TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Wisata di Suwon—Korea Selatan yang Bisa Dikunjungi dalam Sehari

Ada lokasi drakor Our Beloved Summer

potret Starfield Library di Suwon, Korea Selatan (pexels.com/Ehsan Haque)

Berlokasi sekitar 30 kilometer dari Seoul, Suwon adalah kota di Korea Selatan yang tak boleh kamu lewatkan. Ibu kota Provinsi Gyeonggi ini kaya akan destinasi sarat sejarah dan budaya. Selain itu, kelezatan kulinernya menambah sederet alasan kenapa Suwon wajib masuk travel list kamu.

Kalau hanya punya satu hari untuk mengeksplorasi Suwon, daftar tempat berikut ini wajib kamu kunjungi. Mulai dari bersantai di tepi danau hingga mengunjungi lokasi syuting drama Korea populer, semuanya akan membuat liburanmu semakin berkesan. Jangan lupa catat dan masukkan dalam itinerary kamu, ya!

Baca Juga: 5 Spot Bersepeda Terbaik di Korea Selatan, Gunung hingga Pantai

1. Gwanggyeo Lake Park

potret Gwanggyo Lake Park di Suwon, Korea Selatan (unsplash.com/@minkus)

Kalau kamu ingin bersantai sejenak dari keramaian dan hiruk pikuk kota, Taman Danau Gwanggyo akan menjadi opsi yang tepat. Taman ini dilengkapi danau buatan yang indah, pepohonan yang rindang dan teduh, serta area piknik yang luas.

Selain berjalan di sekitar danau, kamu bisa menyewa sepeda sembari menikmati panorama alam yang menenangkan. Di sekitarnya juga terdapat beberapa kafe dan restoran yang menyajikan hidangan lezat dan menggugah selera, sehingga kamu gak perlu takut kelaparan saat bersantai.

2. Benteng Hwaseong

potret Hwaseong Fortress di Suwon, Korea Selatan (commons.wikimedia.org/Bernard Gagnon)

Benteng Hwaseong adalah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di pusat Suwon. Dilansir UNESCO, benteng ini dibangun pada akhir abad ke-18 oleh Raja Jeongjo untuk menghormati ayahnya sekaligus juga berfungsi sebagai pusat administrasi.

Kamu bisa berjalan di sepanjang tembok benteng yang panjangnya sekitar 5,7 kilometer, mengunjungi gerbang-gerbang megah, seperti Paldalmun dan Janganmun, serta menikmati pemandangan kota dari puncak benteng. Jangan lupa mencoba naik Hwaseong Trolley, kereta wisata yang membawa kamu keliling benteng dengan nyaman.

Tidak jauh dari Benteng Hwaseong, terdapat Istana Hwaseong Haenggung yang juga wajib dikunjungi. Istana ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal sementara raja dan tempat peristirahatan. Di sini, kamu bisa melihat berbagai bangunan tradisional Korea yang indah, termasuk aula utama dan paviliunnya.

Pada hari-hari tertentu, kamu bisa menyaksikan pertunjukan budaya seperti tarian tradisional dan demonstrasi seni bela diri Korea. Istana ini juga sering digunakan sebagai lokasi syuting drama-drama Korea, lho!

3. Starfield Library

potret Starfield Library di Suwon, Korea Selatan (pexels.com/Ben Cheung)

Kalau kamu penggemar buku sejati, maka Starfield Library gak boleh sampai dilewatkan. Perpustakaan yang terletak di Starfield COEX Mall ini dikemas dengan desain dan arsitektur modern, sehingga jauh dari kesan membosankan. Saat memasuki perpustakaan, kamu akan disambut oleh pemandangan rak buku yang menjulang tinggi hingga mencapai langit-langit.

Koleksi bukunya juga sangat lengkap, mencakup berbagai bahasa dan genre, dari sastra klasik hingga buku-buku ilmu pengetahuan modern. Kalau mau membaca, kamu dapat menemukan berbagai sudut nyaman yang dilengkapi kursi empuk dan ergonomis serta meja bergaya kontemporer. Jangan khawatir, tersedia juga colokan listrik buat kamu yang mau baca sambil bekerja.

Baca Juga: 5 Fakta Han River, Sungai Besar Bersejarah di Korea Selatan

4. Lokasi syuting Our Beloved Summer

potret lokasi syuting Our Beloved Summer di Suwon, Korea Selatan (commons.wikimedia.org/Melon Tree)

Nah, siapa yang penasaran dengan rumah Choi Ung, pemeran utama di drama Korea Our Beloved Summer (2021)? Ternyata lokasinya terletak di kawasan Jangan-dong, di  Suwon, lho. Berlokasi persis di depan Istana Hwaseong Haenggung, bangunan ini adalah kafe yang sudah lama tidak digunakan.

Di sini, kamu bisa berfoto-foto sambil merasakan suasana ala drakor. Selain rumah Choi Ung, kamu juga bisa menjelajahi rumah Keok Yeonsu yang lokasinya cukup dekat. Rumah Yeonsu dikelilingi mural indah yang terletak di Desa Mural Jidong, salah satu tempat populer di Suwon. Namun, karena masih ada penduduk yang tinggal di daerah ini, jangan lupa untuk menghormati mereka saat berkunjung.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya