TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Negara Terbaik di Eropa untuk Berwisata Olahraga

Bisa workout with a view, ada di mana saja ya?

potret Barcelona Spanyol (unsplash.com/J Shim)

Liburan identik dengan bersantai, menikmati panorama alam yang menyegarkan mata, atau mencicipi kuliner lokal yang lezat. Namun ada juga segelintir orang yang berkelana untuk olahraga. Alasannya beragam, mulai dari ingin mencari suasana baru saat beraktivitas fisik agar tak bosan hingga menjajal olahraga yang tak dijumpai di tempat asalnya.

Dalam hal ini, Eropa kerap menjadi tujuan utama pelancong untuk berwisata olahraga. Pasalnya, Benua Biru menawarkan sejumlah destinasi ideal untuk beraktivitas fisik dengan pengalaman tak terlupakan. Kalau kamu berencana mencari tempat sempurna untuk berolahraga, maka deretan negara di Eropa ini wajib masuk wishlist kamu.

1. Swiss

ilustrasi mendaki perbukitan Swiss (unsplash.com/Aurelien Thomas)

Negara pertama di Eropa yang mesti kamu kunjungi untuk wisata olahraga ialah Swiss. Selain menyajikan keindahan alam bak kepingan surga, negara ini juga menghadirkan berbagai fasilitas olahraga yang menarik. Pegunungan Alpen yang megah menawarkan aneka olahraga outdoor yang bisa dicoba, seperti hiking, ski, dan snowboarding.

Karena Swiss dikelilingi perbukitan yang menjulang tinggi, kamu bisa memanfaatkannya untuk olahraga hiking bersama warga lokal. Danau-danau yang jernih di sekitarnya juga menjadi lokasi favorit untuk berenang, berlayar, dan bersepeda di tepinya. 

Selain itu, iklim yang sejuk dan bersihnya udara Swiss membuat kegiatan olahraga menjadi lebih menyenangkan dan menyehatkan. Kombinasi antara pemandangan alam yang memukau dan dukungan fasilitas olahraga yang memadai menjadikan Swiss sebagai surga bagi para pencinta olahraga.

2. Spanyol

potret Gran Canaria Spanyol (unsplash.com/Polina Rytova)

Cuaca yang cerah hampir sepanjang tahun di Spanyol membuatnya ideal untuk berbagai aktivitas outdoor, seperti bersepeda, hiking, dan golf. Negara ini juga memiliki stadion dan fasilitas olahraga kelas dunia yang kerap dijadikan tuan rumah ajang internasional, seperti La Liga dalam sepak bola dan Grand Prix Formula 1.

Dilansir laman All Inclusive, Spanyol juga dinobatkan sebagai negara terbaik untuk berolahraga di luar ruangan. Ini karena Spanyol memiliki tingkat kelembapan yang rendah sehingga cukup nyaman bagi mereka yang ingin berolahraga tanpa risiko dehidrasi yang tinggi. Suhunya juga sempurna, tak terlalu panas dan dingin untuk beraktivitas fisik.

 

Baca Juga: 5 Kota Terbaik untuk Bersepeda di Spanyol, Gowes dengan View Cantik

3. Italia

potret Stadium Olimpico di Roma, Italia (unsplash.com/Liam McKay)

Italia juga merupakan negara yang ideal untuk wisata olahraga karena kombinasi keindahan alam, warisan budaya, dan fasilitas olahraga kelas dunianya. Pegunungan Alpen di utara Italia menawarkan olahraga musim dingin seperti ski dan snowboarding di resor-resor fenomenal seperti Cortina d'Ampezzo.

Di sepanjang pantai, terutama di daerah Amalfi dan Sardinia, wisatawan juga dapat menikmati berbagai olahraga air, termasuk snorkeling, diving, berlayar, dan selancar angin. Selain itu, Italia memiliki sejarah panjang dalam olahraga balap sepeda, dengan rute legendaris seperti Giro d'Italia.

Negara ini juga kaya akan sejarah sepak bola, dengan stadion ikonik dan klub terkenal seperti Inter Milan dan Juventus yang jadi magnet bagi para pecinta bola. Dengan perpaduan antara alam, sejarah, dan infrastruktur yang diperhatikan dengan baik, Italia menyediakan pengalaman wisata olahraga yang amat berkesan.

4. Prancis

potret Menara Eiffel saat Olimpiade 2024 Paris (unsplash.com/Antonio Vivace)

Baru-baru ini, ibukota Prancis dipilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2024. Ini membuktikan bahwa Paris tak hanya kota yang menawarkan romantisme di setiap sudutnya, melainkan juga tempat ideal untuk berolahraga. Secara umum, Prancis sudah dikenal sebagai negara ideal untuk beraktivitas fisik.

Negara ini memiliki sejarah panjang dalam hal olahraga. Sebut saja Tour de France yang merupakan ajang balap sepeda paling bergengsi sejak 1903, atau lebih dari seabad silam. Tak sampai di situ, berkat keanekaragaman geografisnya, Prancis juga menawarkan berbagai jenis olahraga yang memikat.

Mulai dari pegunungan Alpen yang megah hingga garis pantai Mediterania. Penggemar olahraga musim dingin dapat menikmati ski dan snowboarding di resor-resor kelas dunia seperti Chamonix dan Courchevel, sementara pecinta olahraga air bisa mengeksplorasi surfing dan berlayar di wilayah pesisir selatan.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya