TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Informasi Wisata Taman Nasional Bunaken: Lokasi, Rute, dan Tips

Pencinta snorkeling wajib ke sini! #LokalIDN

Taman Nasional Bunaken (instagram.com/exploremanado)

Tak dapat dipungkiri bahwa Taman Nasional Bunaken menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Manado, Sulawesi Utara. Taman nasional laut pertama Indonesia dengan luas mencapai sekitar 89.065 hektar ini telah dibuka sejak 1991. 

Wisatawan yang berkunjung tak hanya dari Manado, tapi juga dari seluruh Indonesia. Jika ingin merasakan keindahan dari taman dengan pesona tak terlupakan ini, berikut informasi lengkap mengenai Taman Nasional Bunaken.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket 

Taman Nasional Bunaken (instagram.com/cahyonurr)

Lokasi: Liang Beach Bunaken, Wori, Sulawesi Utara.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp5.000-150.000.

Baca Juga: 5 Titik Diving dan Snorkeling di Bunaken yang Wajib Didatangi

2. Rute menuju Taman Nasional Bunaken  

Taman Nasional Bunaken (instagram.com/aryowd)

Terdapat banyak cara untuk menuju ke Taman Nasional Bunaken. Jika wisatawan menempuh dengan jalur pesawat, maka akan tiba di Bandara Udara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado.

Setelah sampai di Kota Manado, wisatawan bisa menuju ke Pelabuhan Marina Blue Banter atau Marina Nusantara Diving Centre (NDC) yang berada di Kecamatan Molas.

Dari tempat ini, diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Pulau Bunaken, kemudian berlanjut 10 – 15 menit lagi menuju ke lokasi penyelaman.

3. Aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken (instagram.com/exploremanado)

Terdapat beberapa aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di Taman Nasional Bunaken. Salah satunya adalah menikmati keindahan taman yang begitu memukau. Pengunjung dapat berenang di sekitar perairannya yang bersih dan jernih.

Mereka dapat pula menjelajahi taman dengan menggunakan kapal yang tersedia di taman ini atau mencoba wahana banana boat.

Bagi mereka yang suka melakukan olahraga menyelam atau snorkeling, maka bisa mencoba menjelajahi wisata bawah lautnya. Mereka akan disuguhkan beragam terumbu karang dan ikan warna-warni.

4. Fasilitas yang terdapat di Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken (instagram.com/billy_kohler)

Berbagai fasilitas tersedia di Taman Nasional Bunaken untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas ini mencakup tempat makan, penginapan, sewa alat, dan moda transportasi yang didapatkan dengan mudah.

Bagi yang akan menyelam, dapat menyewa peralatan alat selam yang lengkap dan tersedia pula instrukturnya. Yang menarik, para instruktur selam ini dapat berbicara dengan lancar menggunakan bahasa Perancis, Belanda, Inggris, maupun Jerman. 

Baca Juga: 7 Destinasi Keren di Sulawesi Utara, Gak Cuma Ada Bunaken Lho!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya