulai dari ditemani orang lokal yang dikenal saat membeli makanan, mencari referensi kuliner murah di internet, atau juga dengan memilih makanan tradisional yang harganya relatif terjangkau. Karena bahaya kan kalau wisata kuliner tanpa perkiraan kalau budget-nya pas-pasan. Berikut beberapa tipsnya wisata kuliner hemat yang bisa diterapkan saat traveling

1. Cari dulu banyak referensi makanan murah di destinasi tersebut dari internet

ilustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Kalau ada rencana melakukan wisata kuliner ketika traveling, maka cari dulu banyak referensinya dari internet sebelum berangkat. Dimana kamu bisa bebas mencari banyak referensi dari berbagai sumber seperti media sosial atau artikel rekomendasi yang tersebar di internet. Semakin banyak referensimu maka semakin mudah juga untuk menentukan apa saja makanan yang ingin kamu cicipi ketika wisata kuliner. 

2. Minta ditemani orang lokal yang kamu kenal agar harganya tidak dinaikkan

ilustrasi bisnis (pexels.com/Said)

Tips lainnya untuk wisata kuliner hemat saat traveling ialah bisa minta tolong temani orang lokal yang kamu kenal di daerah itu. Misalnya ada teman, kerabat, relasi, atau bahkan followers-mu di media sosial yang bisa menjadi guide untuk wisata kuliner di sana. Kalau bersama orang lokal mungkin bisa lebih aman dari segi harga saat membeli makanan, karena ada sebagian pedagang tempat wisata yang sengaja menaikkan harga untuk pengunjung asing. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor yang Paling Populer

3. Kadang diberi diskon kalau mempromosikannya ke media sosial

ilustrasi selfie (pexels.com/Anna Shvets)

Sebenarnya tips satu ini tidak berlaku untuk semua tempat makan, tapi bisa jadi salah satu cara untuk wisata kuliner hemat ketika traveling. Yang mana saat memesan makanan bisa bantu penjualnya untuk promosi di media sosial, nilai plusnya kalau followers akun media sosialmu banyak dan termasuk influencer terkenal. Pedagang atau pemilik restaurant kadang mau memberi diskon dan menggratiskan makanan yang kamu pesan jika mendapat promosi yang worth it darimu. 

4. Pilih makanan tradisional yang harganya relatif terjangkau

ilustrasi bisnis (pexels.com/Nikita Igonkin)

Tips lainnya kalau mau wisata kuliner hemat ketika traveling ialah dengan bijak dalam memilih makanan yang mau dicicipi. Kalau budget-nya pas-pasan dan mau menghemat, maka pilihlah makanan tradisional yang harganya terjangkau di kantongmu. Misalnya makanan yang dijual pinggir jalan, warung makan sederhana, atau tempat-tempat yang memang terkenal dengan murahnya. 

5. Lihat list harga atau papan menunya dulu sebelum memesan

ilustrasi menu makanan (pexels.com/Valeria Boltneva)

Biasakan untuk melihat list harga dan daftar menunya terlebih dulu sebelum memesan kalau mau wisata kuliner hemat ketika traveling. Dengan begitu kamu bisa memilih menu makanan yang sesuai budget-mu, dan lebih baik jangan membeli di tempat yang daftar harga makanannya disembunyikan. Karena risikonya bisa boncos kalau langsung beli makanan yang ternyata baru tahu berharga mahal ketika mau membayar. 

Salah satu keseruan traveling ialah bisa wisata kuliner sepuasnya ketika mengunjungi tempat-tempat baru. Namun supaya pengeluaranmu tidak membengkak, terapkan lima tips wisata kuliner hemat di bawah ini, ya! 

Baca Juga: 6 Kuliner Khas Pamekasan yang Wajib Dicoba, Ada Sate Lalat 

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya