TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Beragam Street Food Lokal dan Global Hadir di Ubud Food Festival 2024

Mulai dari babi guling hingga taco, ada di UFF 2024

Press conference Ubud Food Festival 2024 di Ubud (dok.Pribadi/Natalia Indah)

Ubud Food Festival (UFF) kembali hadir pada tahun 2024 ini untuk memanjakan para pencinta makanan dan pakar kuliner. Dengan mengusung tema Take it To The Streets, UFF berlangsung selama 3 hari penuh mulai 31 Mei 2024 - 2 Juni 2024.

Selama berlangsungnya event tersebut, ada banyak rangkaian acara yang bisa diikuti. Mulai dari diskusi panel, tur keliling, lokakarya, pemutaran film, pertunjukan musik, hingga sajian makan siang serta makan malam yang disajikan oleh chef-chef ternama.

Janet DeNeefe, Pendiri dan Direktur UFF mengungkapkan, sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini, masakan Indonesia khususnya jajanan kaki limanya berkelas dunia jadi sorotan. Pihaknya ingin lebih mengenalkan makanan-makanan tersebut salah satunya yang ada di Bali.

“Tahun ini kami ingin melihat salah satu keunggulan Indonesia yang sangat terkenal dengan street food. Di Bali sendiri ada banyak sekali pilihan street food dan kami ingin memperkenalkannya kepada audience yang datang, mendorong mereka untuk mencoba kekayaan kuliner Bali,” jelasnya dalam press conference UFF 2024 di Ubud, Kamis (30/5/2024).

1. Beberapa street food asal Bali baik lokal maupun internasional hadir di UFF 2024

tempat untuk menikmati beragam hidangan di UFF 2024 (dok.Pribadi/Natalia Indah)

Ada beberapa menu street food  yang disajikan dan dibahas dalam UFF 2024. Di antaranya seperti babi guling, bebek betutu, dan lawar khas Buleleng. Menu-menu tersebut dihadirkan di venue utama UFF 2024 sehingga para pengunjung bisa langsung mencicipinya.

Selain dari Bali, ada juga street food daerah lain di Indonesia yang bisa dinikmati juga. Diantaranya seperti es puter Medan dan smoked mangrove crab dari Raja Ampat. Hampir semua venue makanan merupakan masakan kreasi anak-anak muda yang dibuat dari bahan-bahan lokal.

Pasar internasional pun dimanjakan dengan beragam kuliner street food yang juga ada di UFF 2024. Pengunjung bisa mencoba lezatnya pho khas Vietnam dari Me Vui Kitchen, nikmatnya kopi % Arabica, atau taco dari restoran masakan Tex Mex asal Melbourne, Dingo Ate My Taco.

2. Ada food tour kuliner khas Bali

Salah satu food tour rangkaian UFF 2024 (Instagram.com/@ubudfoodfest & @dapurbalimula)

Selain mencicipi beragam makanan di lokasi utama UFF 2024, ada juga program food tour yang bisa diikuti. Jalan-jalan kuliner ini menyajikan makanan-makanan khas Bali mulai dari proses memilih bahan, memasak, sampai menyajikan sehingga para peserta bisa lebih mengenal makanan tersebut dan langsung mencicipinya.

Destinasi yang menjadi tujuan food tour UFF 2024 diantaranya adalah Babi Guling Ibu Oka yang ada di Ubud, Dapur Bali Mula yang berlokasi di Desa Les, Buleleng, dan tradisi serta perjalanan citarasa khas Bali Timur di Samsara Living Museum.

Baca Juga: [QUIZ] Ubud atau Canggu, Kami Tahu Destinasi Seru yang Harus Kamu Datangi

3. Pihak penyelenggara UFF berharap agar street food bisa semakin dikenal

Janet DeNeefe, Pendiri dan Direktur UFF saat memberikan sambutan dalam gala dinner UFF 2024 (dok.Pribadi/Natalia Indah)

Ragam street food yang ada di Indonesia, khususnya Bali merupakan kekayaan kuliner yang menarik bagi wisatawan untuk dicoba. Janet menambahkan, dengan hadirnya UFF 2024 kali ini, pihaknya ingin memperkenalkan banyaknya pilihan makanan Bali yang sangat enak dan patut untuk dicicipi.

“Sehingga keindahan Bali bukan sekadar pesona alamnya saja yang menawan, namun juga lahir masakan-masakan Bali yang sangat lezat. Di samping itu, kami juga ingin bagi para pelaku kuliner Bali makin percaya diri dalam mengembangkan serta mengenalkan kuliner khas Bali,” ujarnya.

4. UFF jadi tempat perayaan makanan terbesar di Indonesia

UFF 2024 yang berlangsung pada 31 Mei 2024 - 2 Juni 2024 (dok.Pribadi/Natalia Indah)

Selain mengenalkan berbagai macam street food, UFF 2024 akan menghadirkan banyak program serta talenta kuliner sebagai perayaan makanan terbesar di Indonesia. Kisah-kisah inspiratif, pengalaman akan masakan yang luar biasa, serta petualangan kuliner yang menyenangkan.

Nick Honeyman, chef pemenang berbagai penghargaan gastronomi kebanggaan New Zealand mengatakan, dirinya sangat senang dan bangga bisa datang serta langsung menikmati kekayaan kuliner Bali yang sangat mengagumkan.

“Kami akan mengadakan collaborative dinner pada hari Jumat ini dan melalui food program seperti ini, bisa saling belajar mengenai keunikan kuliner yang dimiliki di setiap daerah. Bali sendiri mempunyai kekayaan kuliner yang sangat luar biasa dan sangat menginspirasi. Tentunya, kami juga bisa membangun jaringan yang akan berguna di masa mendatang,” tuturnya pada kesempatan yang sama.

UFF 2024 bukan hanya acara untuk menikmati berbagai macam kuliner saja. Kamu juga bisa memperluas pengetahuan kuliner dan menikmati beragam hiburan menarik untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. Yuk, ke UFF 2024 weekend ini!

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun di Ubud Bali, Suasananya Cocok untuk Menyepi!  

Verified Writer

Natalia Indah Kartikaningrum

Mbak-mbak rambut pendek yang paling suka diajak ngopi atau sunsetan bareng.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya