TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Danau Lau Kawar: Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Tips Wisata

Cuacanya dingin bahkan sampai 12 derajat

Danau Lau Kawar (instagram.com/herykhu)

Tepat di Kaki Gunung Sinabung, terdapat sebuah danau besar dan luas bernama Lau Kawar. Danau ini berada di ketinggian 2.450 mdpl yang membuat cuaca di sana sejuk dan dingin. Tak cuma cuacanya yang bikin betah, panorama alamnya sangat memanjakan mata, lho. Bahkan pemandangan indah ini sudah bisa kamu dapatkan meski masih dalam perjalanan menuju Danau Lau Kawar dari Kota Berastagi. 

Bila kamu berencana healing ke tempat ini, wajib banget nih mengetahui beberapa informasi seputar Danau Lau Kawar di bawah ini.

1. Lokasi, harga tiket masuk, dan jam buka

Danau Lau Kawar (instagram.com/nadillatrianaputri_1302)
  • Lokasi: Kaki Gunung Sinabung, Desa Kutagugung, Namanteran, Karo, Sumatera Utara
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: Gratis, namun membayar parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil

Baca Juga: Nikmat Pol! 4 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba kalau Traveling ke Sumatra

2. Rute menuju Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar di kaki Gunung Sinabung (instagram.com/nadillatrianaputri_1302)

Karena lokasinya di bawah kaki Gunung Sinabung, Danau Lau Kawar dapat dijangkau sekitar 27 menit dari Kota Brastagi atau 80 km dari Kota Medan. Untuk sampai ke sana kamu harus melewati beberapa jalan, yaitu Jalan Simpang Empat lalu menuju Jalan Lau Kawar dan terus mengikuti jalan hingga sampai Danau Lau Kawar.

Kondisi jalan menuju danau sudah bagus dan halus. Kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat untuk ke sana. Selain kendaraan pribadi ada transportasi umum yang beroperasi sampai desa terdekat.

Selama perjalanan kamu takkan merasa lelah karena disuguhi pemandangan indah di sepanjang jalan. Bahkan terlihat seperti naik ke gunung saat mendung atau berkabut. 

 

3. Aktivitas yang dapat dilakukan

Area camping di Danau Lau Kawar (instagram.com/rzklnaa)

Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di Danau Lau Kawar ini seperti berkemah, memancing, bermain olahraga air, naik sampan, atau sekedar santai menikmati panorama alam danau di kaki Gunung Sinabung ini. Kamu juga bisa hunting foto karena lokasinya sangat indah dan instagenic banget.

Ada beberapa resto di sekitar danau yang meyediakan spot foto estetik juga berlatar Danau Lau Kawar, lho. Bahkan tempat ini sering dijadikan lokasi prewedding sepasang pengantin.

Ada beberapa spot duduk yang dapat kamu manfaatkan kalau kamu ingin melihat dan santai dipinggir danau ini. Tak lupa banyak warung dan resto yang siap menyediakan minuman hangat seperti kopi dan teh. 

4. Daya tarik

Danau Lau Kawar (instagram.com/pira.poerba)

Daya tarik utama danau ini adalah panoramanya yang indah dan udaranya yang sejuk. Meski dulu sempat ditutup saat Gunung Sinabung erupsi, kini Danau Lau Kawar dibuka kembali dan jadi tempat favorit liburan dan berakhir pekan.

Selain area danau, terdapat lahan hijau atau daratan sekitar 3 hektar di pinggirnya. Pengunjung dapat menyewa area sekitar danau untuk camping dan mendirikan tenda di tempat ini.

Selain panorama alamnya yang indah, banyak legenda atau cerita rakyat yang menyertai keberadaan danau seluas 200 hektar dan kedalaman 40-50 meter. Salah satu cerita asal usul Danau Lau Kawar adalah kisah kutukan seorang nenek yang kecewa kepada keluarganya. Saat itu Desa Kawar yang merupakan kawasan danau, mengalami panen yang luar biasa sukses. Tak heran bila semua warganya sibuk mempersiapkan pesta sebagai simbol rasa syukur mereka. Namun seorang nenek tidak bisa ikut dalam pesta ini karena lumpuh. Keluarga nenek ini yang tengah berpesta lupa untuk mengantarkan makanan pada sang nenek.

Di saat yang bersamaan, nenek tersebut sangat kecewa dan berdoa, lalu datanglah badai dan banjir yang membuat desa mereka tenggelam dan menjadi sebuah danau, yang kini dikenal sebagai Lau Kawar.

Baca Juga: [QUIZ] Sumatra Barat atau Sumatra Selatan, Kami Tahu ke Mana Kamu Harus Liburan

Verified Writer

Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya