TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Masalah Umum Kalau Bawa Anak Perjalanan Jauh dan Cara Menanganinya

Orangtua harus sabar hadapi tantrum anak di perjalanan

ilustrasi keluarga bepergian (pexels.com/Tim Mossholder)

Traveling keluarga memang menyenangkan karena sekaligus bisa jadi momen yang mengeratkan hubungan antara orangtua dan anak. Tapi ketika menjalaninya tentu semua orang tua setuju kalau traveling atau bepergian jauh membawa anak itu tidaklah mudah. Dimana orangtua harus benar-benar sabar menghadapi berbagai tingkah laku anak selama di perjalanan. 

Lalu seperti apa sajakah masalah yang biasanya terjadi kalau bawa anak perjalanan jauh? Mulai dari anak rewel, sakit tiba-tiba, hingga tantrum di perjalanan yang bikin orangtua pusing. Tapi tenang saja karena setiap masalah pasti ada cara mengatasinya, begitu pula dalam menangani masalah anak ketika traveling yang akan dijelaskan satu-persatu di bawah ini. 

1. Anak rewel ketika sedang dalam perjalanan

ilustrasi anak menangis (pexels.com/Arzella Bektas)

Yang namanya traveling membawa anak pasti sudah biasa dengan masalah satu ini, yaitu anak yang rewel di perjalanan. Entah itu rewel karena minta makan, mengantuk, capek, hingga anak rewel karena minta pulang. Pokoknya untuk bisa menanganinya, orangtua harus tahu apa yang dibutuhkan anak atau hal apa yang membuatnya tidak nyaman. Karena perjalanan pasti terhambat dan tidak nyaman kalau anak rewel terus-terusan. 

2. Anak merengek minta ini itu

ilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/Gustavo Fring)

Masalah lainnya yang umum terjadi kalau bawa anak traveling ialah anak yang merengek minta dibelikan ini itu. Menangani anak yang rewel seperti ini di perjalanan sebenarnya mudah, yaitu berikan jajanan atau sesuatu yang anak mau tapi secukupnya saja. Karena anak-anak itu yang penting mendapatkan atau diberi sesuatu untuk membuatnya senang di perjalanan. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Stroller Cabin Size untuk Traveling, Ringan Banget!

3. Anak kurang enak badan karena kecapekan

ilustrasi anak sakit (pexels.com/Cottonbro)

Ketika membawa anak perjalanan jauh tentu salah satu masalah yang paling dihindari ialah anak tiba-tiba sakit. Tapi kalaupun terjadi juga tetap bisa diatasi, yakni dengan membawa persiapan obat dan menidurkan anak ketika sedang dalam perjalanan. Biasanya anak sakit ketika kelelahan dan tubuhnya tidak tahan untuk melakukan perjalanan jauh. 

4. Sabar menghadapi tantrum dan rewelnya anak dengan mengerti kemauannya selama traveling

ilustrasi anak menangis (pexels.com/Q Hung Pham)

Menangani anak rewel sudah merupakan hal lumrah bagi semua orangtua ketika traveling. Yang mana cara menanganinya adalah dengan tahu kebutuhan dan alasan kenapa anak rewel. Selain itu juga perlu ketegasan dalam menenangkan anak agar tidak mengganggu orang lain dengan menangis atau tantrum ketika sedang di luar. 

5. Anak mabuk kendaraan

ilustrasi keluarga bepergian (pexels.com/Tim Mossholder)

Mengajak anak melakukan perjalanan jauh atau traveling berarti harus siap jika anak mabuk kendaraan. Karena tidak semua anak tahan dan bisa cocok dengan kendaraan yang dinaiki selama perjalanan. Solusinya bisa coba pakai kendaraan yang minim risikonya membuat anak pusing dan mual, lalu juga siap sedia dengan obat mabuk kendaraan untuk anak-anak. 

Itulah tadi beberapa masalah yang umum terjadi kalau bawa anak traveling. Orangtuanya harus siap dan ekstra sabar menangani tingkah laku anak selama di perjalanan. 

Baca Juga: 5 Alasan Traveling di Luar Musim Liburan Akan Lebih Menyenangkan

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya