TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Traveling Hemat Tanpa Menghilangkan Keseruan, Wajib Dicoba!

Ada rencana pergi ke mana akhir pekan ini?

ilustrasi sahabat (pexels.com/Asya Cusima)

Di zaman yang serba sibuk seperti saat ini, salah satu hal yang menjadi kebutuhan penting untuk dipenuhi adalah liburan. Pergi berwisata setelah bekerja keras tentu akan menjadi momen yang baik untuk melepas penat dan kembali mengisi energi yang telah terkuras.

Namun, alih-alih menyegarkan pikiran, besarnya biaya yang dibutuhkan untuk liburan terkadang malah membuat pusing. Bila permasalahan ini sering kamu hadapi, saatnya mencoba untuk menjalani wisata yang ramah kantong, tetapi sensasi keseruannya masih tetap terasa. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti tips di bawah ini!

1. Pergi bersama teman

ilustrasi backpacker (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kalau ingin mendapatkan akomodasi wisata yang lebih murah, ajaklah satu atau dua orang temanmu. Tujuannya sederhana, yaitu agar kalian bisa membayar sewa kamar yang lebih murah karena satu kamar dibayar oleh dua atau tiga orang.

Pergi bersama teman juga membuat petualanganmu bisa lebih seru karena biasanya akan muncul berbagai ide spontan yang menarik untuk dicoba. Namun, ada baiknya mengajak teman yang sifatnya tidak merepotkan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Tetap Aman saat Solo Traveling, Worry-Free!

2. Menginap di hostel

ilustrasi seorang turis memesan kamar di bagian resepsionis (pexels.com/cottonbro)

Hostel adalah pilihan tepat untuk menginap dengan budget terbatas. Kamu pun bisa memilih hostel yang menyediakan kamar privat atau tipe dormitory, sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Tidak perlu khawatir. Selagi rajin mencari referensi dan membaca penilaian dari pengunjung sebelumnya, kamu akan mendapatkan hostel yang aman dengan harga terbaik. Tidur nyaman, kantong tetap aman!

3. Mengunjungi tempat wisata yang gratis

ilustrasi pasar tradisional (pexels.com/Mark Dalton)

Ingin healing tanpa keluar banyak biaya? Bisa! Solusinya, kunjungilah tempat-tempat wisata yang tidak memungut biaya alias gratis. Biasanya ini berupa kompleks pertokoan, taman, atau jalanan yang terkenal.

Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata dengan biaya masuk yang murah seperti pantai atau hutan wisata. Dijamin, pergi ke tempat-tempat tersebut tetap bisa menciptakan suasana yang seru.

4. Sewa motor

ilustrasi seorang perempuan yang sedang mengendarai motor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bila kamu punya jiwa penjelajah yang tinggi, tentu ingin mengeksplor suatu tempat baru dengan semaksimal mungkin. Kalau tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyewa motor.

Kamu akan lebih leluasa untuk mendatangi berbagai tempat dengan menggunakan motor, terutama jika jalanan sering macet. Selain itu, harga sewa motor juga lebih murah, apa lagi kalau kamu patungan dengan teman. Petualangan semakin asyik, kan?

5. Tidak ragu untuk berjalan kaki

ilustrasi orang yang sedang berjalan (pexels.com/Pille Kirsi)

Menghemat biaya saat berwisata juga bisa dilakukan dengan cara lebih banyak berjalan kaki saat menjelajahi tempat baru, terutama untuk radius yang dekat dengan penginapan. Hasilnya, uang untuk biaya transportasi bisa ditekan.

Ketika berjalan kaki, seringkali kamu akan menemukan tempat-tempat unik yang tidak bisa diperhatikan dengan saksama saat menaiki kendaraan bermotor, sehingga terlewat begitu saja. Oleh sebab itu, jangan malas atau takut lelah untuk berjalan kaki. Selain sehat, kamu bisa dapat hidden gem yang menarik, lho!

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Liburan untuk Kaum Rebahan, Tim Mager Cobain!

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya