TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengalaman Staycation di Vasa Hotel Surabaya, Langganan Para Pejabat

Salah satu hotel bintang lima di kawasan Surabaya Barat

Potret kamar di Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Bukan hanya mal, perkembangan hotel bintang lima di kawasan Surabaya Barat semakin bersaing. Salah satu hotel bintang lima yang selalu ramai sebagai jujugan staycation adalah Vasa Hotel Surabaya.

Tak hanya staycation, hotel yang berlokasi di Jalan Mayjen HR. Muhammad Nomor 31 ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi meeting atau pertemuan akbar. Tak heran banyak artis dan tokoh nasional, termasuk Presiden Joko Widodo, beberapa kali singgah di sini. 

Kali ini, IDN Times berkesempatan merasakan pengalaman staycation atau menginap di Vasa Hotel Surabaya. Kami pun sempat mencicipi berbagai menu buffet di hotel yang berda di bawah naungan Tanly Hospitality ini. 

Penasaran bagaimana pengalaman dan rasanya menginap di sini? Simak potret dan ulasannya di bawah ini, ya!

1. Sekilas tentang Vasa Hotel Surabaya

Potret lobi samping Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Vasa Hotel Surabaya merupakan sebuah hotel bintang lima yang menyediakan 383 kamar dengan dua kategori, yakni suite dan residence. Lokasi kamarnya berada di lantai 7 hingga 33. Pemandangannya berupa Kota Surabaya yang menawan dari ketinggian. 

Terdapat berbagai fasilitas penunjang untuk para tamu, antara lain ruang pertemuan serbaguna, ballroom, kolam renang, tempat fitness, studio yoga, private kids play corner, spa, tempat parkir, hingga restoran.

Restorannya pun terdiri dari beberapa jenis. Ada restoran buffet 209 Dining, restoran Chinese food  Xiang Fu Hai Cuisine, restoran Brazillian BBQ-Chamas Brazilian Churrascaria, hingga restoran Jepang berkonsep omakase Nagano Authentic Japanese Restaurant. Lengkap, kan?

2. Lobinya luas dan mewah

Potret lobi Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Sesampainya di Vasa Hotel Surabaya, lobi hotel yang begitu luas dan mewah langsung menyambut para tamu. Ditambah lagi ornamennya begitu memanjakan mata, terutama chandelier penuh kristal yang terletak di tengah area lobi. 

Potret Chamas Brazilian Churrascaria Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Terdapat meja resepsionis di sisi sebelah kanan, kemudian ada Bonne Journe yang menyajikan aneka kue dan pastry di sebelah kiri. Di bagian tengah, terdapat deretan sofa untuk para tamu bersantai sejenak sambil menunggu proses checkin. Tersedia pula welcome drink yang bisa dinikmati di sebelah meja resepsionis. 

3. Kamar yang ditawarkan begitu nyaman

Potret kamar di Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Setelah selesai mengurus proses checkin, kami menuju kamar hotel yang terletak di lantai 28. Kami mendapatkan kamar twin bed dengan pemandangan menghadap ke arah utara. Dari sini, penulis bisa melihat langsung lanskap Kota Surabaya dari ketinggian, bahkan samar-samar terlihat Selat Madura. 

Potret kamar di Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Desain kamarnya yang simpel, tapi tetap elegan. Nuansanya dominan kayu, baik pada perabotan kamar maupun pada dinding kamar. Dekat jendela terdapat sofa yang cukup panjang, lengkap dengan meja. 

Kamar ini dilengkapi dengan WiFi, kulkas mini, TV LED 42 inch, satu set alat untuk kopi dan teh, brankas, lemari, telepon, bath robe, serta complimentary snack. 

4. Terdapat partisi antara kamar dan toilet

Potret wastafel di kamar Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Ada hal yang menarik dari kamar yang kami singgahi, yakni toiletnya. Toiletnya terpisah antara shower dan toilet untuk buang air. Begitu pula dengan wastafelnya.

Menariknya, terdapat partisi kayu yang bisa digeser sewaktu-waktu, apabila kamu kurang nyaman dengan hal ini. Soal amenities, semuanya lengkap yang terdiri dari sabun mandi, sampo, conditioner, shower cap, hair dryer, lotion, dan dental kit. 

Baca Juga: 10 Barang di Hotel yang Gak Boleh Dibawa Pulang, Bisa Kena Denda

5. Kolam renang dengan view city lights

Potret kolam renang Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Seperti halnya standar umum hotel bintang lima, Vasa Hotel Surabaya memiliki kolam renang di lantai lima yang mengusung konsep inifinity pool. Para tamu bisa berenang sambil menikmati pemandangan Kota Surabaya yang syahdu, apalagi saat sore hari menjelang matahari terbenam. Berenang sambil sunset-an terasa menenangkan!

Di pinggir kolam renang, terdapat beberapa pool sun lounger chair atau kursi kolam renang yang dapat digunakan untuk bersantai. Ada pula sun bed yang cukup untuk dua orang, lengkap dengan bantal. Bisa tetap chill menikmati suasana dan pemandangan syahdu, ketika kamu gak ingin berenang.

Potret area fitness di Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Berlawanan arah dengan kolam renang, terdapat ruang bermain anak dan area fitness yang cukup luas. Peralatan olahraganya pun lengkap dan ruangannya cukup spacious. Kamu bisa berlatih angkat beban dengan proper atau sekadar treadmill. 

Asyiknya lagi, terdapat studio yoga dan spa yang siap memanjakan para tamu. Seluruh fasilitas ini bisa dinikmati dari pukul 06.00-22.00 WIB.

6. Terdapat menu buffet yang menarik dan menggoyang lidah

Potret menu di 209 Dining Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Penulis berkesempatan mencicipi menu buffet untuk makan malam dan sarapan pagi. Secara keseluruhan, terdapat beberapa perbedaan menu di antara kedua jam makan tersebut. 

Pada pukul 18.30 WIB, kami mencoba makan malam di 209 Dining yang menyajikan aneka buffet dari masakan Nusantara hingga internasional. Suasananya ramai, mengingat hari tersebut adalah akhir pekan dan ada tamu yang menggelar pesta ulang tahunnya. Meski demikian, 209 Dining bisa menampung semua tamu, karena tempatnya cukup luas. 

Menu-menu yang disediakan pun sangat lengkap dan bervariasi. Di antaranya steak, dimsum, bakso, aneka mi, nasi goreng, roasted beef, peking duck, sushi, odeng, butter chicken, aneka dessert, dan aneka minuman segar. Bahkan, seafoodnya cukup lengkap, ada king crab, udang, hingga scallop, lho!

Penulis akhirnya mencicipi beberapa menu, mulai dari bakso, sushi, waffle, roasted beef, dimsum, peking duck, odeng, nasi biryani lengkap dengan butter chicken, serta jus mangga. Kami bisa merasakan bahan-bahan yang digunakan sangat segar dan berkualitas. Ciamik!

Potret menu di 209 Dining Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Esok harinya, penulis mencoba menu buffet untuk sarapan pagi di restoran yang sama, yakni 209 Dining. Beberapa menunya berbeda, tetapi ada juga yang sama, seperti sushi, bakso, dan makanan India. Di bagian Traditional Corner, terdapat menu pecel yang bisa diracik langsung oleh koki yang bertugas. 

Lagi-lagi rasanya pun nikmat, terutama jus melon dan buah naga yang terasa segar di kerongkongan. Rasanya tak terlalu manis, sehingga membuat kami terus menerus refill gelas yang kosong. Kondisinya tak kalah dengan malam hari, bahkan jauh lebih ramai saat sarapan. 

7. Harga kamar per malam

Potret complimentary cake di Vasa Hotel Surabaya (IDN Times/Fina Wahibatun Nisa)

Terdapat beberapa range harga kamar di Vasa Hotel Surabaya yang bisa kamu pilih. Di antaranya

  • Select mulai dari Rp1,1 juta, 
  • Premium mulai dari Rp1,5 juta,
  • Executive mulai dari Rp2,2 juta, 
  • Apartment 1 Bedroom mulai dari Rp2,7 juta,
  • Apartment 2 Bedroom mulai dari Rp3,6 juta, 
  • Apartment 3 Bedroom mulai dari Rp4,8 juta, serta
  • Suite mulai dari Rp4 juta. 

Selengkapnya, kamu bisa langsung melihat informasi harga kamar di situs resmi mereka di vasahotelsurabaya.com, ya!

Itu dia ulasan pengalaman IDN Times staycation di Vasa Hotel Surabaya. Semoga bia menjadi inspirasi buat kamu yang sedang mencari hotel untuk staycation, ya!

Baca Juga: 5 Istilah Makan di Restoran Hotel yang Harus Kamu Tahu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya