TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nampan Sukomakmur Magelang: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips

Lokasinya gak jauh dari Nepal Van Java

ilustrasi nampan sukomakmur di kabupaten magelang (instagram.com/mdzfahmi)

Dibuka sebagai tempat wisata sejak 2021, awalnya Nampan Sukomakmur hanyalah lahan pertanian yang berada di Kabupaten Magelang. Dikarenakan pengelolaan lahan pertanian yang cukup bagus, akhirnya para petani dan warga setempat sepakat untuk menjadikan Nampan Sukomakmur sebagai wisata alam dan pertanian.

Dari berbagai sudut, Nampan Sukomakmur memiliki panorama yang sangat indah. Walaupun terbilang cukup baru, tapi Nampan Sukomakmur begitu ramai dikunjungi wisatawan lokal, terutama saat memasuki musim liburan atau pun di akhir pekan.

Sebelum berkunjung ke sana, sebaiknya simak dulu informasi wisata Nampan Sukomakmur sebagai bekal liburanmu berikut ini. Ketahui lokasi dan rute selengkapnya, ya!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

ilustrasi nampan sukomakmur di kabupaten magelang (instagram.com/luviwww)

Berlokasi di lereng Gunung Sumbing, Nampan Sukomakmur terletak di Dusun Nampan yang terletak di Desa Sukomakmur. Sejak dulu desa ini terkenal akan lahan pertanian teraseringnya yang begitu tertata rapi.

Sejauh mata memandang kamu akan disuguhkan pemandangan lahan pertanian yang ditanami padi dan berbagai sayuran tumbuh subur. Lahan pertanian ini langsung berhadapan dengan Gunung Sumbing. Karena itu, tempat wisata ini diberi nama Nampan Sukomakmur atau Negeri Sayur Sukomakmur.

Lokasi: Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 05.30-17.30 WIB

Harga: Rp5.000

2. Rute yang harus dilalui menuju Nampan Sukomakmur

ilustrasi desa sukomakmur di kabupaten magelang (instagram.com/tsura975)

Dengan suasana yang sejuk dan asri, Nampan Sukomakmur bisa dijadikan sebagai salah satu lokasi untuk healing. Dari Kota Magelang hanya dibutuhkan perjalanan selama 1 jam untuk bisa sampai ke Nampan Sukomakmur.

Menempuh jarak kurang lebih 25 kilometer, kamu bisa melalui akses Kaliangkrik yang terkenal akan destinasi wisata Nepal Van Java. Dari Magelang, kamu perlu mengambil jalur menuju ke Terminal Bendongan.

Dari Terminal Bendongan lurus saja, lalu belok kiri menuju Pasar Beseran. Setelah melalui Pasar Beseran, kamu sudah memasuki Kaliangkrik. Kamu hanya perlu melalui jalan utama Kaliangkrik hingga memasuki wilayah Dusun Gatukan, lalu belok ke kanan dan lurus saja.

Baca Juga: 10 Aktivitas Seru Desa Wisata Candirejo Magelang, Bikin Betah Liburan

3. Aktivitas seru di Nampan Sukomakmur

ilustrasi spot foto di nampan sukomakmur (instagram.com/riskiirdh)

Selama di Nampan Sukomakmur, kamu bisa menghabiskan waktu untuk bersantai sembari menikmati udara sejuk dengan suasana menenteramkan. Di sini kamu juga bisa dengan mudah menemukan spot menarik untuk bersantai, berfoto, dan melakukan beragam aktivitas seru lainnya. 

Dengan akses jalan yang telah dikelola dengan baik, kamu bisa bersepeda, jogging, camping, dan mengunjungi berbagai spot berfoto serta bersantai di Nampan Sukomakmur. Jika tertarik untuk camping di tempat ini, kamu perlu membayar biaya sewa tenda seharga Rp50.000.

4. Fasilitas yang ada di Nampan Sukomakmur

ilustrasi kafe di nampan sukomakmur (instagram.com/anggitoktantri)

Lanskap yang memukau membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Nampan Sukomakmur walau hanya sekadar menghabiskan waktu untuk bersantai. Meski terbilang baru, di sini kamu bisa menemukan fasilitas yang terbilang cukup lengkap.

Beberapa fasilitas yang telah tersedia, yakni rumah makan, toilet umum, spot foto, dan spot camping. Ada beberapa spot foto yang selalu menjadi tempat favorit para wisatawan, salah satunya jembatan yang terbuat dari potongan kayu dan bambu.

Spot foto ini berada tepat di tengah-tengah lahan pertanian terasering, sehingga kamu akan tampak berada di ketinggian. Di spot foto ini kamu bisa mengabadikan momen dengan latar belakang Gunung Sumbing dan hamparan pertanian terasering yang luas.

Baca Juga: 10 Pesona Kampung Nepal Van Java, Dijamin Bikin Mata Terpana! 

Verified Writer

Tyara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya