TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Wisata Serba-serbi Bung Karno yang Menambah Wawasan Sejarahmu

Letaknya di berbeda-beda provinsi

Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur (google.com/maps/Husna Fatima Eprilian)

Sebagai presiden pertama di Indonesia, Sukarno memiliki riwayat sejarah yang panjang. Kehidupan pribadinya hingga jejak sejarah Sukarno dapat kita ketahui bukan hanya dari media tapi juga tempat wisata, lho.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali wisata yang bikin kamu kenal lebih dekat dengan bapak proklamator tersebut. Berikut, lima wisata serba-serbi Bung Karno di Indonesia yang harus kamu tahu.

1. Tempat Kelahiran Sukarno

Rumah Kelahiran Bung Karno di Surabaya (google.com/maps/Ihdatul Amalia)

Pernah terjadi berita simpang siur tempat kelahiran Bung Karno. Ada yang menyebut, Bung Karno lahir di Blitar, Jawa Timur. Tapi rumah yang terletak di Surabaya ini mengungkap jika di sini, presiden pertama Indonesia tersebut lahir.

Rumah yang berada di Kecamatan Genteng, Surabaya ini berdiri di antara pemukiman penduduk lainnya. Bangunannya mencolok karena terdapat plakat bertulis Rumah Lahir Bung Karno.

Di dalamnya terdapat pajangan foto berupa memorabilia, beberapa perabotan, hingga foto muda Bung Karno. Di museum ini terdapat tembok yang digunakan untuk informasi visual mulai dari Bung Karno lahir sampai menjadi presiden.

2. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno di Blitar (google.com/maps/Shanty Dhyzayra)

Masih di Jawa Timur, tepatnya di Blitar, kamu bisa mengunjungi sekalian wisata yang tak lain adalah tempat peristirahatan terakhir Bung Karno. Makam yang dikenal juga dengan sebutan Astono Mulyo ini bukan hanya terdapat makan Bung Karno saja, lho.

Ayah dan Ibu Bung Karno juga dimakamkan di sini. Bukan hanya berziarah! Makam Bung Karno dilengkapi juga dengan museum hingga perpustakaan yang bisa dijadikan tempat untuk menambah wawasan.

Di dalam museumnya sendiri menyimpan koleksi Bung Karno berupa lukisan hingga barang pribadi milik sang presiden. Sedangkan di perpustakaanya, kamu bisa membaca langsung buku tentang Bung Karno.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Dekat Makam Bung Karno di Blitar

3. The Sukarno Center

The Sukarno Center, Bali (google.com/maps/by dwiee)

Didirikan serta diresmikan langsung oleh putri Bung Karno yaitu Sukmawati Soekarno Putri beserta rektor Universitas Mahendradata yakni Dr. Shri I Gusti Ngrh. Arya Wedakarna MWS III, The Sukarno Center merupakan wisata Bung Karno lainnya di Bali yang bisa kamu kunjungi.

Bangunannya kental dengan budaya Bali, interiornya memukau banget karena konsepnya klasik. Bikin siapa saja yang menjelajahi bagian dalam museum seperti kembali ke masa lalu. Koleksinya didominasi foto-foto Bung Karno yang masing-masing memiliki kisah tersendiri.

Terdapat koleksi perabotan dan benda-benda penting lainnya milik Bung Karno di The Sukarno Center, lho.

4. Museum Bung Karno

Museum Bung Karno di Bali (google.com/maps/Michael Ozora)

Ada lagi wisata serba-serbi Bung Karno yang bisa kamu kunjungi selama di Bali selain The Sukarno Center yaitu Museum Bung Karno. Museum ini juga diresmikan oleh putri Bung Karno langsung yaitu Megawati Soekarno Putri.

Ada apa saja di museum ini, ya? Baru tiba di depan museum, kamu bakal dapati patung Bung Karno membaca teks proklamasi. Lanjut dengan pemandangan menarik mobil yang pernah digunakan Bung Karno terpajang di pintu masuk, serta relief dinding berbentuk Bung Karno dan Ibu Fatmawati. 

Bagian dalam museum terdapat benda hingga koleksi buku yang pernah dibaca Bung Karno. Ada juga replika kamar tidur Bung Karno beserta keluarga. Bahkan di sini terdapat properti asli yang dulunya pernah digunakan oleh Bung Karno dan Ibu Fatmawati.

Verified Writer

Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya