TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Objek Wisata Sekitar Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Sekalian Main!

Wisatanya bernuansa alam semua, lho

Pantai Gading Purba, Wonogiri, Jawa Tengah (google.com/maps/Aya)

Mulanya dibangun untuk sumber air masyarakat Wonogiri, siapa sangka jika lambat laun Waduk Gajah Mungkur menjadi wisata menarik untuk dikunjungi. Gak cuma wisatawan dalam kota saja tapi juga luar kota karena waduk ini terkenal sebagai waduk terbesar di Wonogiri.

Lebih menariknya lagi, di sekitar Waduk Gajah Mungkur terdapat objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi juga untuk menghabiskan waktu liburan selama di sini. Berikut, lima objek wisata sekitar Waduk Gajah Mungkur yang bisa dijelajahi satu per satu.

1. Watu Cenik Wonogiri

Watu Cenik, Wonogiri, Jawa Tengah (google.com/maps/dennyapril6)

Kalau kamu kepengin menikmati bentang alam Waduk Gajah Mungkur, datanglah ke Watu Cenik Wonogiri. Watu Cenik Wonogiri adalah titik pandang yang berada di atas bukit ini sehingga kamu bisa menikmati luasnya waduk dari sini.

Dari kejauhan juga nampak sekali gugusan pegunungan yang jadi latar belakang menarik bisa dilihat sekalian. Di Watu Cenik Wonogiri dilengkapi juga dengan spot berfoto yang instagramable banget.

Watu Cenik Wonogiri juga bukan sekadar wisata. Baik warga lokal maupun wisatawan sering menikmati senja di sini. Pemandangannya indah!

2. Pantai Gading Purba

Pantai Gading Purba, Wonogiri, Jawa Tengah (google.com/maps/Syaudah)

Di sisi sebelah lainnya Waduk Gajah Mungkur disulap menjadi wisata Pantai Gading Purba. Tentunya, objek wisata ini bukanlah sungguhan pantai, hanya nama saja pantai untuk menarik perhatian wisatawan.

Fokus utama Pantai Gading Purba yaitu panorama perairan Waduk Gajah Mungkur yang memesona dan elok. Wisatawan yang datang ke sini bukan hanya dimanjakan oleh bentang alamnya saja tapi juga bisa kulineran, lho.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Alam di Wonogiri yang Jadi Favorit Warga Lokal

3. Wisata Batu Lebar atau Platar Ombo

Wisata Batu Lebar atau Platar Ombo, Wonogiri, Jawa Tengah (google.com/maps/Dwi Wahyudi Zain)

Wisata Batu Lebar ini sebetulnya adalah daratan di tepi Waduk Gajah Mungkur yang difungsikan sebagai wisata juga. Ingin menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur dapat dilakukan dari sisi ini.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di Wisata Batu Lebar mulai dari bermain air di tepi waduk, memancing, berjemur, sampai piknik.

4. Taman Satwa Waduk Gajah Mungkur

Taman Satwa Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah (google.com/maps/Rahmat Kurdityanto)

Jika kamu kebetulan liburan bersama keluarga membawa serta buah hati saat ke Waduk Gajah Mungkur, bisa banget mampir ke Taman Satwa Waduk Gajah Mungkur, lho. Memanjakan anak-anak dengan mengelilingi taman satwa serta melihat koleksi satwa menarik lainnya di sini.

Satwa yang menghuni wisata ini terdiri dari gajah, orangutan, buaya, hingga berbagai spesies burung. Taman Satwa Waduk Gajah Mungkur dilengkapi juga dengan arena bermain untuk anak-anak, lho.

5. Hutan Pinus Bukit Suwondo

Hutan Pinus Bukit Suwondo, Wonogiri, Jawa Tengah (google.com/maps/inka)

Jika ditempuh menggunakan kendaraan jaraknya kurang lebih 10 menit dari Waduk Gajah Mungkur, kamu bisa mampir sekalian ke Hutan Pinus Bukit Suwondo. Waktu terbaik ke sini tentunya saat bukan musim kemarau.

Ke sini pada saat dedauan pohon pinus tumbuh hijau memberi kesejukan tersendiri di hati. Hawa dingin juga terasa sekali ketika mengelilingi Hutan Pinus Bukit Suwondo. Cocok untuk healing.

Karena pesonannya yang unik, Hutan Pinus Bukit Suwondo juga sering jadi tujuan atau spot hunting foto.

Sekitar Waduk Gajah Mungkir banyak berdiri penginapan juga, lho. Kalau kamu kepengin menjelajahi seluruh objek wisata sekitar Waduk Gajah Mungkur tadi, bisa banget memilih penginapan terdekatnya. Menariknya, penginapan-penginapan tersebut juga memiliki pemandangan langsung ke waduk, lho. Bikin gak sabar liburan ke Wonogiri, deh.

Baca Juga: 3 Oleh-Oleh Khas Wonogiri, Jajanan Tradisional Dikemas Kekinian

Verified Writer

Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya