TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biaya Liburan ke Jepang 2023, Ini Estimasinya

Besarannya tergantung pada banyak faktor

Suasana kota Tokyo, Jepang (IDN Times/Anata)

Mau tahu berapa biaya liburan ke Jepang 2023? Gak perlu khawatir! Liburan ke Negeri Sakura bisa jadi lebih terjangkau dari yang kamu kira, kok. Dalam artikel ini, kamu bakal mendapatkan panduan lengkap tentang estimasi biaya liburan ke Jepang.

Panduan lengkap ini akan membahas semua aspek biaya mulai dari tiket pesawat, akomodasi, makanan, transportasi, hingga aktivitas wisata. Jadi, jangan lewatkan informasi berikut ini agar liburan ke Jepangmu berjalan lancar. Yuk, simak selengkapnya!

1. Biaya pembuatan paspor dan visa

Ilustrasi visa (unsplash.com/ConvertKit)

Syarat liburan ke Jepang yang harus kamu persiapkan adalah paspor dan visa. Oleh karena itu, kamu perlu memperhitungkan biaya pembuatan paspor dan visa Jepang. Besaran biaya paspor Indonesia saat ini adalah sekitar Rp350 ribu untuk paspor biasa berlaku 5 tahun.

Setelah kamu memiliki paspor, kamu harus mengajukan visa Jepang. Biaya visa wisata Jepang sekitar Rp450 ribu. Biaya visa bisa berubah, jadi pastikan untuk memeriksa informasi terbaru di Kedutaan Besar Jepang sebelum mengajukan aplikasi, ya.

2. Biaya tiket pesawat

ilustrasi tiket pesawat (freepik.com/freepik)

Biaya tiket pesawat dari Jakarta ke Jepang bervariasi. Besarannya tergantung pada beberapa faktor, seperti musim perjalanan, maskapai, dan kelas penerbangan. Biaya tiket pesawat ekonomi Jakarta-Tokyo berkisar antara sekitar Rp4 juta-Rp12 juta untuk satu kali perjalanan. 

Kamu bisa cari tiket yang lebih murah memanfaatkan promo atau berangkat saat low season. Selain itu, cobalah untuk memesan tiket dengan jauh lebih awal sebelum tanggal keberangkatanmu. Jika beruntung, kamu akan menemukan tiket Jakarta-Tokyo seharga Rp3 jutaan.

Baca Juga: Biaya Liburan ke Thailand 2023, Segini Estimasinya

3. Biaya tiket wisata

Tokyo Disneyland (unsplash.com/@fzeo)

Kamu juga perlu mempertimbangkan biaya tiket wisata. Kamu bisa mencatat destinasi apa saja yang ingin kamu kunjungi. Misalnya, Tokyo Disneyland dan Taman Kenrokuen. Selain itu, beberapa bahkan dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Jepang yang beserta harga tiketnya:

  1. Hiroshima Peace Memorial Park gratis
  2. Kuil Fushimi Inari Taisha gratis
  3. Taman Ueno gratis
  4. Kuil Meiji gratis
  5. Taman Kenrokuen sekitar Rp40 ribu
  6. Kuil Kiyomizu-dera sekitar Rp52 ribu
  7. Istana Himeji sekitar Rp130 ribu
  8. Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu sekitar Rp130 ribu-Rp390 ribu
  9. Tokyo Disneyland Rp1 juta

4. Biaya penginapan

ilustrasi penginapan di Jepang (unsplash.com/Steven Ungermann)

Biasanya, hotel di Jepang menyediakan kamar berukuran kecil dengan tempat tidur single. Akan tetapi, jika kamu ingin menghemat, kamu bisa menyewa akomodasi melalui AirBnB. Tarifnya sekitar Rp500 ribu per malam untuk satu orang.

Selain itu, Jepang juga menawarkan banyak pilihan penginapan unik, seperti hotel kapsul. Hotel kapsul menyediakan tempat tidur berbentuk kapsul yang cocok bagi solo traveler. Tarif per malamnya juga jauh lebih affordable dibanding menginap di hotel berbintang.

5. Biaya makan

ilustrasi makan di Jepang (unsplash.com/j)

Biaya makan selama liburan ke Jepang tergantung pada preferensi dan lokasi yang kamu kunjungi. Untuk makanan cepat saji atau street food, kamu perlu merogoh kocek sekitar 500 hingga 1.500 yen per makanan, atau setara dengan Rp75 ribu-Rp225 ribu.

Jika kamu pilih makan di restoran, harga menunya berkisar antara 2.000 hingga 5.000 yen Jepang atau sekitar Rp300 ribu-Rp750 ribu. Namun, untuk restoran kelas atas harganya bisa lebih mahal dari itu. Jadi, sebaiknya rencanakan budget makanmu dengan baik, ya.

Selain itu, ada juga pilihan makanan instan seperti ramen, soba, atau tempura di kedai-kedai lokal. Jika kamu ingin paket lengkap dan mengenyangkan, coba cari restoran dengan menu konbini. Biasanya, harganya lebih terjangkau.

6. Biaya transportasi selama di Jepang

ilustrasi naik kereta di Jepang (unsplash.com/Daryan Shamkhali)

Besaran biaya transportasi di Jepang tergantung pada kota yang dikunjungi dan jenis transportasi yang dipilih. Umumnya, turis akan naik transportasi umum seperti kereta api karena harganya yang ekonomis.

Di Tokyo, misalnya, tiket kereta harian dapat berkisar antara 600 hingga 1.000 yen Jepang atau sekitar Rp90 ribu-Rp150 ribu. Jumlahnya tergantung pada jarak dan waktu perjalananmu. Biayanya lebih hemat kalau kamu menggunakan JR Pass untuk 7 hari.

Kamu juga bisa naik taksi untuk bermobilisasi. Akan tetapi, tarif taksi di Jepang cukup mahal meskipun hanya untuk perjalanan dalam kota.

7. Biaya internet dan asuransi perjalanan

ilustrasi SIM card (techspot.com)

Selanjutnya, jangan lupakan biaya untuk data internet dan juga asuransi perjalanan. Untuk data internet, kamu bisa membeli SIM kartu prabayar sekitar Rp150 ribu-Rp300 ribu buat 1 bulan. Opsi lainnya, kamu juga bisa menyewa router dengan tarif Rp75 ribu per hari.

Sementara untuk asuransi perjalanan besaran biayanya tergantung pada cakupan dan durasinya. Secara umum, asuransi perjalanan untuk liburan ke Jepang mungkin berkisar antara Rp200 ribu-Rp500 ribu. Dengan memiliki asuransi perjalanan, kamu akan lebih siap menghadapi segala kemungkinan selama di Jepang.

Baca Juga: Biaya Liburan ke Malaysia 2023, Siapkan Bujet dari Sekarang!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya