TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wisata Kebun Teh Jamus Ngawi: Lokasi, Rute, dan Aktivitasnya

Kamu akan disuguhkan segarnya udara dan pemandangan

Kebun Teh Jamus (instagram.com/danisauruus)

Kebun Teh Jamus merupakan destinasi wisata yang berupa hamparan kebun teh yang berada di lereng Gunung Lawu. Tempat ini mempunyai bentang alam yang menyesankan dan alam yang lestari.

Lokasinya terletak di ketinggian 800 – 1.200 mdpl sehingga udaranya terasa begitu sejuk dan seringkali berkabut. Berikut informasi lengkap mengenai Kebun Teh Jamus di Ngawi yang menarik untuk diketahui. 

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket masuk

Kebun Teh Jamus (instagram.com/d.a.arimbi)

Lokasi: Girikerto, Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63264. 

Jam operasional: 07.00 - 17.00 WIB. 

Tiket masuk: Rp15.000.

2. Rute menuju ke Kebun Teh Jamus

Kebun Teh Jamus (instagram.com/rra.ccntk)

Rute menuju ke Kebun Teh Jamus dari arah Kota Ngawi:

Jl. Maospati - Solo/Jl. Panglima Besar Sudirman/Jl. Raya Ngawi - Solo - Jl. Maospati - Solo/Jl. Raya Ngawi - Solo/Jl. Raya Solo - Jl. Raya Kedunggalar - Jl. Majapahit -  Jl. Gonggang - Karangudi/Jl. Ngrambe - Jogorogo - Jl. Gonggang - Karangudi - Jl. Jamus - Jl. Jamus Ngrendeng - Jl. Jamus - Jl. Raya Sambirejo - Kebun Teh Jamus. 

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Ngawi, Banyak yang Gratis lho

3. Aktivitas yang bisa dilakukan

Kebun Teh Jamus (instagram.com/danisauruus)

Setelah sampai di area parkir, wisatawan perlu membeli tiket dan melakukan penukaran yang berjarak sekitar 200 meter. Kemudian mereka perlu menempuh jalan berkelok dan menanjak sebelum sampai di area perkebunan teh.

Sesudah sampai ke area tersebut, mereka akan menyaksikan pemandangan kebun teh yang hijau dan segar. Udaranya pun terasa begitu sejuk dengan suasana yang alami dan tenang. Apabila datang ke lokasi sebelum jam 12 siang, maka mereka bisa melihat kegiatan pemetikan daun teh. Terdapat beberapa jenis teh yang tumbuh di tempat ini, seperti teh hitam, teh putih, teh hijau, serta benalu teh yang digunakan untuk bahan obat. 

Selanjutnya mereka bisa berkunjung ke Grojokan Songo Tuk Pakel. Wisatawan bisa melihat air mengalir pada bebatuan tersusun bertingkat sepanjang 25 meter. Tak hanya itu, pepohonan rindang dengan gemercik air yang mengalir menjadi pemandangan alam yang mengesankan. 

Selain itu, terdapat air terjun di destinasi wisata ini yang bernama Sumber Lanang beserta kolam renangnya. Kolam renang ini terletak di tengah-tengah kawasan perkebunan teh dan pepohonan yang menyejukkan. Di sekitarnya ada pondok-pondok kecil untuk menikmati kesegaran airnya dan sekaligus menyaksikan panorama yang asri.

Di samping itu, objek wisata ini sangat cocok dijadikan lokasi outbond dan perkemahan. Tempatnya terletak di Bumi Perkemahan Kanthil Jamus dengan suasana teduh pepohonan kantil. Lokasinya berada di bawah 3 pohon kanthil besar berusia lebih dari 100 tahun. Tersedia kurang lebih 0,7 hektar lahan untuk menampung sampai dengan 400 peserta kemah. Terdapat pula masjid yang luas serta banyak kamar mandi. 

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya