TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

23 Negara Bebas Visa di Afrika, Bisa Tinggal sampai 90 Hari!

Banyak destinasi wisata eksotis di benua ini

Burundi (pexels.com/id-id/@safari-consoler-3290243/)

Tak banyak orang yang tau kalau Afrika dipenuhi negara-negara dengan destinasi wisata eksotis, mulai dari wisata alam, safari, pantai, hingga budayanya. Selain itu banyak negara di Afrika yang telah bekerja sama dengan Indonesia memberikan kemudahan berupa fasilitas bebas visa dan Visa on Arrival (VoA) atau visa kedatangan.

Visa on Arrival adalah visa yang didaftarkan di bandara atau kantor imigrasi negara yang dituju dan dapat diperpanjang dengan lama waktu tertentu. Kini saatnya kamu menjelajah Benua Hitam melalui beberapa negara bebas visa di Afrika berikut ini!

Baca Juga: 7 Negara Bebas Visa di Amerika Latin, Wisatanya Manjakan Mata!

1. Gambia

Gambia (instagram.com/geographyking_kyle)

Gambia punya akses bebas visa selama 90 hari dengan syarat entry clearance dan internasional vaccination. Negara ini memiliki banyak destinasi sejarah dan alam yang memukau, lho. Kamu bisa bertualang di James Island, melihat sunset di Tanjung Verde, dan mengulik sejarah di ibu kota Gambia, Banjul. 

2. Mali

Mali (instagram.com/mijlof)

Negara Afrika kedua yang memberikan bebas visa bagi WNI adalah Mali. Bebas visa di sini berlaku selama 30 hari dengan syarat tambahan berupa bukti international vaccination.

Tak berbeda dengan Gambia, Mali memiliki wisata gurun, sejarah, dan taman nasional yang layak dikunjungi. Tak lupa ada masjid bernama Sankore di Timbuktu yang unik.

3. Maroko

Maroko (pexels.com/id-id/@postiglioni/)

Maroko juga memberikan akses bebas visa selama 90 hari untuk Indonesia. Kamu bisa puas mengeksplor dan berkeliling kota indah Maroko. Salah satunya yakni Marakesh dan Fez. Di sini banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur indah, serta aneka suvenir yang bisa dijadikan buah tangan.

4. Kenya

Kenya (instagram.com/travelprincess.de)

Kenya adalah negara di Afrika Timur yang terkenal akan wisata safarinya. banyak taman nasional. Kenya menerapkan Visa on Arrival bagi semua wisatawan, termasuk dari Indonesia, yang berlaku selama 90 hari. 

5. Namibia

Namibia (instagram.com/solly_levi)

Namibia memberikan akses bebas visa selama 30 hari bagi warga negara Indonesia. Sebagian besar wilayah negara ini berupa gurun dan kebanyakan wisatanya berupa taman nasional. Salah satu yang terbesar adalah Taman Nasional Etosha dengan luas lebih dari 20.000 km persegi. 

Baca Juga: 4 Negara Bebas Visa di Oseania, Didominasi Negara Kepulauan

6. Rwanda

Rwanda (instagram.com/iam_munezero)

Rwanda merupakan negara di Afrika Timur dengan ibu kota Kigali. Ibu kota Rwanda ini dipenuhi atraksi budaya, sejarah, dan juga pasar tradisional.

Selain itu, di Rwanda ada Taman Nasional Volcanoes dan Danau Kivu yang menjadi favorit wisatawan. Rwanda memberikan bebas visa yang berlaku selama 90 hari dengan syarat internasional vaccine bagi WNI.

7. Burundi

Burundi (pexels.com/id-id/@safari-consoler-3290243/)

Selain bebas visa, ada negara Afrika yang memberikan visa on arrival bagi WNI. Seperti Burundi, visanya dapat didaftarkan langsung di bandara.

Burundi memiliki pesona alam berupa Gunung Heha dengan ketinggian 2.600 meter di atas pemukaan laut. Taman Nasional Rusizi pun menjadi surga bagi para burung. Selain itu, ada pula Taman Nasional Kibira dan Ruvubu.

8. Cape Verde

Cape Verde (instagram.com/pascals_travelgram)

Visa on Arrival Cape Verde juga dapat diurus langsung di Bandara Internasional Nelson Mandela, Bandara Amilcar Cabar, Bandara Cesaria Evora, dan Bandara Aristides Perera. Cape Verde merupakan negara kepulauan di dekat Senegal yang beribu kota di Praia. Wisata terkenal di sini adalah pantainya yang indah, yakni Sal Tarafal dan Santa Monica. 

9. Comoros

Comoros Island (instagram.com/comoros_islands)

Comoros merupakan negara terkecil di Afrika yang letaknya di antara Mozambik dan Madagaskar. Wisata yang terkenal dari negara ini adalah Lac Sae atau danau garam. Ada juga pulau konservasi indah bernama Moheli Marine Park. Komoros memberika e-visa bagi Indonesia dengan masa tinggal 45 hari. 

10. Gabon

Gabon (instagram.com/gabonadventures)

Gabon terletak di pesisir barat tengah Afrika. Negara ini terkenal memiliki hutan hujan luas pantai yang indah serta taman nasional lengkap dengan satwa khas Afrika. Taman Nasional Lope, Pulau Ivindo, Pantai Pongara, Taman Nasional Akanda adalah sedikit dari tempat wisata yang ada di Gabon.

Visa on Arrival yang berlaku di Gabon adalah selama 90 hari. Namun, wisatawan harus mendaftarkan visa ini lewat Bandara Mitsamiouli dan Bandara International Libreville

Baca Juga: 5 Tips Bepergian ke Negara-negara yang Butuh Visa

11. Guinea

Guinea Bissau (instagram.com/julien_deganis)

Guinea merupakan salah satu negara di Afrika Barat yang beribu kota di Conakry. Tak cuma memiliki alam yang indah, Guinea juga dipenuhi masjid megah di tengah kota yang bernama Grand Mosque Conakry. Visa on Arrival bagi warga Indonesia yang berlaku di negara ini adalah selama 90 hari

12. Seychelles

Seychelles (instagram.com/alinakluck)

Seychelles adalah negara kepulauan di timur Kenya dengan pesona pantai indah. Bahkan negara ini pernah menjadi tempat bulan madu Pangeran William dan Kate Middleton, lho.

Iklimnya yang cukup tropis, sehingga asyik buat berlibur. Visa on Arrival di negara ini berlaku selama 90 hari, ya!

13. Sierra Leone

Sierra Leone (instagram.com/odyssees_darchitectures)

Sieera Leone adalah negara indah di Afrika Barat dengan pemandangan menawan. Meskipun tak terlalu luas, tetapi negara ini bisa jadi destinasi liburanmu. Apalagi ada Visa on Arrival yang diterapkan, sehingga membuat bujet liburanmu lebih murah. 

Baca Juga: 4 Negara Bebas Visa di Timur Tengah, Maroko hingga Turki

14. Madagaskar

Madagaskar (instagram.com/tourscanner)

Madagaskar adalah negara Afrika dengan wilayah cukup luas.  Ada Hutan Baobab, Taman Nasional Masoala, dan Taman Nasional Bemaraha Tsingy yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO karena keunikannya. Visa on Arrival yang berlaku di negara ini adalah selama 90 hari.

15. Malawi

Malawi (instagram.com/inspire_malawi)

Malawi adalah negara di Afrika Selatan yang berbatasan dengan Tanzania, Zambia, dan Mozambique. Saat ke sini, kamu bisa bertualang di taman safari dan pergi ke taman nasional. Visa on Arrival yang berlaku bagi WNI adalah 30 hari dan dapat diperpanjang 90 hari.

Baca Juga: Uni Eropa Bebaskan Visa Perjalanan bagi Warga Kosovo

16. Mauritinia

Mauritania (instagram.com/sacredgrounds_)

Mauritania merupakan negara di Afrika Barat dengan bahasa resmi yakni bahasa Arab. Ada bangunan bersejarah dan wisata alam yang tak kalah menawan dari negara Afrika lainnya. Selain itu, Mauritania juga sudah memiliki kebijakan Visa on Arrival bagi WNI dan dapat diurus di Bandara Internasional Nouakchott Oumtounsy.

17. Mauritius

Mauritius (instagram.com/roxanaa.pertache)

Mauritius merupakan negara kepulauan yang mayoritas warganya menganut agama Hindu. Karena di kelilingi laut, maka wisata yang wajib didatangi adalah Pantai Flic en Flac,  Lemorne, dan masih banyak lagi. Serunya, Mauritius ini punya kebijakan Visa on Arrival bagi WNI yang berlaku selama 90 hari.

18. Mozambique

Mozambique (instagram.com/kisawasanctuary)

Mozambik adalah negara Afrika terluas dengan banyak bangunan bersejarah. Salah satunya adalah Maputo. Selain itu, ada banyak pantai indah berair jernih yang jadi destinasi wisata unggulan di sana. Visa on Arrival yang berlaku di negara ini 30 hari. 

19. Tanzania

Tanzania (instagram.com/ndutusafarilodge)

Tanzania terkenal memiliki banyak taman nasional seperti, Serengeti, Tarangire, Unguja, Dar Salam. Negara ini memberikan Visa on Arrival selama 90 hari bagi WNI.

20. Togo

Togo (instagram.com/aparicio_sofia)

Togo menerbitkan Visa on Arrival selama 7 hari bagi WNi. Dengan visa ini kamu bisa berkeliling di Koutammakou The Land, gunung, air terjun, dan danau di negara ini. 

Baca Juga: Apa itu Visa Digital Nomad yang Diluncurkan Korea Selatan pada 2024? 

21. Uganda

Uganda (instagram.com/anabel_travel

Uganda memberikan Visa on Arrival 30 hari bagi WNI. Namun, ada syarat tambahan lain berupa bukti vaksin internasional. Uganda adalah negara di Afrika Timur yang mayoritas warganya beragama Kristen.

Meski begitu, Uganda memiliki masjid indah bernama Uganda National Mosque. Wisata yang terkenal dari Uganda adalah Danau Victoria, Mgahinga Gorilla National Park, dan masih banyak lagi. 

22. Zimbabwe

Zimbabwe (instagram.com/djjoeiron)

Zimbabwe beerada di Afrika Tenggara. Negara dengan destinasi wisata terkenal Air Terjun Victoria ini memberikan Visa on Arrival untuk WNI sebanyak 90 hari, lho. 

Verified Writer

Natasha Wiyanti

🍉

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya