TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Pantai Buyutan Pacitan, Ada Kisah Legendanya!

Berburu sunset di sini gak bakal bikin kamu menyesal

Pantai Buyutan (instagram.com/syafrianzamorano)

Pacitan, Jawa Timur, dikenal memiliki barisan wisata pantai pasir putih yang begitu menawan di pesisir selatannya. Bila kamu ingin berlibur ke Pacitan, salah satu pantai yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Buyutan.

Pantai Buyutan memiliki keunikan tersendiri dengan adanya sebuah batu karang berbentuk seperti mahkota dewa. Panorama pasir putih dan lautnya pun tak kalah mengesankan.

Lanskap alamnya begitu juara, fakta Pantai Buyutan di Pacitan, Jawa Timur, ini dijamin bikin kamu kebelet liburan, deh. Simak pula legenda di baliknya, ya!

1. Suasana pantai yang masih alami

Pantai Buyutan (instagram.com/condrowibowo)

Pantai Buyutan memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang. Panorama yang disuguhkan pantai ini sangat memesona, bahkan tak kalah indah bila disandingkan dengan pantai yang ada di Bali atau Lombok sekalipun.

Lokasi Pantai Buyutan menghadap langsung ke Samudra Hindia, sehingga tak heran ombaknya pun terdengar cukup riuh dan besar. Saat berada di sini, kamu bisa merasakan asyiknya bersantai sambil menikmati semilir angin yang sejuk.

2. Kisah legenda Pantai Buyutan

Pantai Buyutan (instagram.com/abibagas21)

Tak jauh dari tepian pantai, ada sebuah batu karang menjulang yang menjadi ikon khas Pantai Buyutan. Namun, ada cerita legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar mengenai asal mula keberadaan batuan tersebut.

Batuan ini memiliki bentuk unik, mirip seperti mahkota Dewa Narada. Konon, mahkota milik Dewa Narada tersebut jatuh di Pantai Buyutan saat sedang melintas. Kemudian, lama-kelamaan mahkota tersebut mengeras dan menjadi batu.

Baca Juga: 9 Wisata di Pacitan selain Pantai, Gak Kalah Keren dan Indah

3. Dikelilingi perbukitan hijau

Pantai Buyutan (instagram.com/hvic_32)

Selain pantainya, perbukitan karang di Pantai Buyutan juga menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk menikmati pemandangan, berburu foto hingga berkemah. Panorama bukit ini sangat asri karena ditutupi oleh sabana hijau.

Perbukitan ini mengelilingi Pantai Buyutan, sehingga seolah membuat pantai ini seperti pantai tersembunyi. Dari sini, garis pantai yang panjang, birunya laut, dan perbukitan hijau akan tersaji begitu indah.

Bila ingin mengabadikan foto dari titik tersebut, waktu terbaik adalah sebelum tengah hari. Matahari yang masih berada di Timur akan sangat mendukung pencahayaan foto.

4. Lokasi sempurna untuk berburu sunset

Pantai Buyutan (instagram.com/addin_dc)

Sore hari menjadi waktu yang pas untuk berkunjung ke Pantai Buyutan. Bila cuaca sedang cerah, maka eksotisnya matahari terbenam yang berpadu dengan lautan bisa kamu saksikan di sini.

Panorama ini bisa kamu lihat seutuhnya dari atas perbukitan. Jangan lupa siapkan kameramu untuk mengabadikan momen ini, ya! Dijamin keren abis!

Baca Juga: 9 Spot Foto di Pantai Kasap Pacitan, Raja Ampatnya Jawa Timur!

Verified Writer

Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya