TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Estimasi Biaya Liburan ke Maldives, Berikut Rinciannya

Biar liburanmu terencana tanpa takut boncos

ilustrasi salah satu pulau di Maldives (unsplash.com/Masroor Ahmed)

Maldives adalah salah satu destinasi impian buat para penggemar wisata pantai. Air lautnya yang biru jernih dan pasir pantai putih mengundang turis untuk bertandang.

Di luar itu, Maldives juga punya pemandangan bawah laut yang menakjubkan, lho. Kamu bisa coba snorkeling atau scuba diving di sini untuk menikmatinya.

Namun, biaya liburan ke Maldives tidak bisa dibilang murah. Kamu perlu merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk bisa menikmati destinasi wisata di sini. Oleh karena itu, agar liburanmu lebih terencana, kamu bisa pahami estimasi biaya liburan ke Maldives berikut ini.

1. Biaya tiket pesawat ke Maldives

ilustrasi tiket pesawat ke luar negeri (freepik.com/freepik)

Biaya liburan ke Maldives pertama yang harus kamu siapkan adalah tiket pesawat. Biaya untuk beli tiket pesawat ini terbilang cukup mahal. Sebab, belum ada rute pesawat dari Indonesia yang langsung menuju Maldives.

Namun, kamu gak perlu khawatir. Kamu bisa naik pesawat dengan rute Singapura-Maldives dari Bandara Changi. Jadi, pertama, kamu bisa naik kapal feri terlebih dulu dari Batam menuju ke Singapura. Biaya naik kapal ini sekitar Rp450 ribu untuk satu kali perjalanan. Atau, kalau mau praktis bisa naik pesawat dari Jakarta langsung ke Singapura.

Setelahnya, lanjutkan perjalanan dari pelabuhan menuju Bandara Changi dengan transportasi darat yang tersedia. Selanjutnya, kamu bisa naik pesawat dengan tujuan Maldives. Bila beruntung, kamu bisa dapatkan tiket pesawat kelas ekonomi dengan harga Rp2,6 juta untuk rute penerbangan ini.

2. Biaya pembuatan paspor dan visa

Ilustrasi paspor Indonesia (IDN Times/Sunariyah)

Untuk pergi liburan ke Maldives, kamu perlu mempersiapkan biaya untuk pembuatan paspor. Paspor jadi salah satu dokumen wajib yang harus kamu bawa saat berpergian ke luar negeri, termasuk ke Maldives.

Dilansir laman Kementerian Hukum dan HAM RI, besaran biaya pembuatan paspor sekitar Rp350 ribu untuk paspor biasa. Sementara, untuk paspor elektronik kamu akan dikenakan biaya pembuatan sebesar Rp650 ribu.

Nah, kamu bisa sedikit lega karena liburan ke Maldives tidak perlu memiliki visa. Yap, melansir dari laman Direktorat Jenderal Imigrasi, Maldives masuk ke dalam salah satu negara bebas visa wisata untuk pemegang paspor Indonesia hingga 30 hari.

3. Biaya asuransi perjalanan

ilustrasi asuransi perjalanan (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski gak wajib, kamu disarankan untuk beli asuransi perjalanan. Asuransi ini berguna untuk memberikan perlindungan selama kamu liburan. Selain itu, dengan membeli asuransi perjalanan liburanmu bisa jadi lebih nyaman dan tenang, deh.

Nah, besaran biaya asuransi perjalan ke Maldives sendiri cukup variatif. Namun, jangan khawatir, biayanya gak mahal, kok. Besaran biaya asuransi perjalanan ke Maldives berkisar antara Rp23 ribu-Rp76 ribu. Kamu bisa sesuaikan besaran biayanya sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

Baca Juga: 14 Spot Paling Instagramable di Maldives, Gak Hanya Panorama Laut

4. Biaya akomodasi di Maldives

potret salah satu resort di Maldives (unsplash.com/Mike Swigunski)

Kalau bujet liburanmu terbatas, kamu bisa pilih menginap di guest house selama di Maldives. Opsi ini jauh lebih murah daripada menginap di hotel bintang 3 maupun menginap di resort. Untuk biaya menginap per malam di guest house biasanya berkisar Rp500 ribu-Rp1 juta per malam.

Akan tetapi, jika bujetmu cukup banyak, kamu bisa coba menginap di resort mewah. Misalnya saja Hurawalhi Island Resort dan Batos Maldives. Kedua resort tersebut menawarkan pengalaman menginap di hunian yang ada di bibir pantai. Sayangnya, tarif per malam menginap di sini cukup pricey, sekitar Rp19 juta per malam.

5. Biaya makan

ilusrasi makanan di Maldives (facebook.com/The Standard, Maldives)

Apabila menginap di resort mewah, kamu gak perlu khawatir soal biaya makan. Sebab, kebutuhan makan akan disediakan oleh pihak resort.

Sementara itu, jika kamu ingin makan di restoran atau kafe, besaran biayanya sekitar Rp100 ribu untuk sekali makan. Besarannya bisa saja lebih besar tergantung lokasi di mana kamu ingin menyantap makanan.

6. Biaya transportasi selama di Maldives

ilustrasi bus di Maldives (coralglass.market)

Ada banyak moda transportasi di Maldives yang bisa kamu pilih. Untuk jalur darat, kamu bisa naik taksi atau bus. Tarif naik taksi akan sedikit lebih mahal daripada naik bus.

Besaran tarif naik taksi sekitar Rp25 ribu ditambah dengan bagasi Rp5 ribu. Sementara, jika naik bus, besaran tarifnya sekitar Rp15 ribuan. Namun, besaran ini bisa berubah tergantung dari jarak perjalanan yang kamu tempuh. 

Baca Juga: 9 Pulau di Indonesia Ini Gak Kalah Indah dengan Maldives, Bikin Takjub

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya