TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Negara Bebas Visa di Amerika Latin, Wisatanya Manjakan Mata!

Karena bebas visa, liburanmu pun anti ribet

Chili (unsplash.com/Olga Stalska)

Amerika Latin adalah wilayah yang terletak di benua Amerika, yang meliputi negara-negara di sebelah selatan Amerika Utara dan Tengah. Wilayah ini terdiri dari berbagai negara yang berbahasa Spanyol, Portugis, dan sebagian kecil berbahasa Prancis dan Belanda. 

Amerika Latin terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari hutan hujan tropis, Pegunungan Andes yang melintasi beberapa negara, dan pantai-pantai yang tersebar di berbagai wilayahnya. Kalau kamu ingin berkunjung ke Amerika Latin, jangan khawatir karena ada beberapa negara yang memiliki bebas visa dalam waktu tertentu. Kebijakan bebas visa di Negara Amerika Latin dimulai dari 21 hari sampai 180 hari.

Penasaran, negara di Amerika Latin mana saja yang memiliki kebijakan bebas visa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Brasil

Brazil (unsplash.com/Raphael Nogueira)

Brasil merupakan salah satu negara Amerika Selatan yang memiliki banyak kota cantik dan menjadi negara kelima di dunia yang memiliki lanskap tropis, serta subtropis, sehingga memiliki keanekaragaman satwa dan hayati. Wisata ikonik yang wajib dikunjungi saat ke Brasil ialah patung Kristus penebus dosa, Cristo Redentor and Corcovado di Rio de Janeiro.

Wisatawan cukup membeli tiket pesawat dan membawa paspor dengan masa tinggal 30 hari. Selain Cristo Redentor, ada beberapa destinasi wisata alam yang gak kalah menakjubkan, seperti Iguazu National Park, Copacabana Beach, Sugar Loaf, Porto de Galinhas, dan masih banyak lagi.

2. Chili

Chili (unsplash.com/Thomas Griggs)

Chili dikenal memiliki garis pantai terpanjang di dunia, yang membentang sekitar 6.500 km. Jika tertarik untuk menjelajahi Chili, pastikan membeli tiket penerbangan dan membawa paspor dengan masa tinggal selama 90 hari.

Negara paling selatan di dunia ini mempunyai banyak keindahan alam menakjubkan, dari pantai yang panjang hingga pulau penuh dengan misteri. Salah satu pulau yang penuh dengan misteri di Chili adalah Pulau Paskah atau Easter Island.

Pulau Paskah terkenal dengan patung-patung batu yang disebut Moai. Patung tersebut memiliki sejarah dan asal-usul yang belum sepenuhnya terpecahkan, sehingga menyimpan misteri yang menarik.

3. Ekuador

Ekuador (unsplash.com/Robinson Recalde)

Ekuador memiliki berbagai wisata alam menarik, seperti Galapagos Islands yang terkenal karena keanekaragaman hayati dan spesies endemik yang unik. Negara ini dilintasi oleh Pegunungan Andes, yang menawarkan gunung-gunung megah dan lembah-lembah yang hijau. 

Selama tinggal di Ekuador sampai 90 hari tanpa visa, pengunjung bisa belajar tentang kehidupan masyarakat lokal, budaya, dan tradisi mereka. Dengan memadukan pengalaman budaya dengan berpetualang di alam dapat menciptakan pengalaman yang holistik dan mendalam tentang Ekuador.

Baca Juga: 5 Destinasi Museum Menarik di Quito Ekuador, Memperkaya Wawasan!

4. Haiti

Haiti (unsplash.com/Patrice S Dorsainville)

Haiti memiliki kebijakan bebas visa selama 90 hari yang memberikan waktu cukup lama untuk menikmati keindahan alam dan budaya di sana. Negara ini mempunyai beberapa pantai menawan, seperti Labadee Beach, Kokoyo Beach, Bassin Bleu, dan Amiga Island. 

Ada pula desa unik yang terletak di dekat Labadee Beach, Labadie Village. Desa ini menawarkan pengalaman budaya Haiti yang autentik, dengan pasar lokal, kerajinan tangan, dan makanan tradisional.

5. Kolombia

Kolombia (unsplash.com/Leandro Loureiro)

Kolombia memiliki kebijakan bebas visa selama 90 hari. Selama 3 bulan di sana, wisatawan wajib mampir mengunjungi Tayrona National Park dan Valle de Cocora.

Tayrona National Park menawarkan pantai-pantai berpasir putih, hutan hujan tropis yang lebat, dan keanekaragaman hayati yang melimpah. Sedangkan Valle de Cocora adalah sebuah lembah yang terkenal dengan pohon palem tinggi dengan pemandangan spektakuler.

Kolombia mempunyai beberapa kota yang memiliki keunikan tersendiri, seperti Cartagena yang terkenal dengan bangunan klasik berarsitektur kolonial. Ada juga Bogota, ibu kota Kolombia yang menawarkan bangunan campuran antara arsitektur modern dan peninggalan kolonial.

6. Peru

Peru (unsplash.com/Willian Justen de Vasconcellos)

Wisatawan dapat tinggal di Peru selama 180 hari tanpa perlu mengajukan visa. Hal ini memberikan waktu yang cukup lama untuk menikmati keindahan dan kekayaan budaya di Peru.

Wisatawan wajib menjelajahi tempat wisata terkenal, seperti Machu Picchu, Titicaca Lake, atau berkeliling ke kota Lima, Cusco, dan Arequipa yang memiliki pesona daya tarik tersendiri. Di hari lain, wisatawan bisa belajar tentang musik dan tarian tradisional Peru yang selalu hadir saat festival dan perayaan besar, seperti Inti Raymi Festival di Cusco.

Verified Writer

Tamara Febriyanti

Still learning to be the best writer!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya